Update Tarif Konsultan Pajak di Indonesia

No comment6168 views

Jika Anda  ingin mengikuti program , salah satunya tax amnesty, pasti Anda membutuhkan konsultan agar perhitungan dapat dilakukan dengan benar dan tepat. Konsultan sendiri adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada Wajib dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan perundang-undangan perpajakan.

Ilustrasi: konsultan pajak

Ilustrasi: konsultan pajak

Tidak semua orang dapat menjadi konsultan pajak. Orang yang ingin menjadi konsultan pajak wajib memenuhi beberapa persyaratan, seperti:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berdomisili di Indonesia.
  • Tidak terikat dengan pekerjaan atau jabatan pada pemerintahan dan/atau BUMN/BUMD.
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan keterangan dari instansi yang berwenang.
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Menjadi anggota pada salah satu Asosiasi Konsultan Pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak.
  • Memiliki sertifikat konsultan pajak.
  • Untuk memperoleh izin praktik, konsultan pajak harus menyampaikan permohonan secara tertulis kepada Dirjen Pajak paling lambat dua tahun sejak penerbitan sertifikat konsultan pajak.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan masyarakat jika ingin menggunakan jasa konsultan pajak? yang dipatok bervariasi, tergantung urusan pajak dan kebijakan masing-masing konsultan. Untuk laporan SPT misalnya, tarif konsultan pajak mulai Rp1 jutaan untuk orang pribadi dan mulai Rp2 jutaan untuk badan usaha. Ada pula yang membanderol tarif berbeda, yaitu untuk pajak bulanan Rp4 juta per bulan, SPT tarifnya sekitar Rp6 juta, dan pelatihan pajak dibanderol Rp4 juta untuk 8 kali pertemuan.

Lalu, bagaimana dengan tarif konsultan pajak untuk program tax amnesty? Program pemerintah mengenai tax amnesty atau pengampunan pajak menjadi berkah tersendiri bagi para konsultan pajak. Pasalnya, dengan adanya program pemerintah ini, para konsultan pajak tersebut berani memasang tarif konsultasi yang sangat tinggi. Seperti diutarakan Ketua Komite Tetap Perbankan Umum, BUMN dan BUMD, Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Irman A. Zahiruddin, beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa ada konsultan pajak yang mematok tarif hingga Rp250 juta.

Ilustrasi: perhitungan pajak yang melelahkan

Ilustrasi: perhitungan pajak yang melelahkan

Diceritakan Irman, ketika dirinya mengikuti program tax amnesty, ia meminta bantuan jasa konsultan pajak karena tidak semua prosedur bisa dilakukannya sendiri. Ketika bertanya mengenai tarif, Imran terkejut lantaran ada konsultan yang menetapkan tarif hingga Rp250 juta. “Saya bertemu tiga konsultan. Konsultan pertama memasang tarif Rp250 juta, konsultan kedua mematok tarif Rp120 juta, dan konsultan ketiga memasang tarif Rp25 juta,” katanya kala itu.

Menurut para konsultan pajak tersebut, tax amnesty merupakan kebijakan yang tidak mudah untuk dipahami. Karena itu, para konsultan pajak ini berani memasang tarif yang luar biasa, jauh di atas tarif normal. “Akhirnya, saya memilih konsultan pajak dengan tarif yang paling murah,” sambung Irman.

Keberadaan konsultan pajak memang sangat diperlukan agar masyarakat bisa mengikuti tax amnesty dengan perhitungan yang benar dan tepat waktu. Namun, di lain sisi, para konsultan pajak yang mengambil kesempatan dalam kesempitan ini sebaiknya tidak memasang tarif yang mahal agar lebih banyak masyarakat yang berkenan ikut program pengampunan pajak.

“Kami imbau agar para konsultan pajak ini memasang tarif yang wajar sehingga dapat meringankan masyarakat yang ingin mengikuti program tax amnesty,” saran Direktur Perpajakan , John Hutagaol. “Apalagi, tidak semua masyarakat Indonesia yang ingin program tersebut memiliki kemampuan untuk membayar jasa konsultan pajak.”

[Update: Dian]

Baca juga  Update Info Kisaran Tarif Biro Jasa Perpanjangan STNK
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Tarif Konsultan Pajak di Indonesia"