Keunggulan dan Update Tarif Pos Express Domestik

PT Pos Indonesia merupakan sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang jasa pengiriman. Perusahaan dengan warna kebesaran oranye itu melayani pengiriman surat, dokumen, paket, bahkan uang. Saat ini, PT Pos Indonesia memiliki beberapa layanan pengiriman, salah satunya Express yang memang menawarkan tarif lebih mahal dibandingkan Kilat Khusus karena lebih cepat sampai.

Layanan Pos Express Domestik - posindonesia.alber.id
Layanan Pos Express Domestik – posindonesia.alber.id

Sebagai perusahaan ekspedisi tertua di Indonesia, Pos Indonesia dapat dipastikan memiliki jaringan terluas yang menjangkau hingga pelosok negeri. Selain itu, Pos Indonesia juga dikenal memiliki harga atau biaya pengiriman yang relatif terjangkau. Karena itu, tidak mengherankan jika Pos Indonesia tetap eksis hingga saat ini meski sudah banyak muncul jasa ekspedisi sejenis dari sektor swasta.

Bacaan Lainnya

Sejarah Pos Indonesia

Kantor Pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan Pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.

Setelah Kantorpos Batavia didirikan, empat tahun kemudian didirikan Kantor Pos Semarang untuk mengadakan perhubungan Pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan Pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon, dan Pekalongan.

Baca juga  Update Tarif TV Berlangganan Prabayar & Pascabayar Paling Murah

Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreativitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan infrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi, dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki lebih dari 3.800 Kantor Pos online, serta dilengkapi electronic mobile pos di beberapa kota besar. 

Meski bisnis pengiriman surat sempat meredup pada awal 2000-an karena invasi pesan singkat dan email, Pos Indonesia masih tetap bertahan dengan inovasi pada layanannya. Salah satu layanan yang masih menjadi masyarakat adalah pengiriman dokumen dan paket. Selain tarifnya yang cukup terjangkau dibanding dengan jasa kurir lain, jasa yang ditawarkan Pos Indonesia sudah terpercaya puluhan tahun lamanya. Untuk layanan pengiriman domestik, Pos Indonesia menawarkan beberapa paket layanan. 

Paket Pos Indonesia 

  • Pos Instan, layanan pengiriman untuk surat maupun paket barang dengan maksimal 9 jam sampai.
  • Pos Instan Plus, layanan premium pengiriman paket dengan fitur layanan pick up dan langsung diantar.
  • Pos Kilat Khusus, layanan untuk pengiriman surat pos serta barang berharga yang mengandalkan kecepatan kiriman dan menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia.
  • Pos Express, layanan premium dengan waktu pengiriman sehari sampai.
Baca juga  Info Terbaru Tarif Paket ke Luar Negeri via EMS Pos Indonesia

Khusus layanan Pos Express, merupakan layanan istimewa dari Pos Indonesia untuk kota tujuan tertentu di Indonesia yang mengedepankan akurasi pengiriman, cepat, tepat, dan mudah dilacak dengan harga kompetitif. Layanan atau produk ini hadir dalam dua jenis, yaitu Sameday Service (kiriman hari ini tiba di tempat tujuan di hari yang sama) dan Nextday Service (kiriman hari ini tiba di tujuan keesokan harinya).

Keunggulan Pos Express

  • Layanan premium yang tersedia di semua Pos Indonesia seluruh Indonesia.
  • Waktu tempuh kiriman maksimal sehari sampai sejak barang diposkan.
  • Tarif kompetitif.
  • Jaminan kehilangan/kerusakan kiriman diberikan ganti rugi.
  • Jejak lacak status kiriman melalui: www.posindonesia.co.id atau HaloPOS 161.
  • Fasilitas jemput kiriman untuk pelanggan khusus.
  • Ada asuransi pengiriman.

Untuk tarif pengiriman, mulai September 2016 lalu, PT Pos Indonesia mengeluarkan kebijakan dengan menaikkan tarif pengiriman yang berlaku di seluruh Indonesia. Besaran kenaikan tarif ini sekitar 20 persen untuk di Pulau Jawa. Sementara itu, di Papua, kenaikan tarif tidak terlalu signifikan, yaitu sekitar 4 persen dari tarif semula.

Nah, bagi Anda yang saat ini membutuhkan informasi terbaru tarif atau kirim Pos Indonesia layanan Paket Express untuk tujuan domestik di Indonesia, berikut kami sajikan daftarnya untuk Anda (kiriman berasal dari Jakarta dengan berat minimal 1 kilogram).

Tarif Pos Express dari Jakarta

Kota/Kabupaten Tujuan Tarif per Kg
Kota Bogor Rp16.000
Kota Tangerang Rp16.000
Kota Bekasi Rp16.000
Kota Depok Rp16.000
Kota Bandung Rp24.000
Kota Cirebon Rp24.000
Kota Surabaya Rp29.000
Kota Malang Rp29.000
Kabupaten Sidoarjo Rp29.000
Kota Blitar Rp29.000
Kota Rp29.500
Kota Semarang Rp35.000
Kota Yogyakarta Rp35.000
Kota Solo/Surakarta Rp35.000
Kota Denpasar Rp47.000
Kota Makassar Rp43.000
Kota Jambi Rp46.000
Kota Pekanbaru Rp46.500
Kota Batam Rp46.500
Kota Rp47.000
Kota Medan Rp51.000
Kota Mataram Rp56.500
Kota Pontianak Rp56.500
Kota Banjarmasin Rp57.500
Kota Manado Rp60.000
Kota Balikpapan Rp71.500
Baca juga  Update Biaya Keanggotaan Kadin (Uang Pangkal dan Iuran Tahunan)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, tarif Pos Express saat ini cenderung naik. Misalnya, pengiriman paket dari Jakarta ke Bandung yang semula dikenai tarif sebesar Rp19 ribu, kini menjadi Rp24 ribu per kg. Begitu pula tarif pengiriman paket Jakarta ke Semarang yang naik dari Rp24 ribu menjadi Rp35 ribu.

Cara Tracking Paket Pos Indonesia

  • Setelah mendapatkan nomor barcode/kiriman, buka laman resmi Pos Indonesia posindonesia.co.id. pada bagian kiri atas akan terdapat panel lacak kiriman.
  • Anda akan diminta untuk mengisi nomor barcode/kiriman yang Anda miliki dan kode keamanan yang sudah tersedia. Kemudian klik cari kiriman.
  • Anda akan mendapatkan informasi mengenai status kiriman paket atau dokumen yang Anda kirim.

Setelah mengetahui cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, Anda akan menemui status pengiriman saat melakukan pelacakan. Status pengiriman pada pelacakan paket berguna untuk memberi informasi konsumen mengenai keberadaan paket.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.