Update Tarif Konsultan Pajak di Indonesia (SPT Tahunan dan Tax Amnesty)

Jika Anda ingin mengikuti program , salah satunya tax amnesty, pasti Anda membutuhkan konsultan pajak agar perhitungan dapat dilakukan dengan benar dan tepat. Konsultan pajak sendiri adalah orang yang memberikan konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Ilustrasi: Konsultasi Pajak (sumber: texasmonitor)

Ilustrasi: Konsultasi Pajak (sumber: texasmonitor)

Tidak semua orang dapat menjadi konsultan pajak. Orang yang ingin menjadi konsultan pajak wajib memenuhi beberapa , seperti:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berdomisili di Indonesia.
  • Tidak terikat dengan pekerjaan atau jabatan pada pemerintahan dan/atau BUMN/BUMD.
  • Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak ().
  • Menjadi anggota pada salah satu Asosiasi Konsultan Pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak.
  • Memiliki sertifikat konsultan pajak.
  • Untuk memperoleh izin praktik, konsultan pajak harus menyampaikan permohonan secara tertulis kepada Dirjen Pajak paling lambat dua tahun sejak penerbitan sertifikat konsultan pajak.

Dilansir dari berbagai sumber, untuk menjadi konsultan pajak, seseorang harus melakukan ujian konsultan pajak. Biasanya, peserta akan dikenakan pendaftaran sebesar Rp300 ribu. Kemudian, untuk peserta baru, harus membayar sertifikat A sekitar Rp2 juta, sedangkan sertifikat B sekitar Rp3,5 juta, dan untuk sertifikat C berkisar Rp6 juta.

Ilustrasi: perhitungan pajak yang melelahkan

Ilustrasi: perhitungan pajak yang melelahkan

Konsultan Pajak SPT

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan masyarakat jika ingin menggunakan jasa konsultan pajak? Tarif yang dipatok bervariasi, tergantung urusan pajak dan kebijakan masing-masing konsultan. Untuk laporan SPT tahunan misalnya, tarif konsultan pajak mulai Rp1 jutaan hingga Rp5 jutaan untuk orang pribadi dan mulai Rp2,5 juta hingga Rp7 jutaan untuk badan usaha. Dibandingkan tahun sebelumnya, tarif konsultan pajak ini naik sekitar Rp500 ribu sampai Rp1 jutaan.

Namun, ada pula konsultan pajak yang menetapkan tarif konsultasi berdasarkan omzet yang diperoleh perusahaan atau badan usaha. Untuk perusahaan dengan omzet berkisar Rp200 juta sampai Rp5 miliar misalnya, dikenakan tarif Rp3,5 jutaan, sedangkan tarif untuk perusahaan dengan omzet Rp5 miliar sampai Rp10 miliar berkisar Rp5 jutaan. Jika badan usaha punya omzet di atas Rp10 miliar, biayanya berkisar Rp7 juta hingga Rp14 jutaan. Tarif tersebut sudah termasuk SPT tahunan.

Tarif Konsultan Tax Amnesty 

Kemudian, jika wajib pajak ingin melakukan laporan keuangan tahunan, biasanya konsultan pajak mematok tarif Rp2 juta sampai Rp6 jutaan per wajib pajak. Sementara, untuk laporan tax amnesty, biaya akan jauh lebih mahal, yakni sekitar Rp25 juta hingga mencapai Rp250 jutaan per wajib pajak. Menurut para konsultan pajak, tax amnesty merupakan kebijakan yang tidak mudah untuk dipahami. Karena itu, para konsultan pajak ini berani memasang tarif yang luar biasa, jauh di atas tarif normal.

[: Panca]

Baca juga  Update Terkini Tarif & Cara Pemesanan Go-Box
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Tarif Konsultan Pajak di Indonesia (SPT Tahunan dan Tax Amnesty)"