Update Tarif Endorse Produk Selebritas dan Pegiat Media Sosial

Endorse, mungkin Anda sudah sering mendengar ini. Istilah endorse juga semakin populer di era sekarang, ketika media sosial menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Namun, tidak banyak yang tahu apa arti endorse yang sebenarnya. Secara bahasa, endorse dapat diartikan sebagai mengesahkan. Kata ini berasal dari kata endorsement yang berarti dukungan.

tarif, endorse, artis, bisnis, follower, media, sosial, beragam, ratusan, ribu, puluhan, juta, rupiah, figur, akun, produk, ketentuan, softcopy, video, di, instagram, manajemen, line, online, shop
Ilustrasi artis endorse untuk promosi gaun wanita

Seperti diutarakan sebelumnya, di zaman yang serba online ini, endorse bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan, terutama bagi mereka yang populer, termasuk artis atau selebritas, maupun mereka yang memiliki banyak follower di media sosial, baik itu Facebook, Twitter, maupun Instagram. Pasalnya, endorsement ini, bagi sebagian produsen, bisa menjadi salah satu langkah untuk memasarkan atau mempromosikan produk mereka dengan memanfaatkan ketenaran artis atau selebritas.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, sekitar 7 hingga 10 tahun yang lalu, ketika media sosial belum se-populer sekarang, endorsement cenderung dilakukan untuk public figure. Misalnya, produsen sepatu dan pakaian sport yang meng-endorse atlet atau tim yang berprestasi, atau rumah model atau brand beken yang melakukan endorse kepada selebritas yang sesuai dengan image mereka.

Ketika media sosial booming dan mulai menjadi keseharian masyarakat, tidak hanya public figure saja yang bisa di-endorse. Saat ini, juga dikenal istilah influencer, seleb endorser, selebgram, dan lain sebagainya. Jadi, orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial, misalnya blogger, juga mulai ikutan di-endorse. Salah satu patokan produsen melakukan endorsement untuk orang-orang ini adalah follower yang berlimpah.

Lalu, berapa tarif endorse yang diberikan produsen kepada para pegiat media sosial atau selebritas? Sebenarnya, tarif endorse beragam, mulai ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta. Besaran tarif endorse ini bergantung figur atau akun yang di-endorse, serta jenis produk atau jasanya. Di samping itu, ada juga kerja sama endorse yang bentuknya hanya sekadar barter dengan barang, yang biasanya dilakukan oleh pemula yang belum memiliki banyak follower.

Selain itu, dalam dunia endorse ini, juga dikenal istilah paid promote atau endorse dengan cara melakukan posting gambar atau materi yang telah disediakan pihak produsen. Tarif paid promote ini relatif lebih murah dibandingkan paid endorse (menggunakan foto produk, kemudian mem-posting foto tersebut). Secara garis besar, berikut tarif endorse di masing-masing media sosial saat ini.

Endorse Hijab - buku-otobiografi.blogspot.co.id
Endorse Hijab – buku-otobiografi.blogspot.co.id

Daftar Tarif Endorse

Nama Artis/Penggiat Media Sosial Ketentuan Tarif Endorse (Rp)
Kartika Putri -Postingan disimpan selama 2 minggu

-Mendapatkan softcopy foto

-Bisa request gaya dan caption foto

-Foto posting watermark

5.500.000 (foto di Instagram)
Alyssa Soebandono -Postingan disimpan selama 1 bulan

-Mendapatkan softcopy foto

-Bisa request gaya dan caption

-7.000.000 (foto di Instagram)

-9.300.000 (video di Instagram)

-500.000/anak (biaya tambahan apabila ditambah dengan anak)

Pamela Bowie -Postingan disimpan selama 1 bulan

-Mendapatkan softcopy foto

-Bisa request gaya dan caption

1.100.000 (foto di Instagram)
Hengky Kurniawan -Postingan disimpan selama 2 minggu

-Untuk pasangan () bonus posting di Instagram @sonyafatmala

-Mendapatkan sofcopy

-Bisa request gaya dan caption

-Video posting watermark

-1.400.000 (foto di Instagram)

-2.200.000 (foto dengan istri)

-500.000/anak (biaya tambahan apabila dengan anak)

Sonya Fatmala -Postingan disimpan selama 2 minggu

profil picture snapgram (foto/video) materi dari online shop, tetapi tetap akan direview

-Mendapatkan softcopy

-Bisa request gaya dan caption

-Foto dan video posting watermark

-1.100.000 (foto di Instagram)

-1.500.000 (video di Instagram)

-500.000/anak (biaya tambahan apabila dengan anak)

Ririn Dwi Ariyanti -Postingan disimpan selama 2 minggu

-Mendapatkan softcopy foto

-Bisa request gaya dan caption

-1.400.000 (foto di Instagram)

-500.000 (biaya tambahan apabila dengan anak)

-600.000 (biaya tambahan apabila dengan bayi)

Chika Jessica -Postingan disimpan selama 2 minggu

-Mendapatkan softcopy foto

-Bisa request gaya dan caption

-4.500.000 (foto di Instagram)

-1.000.000 (tambahan untuk produk )

Glenn Alinskie -Postingan disimpan selama 1 bulan

-Mendapatkan softcopy foto

-Bisa request gaya dan caption

5.000.000 (foto di Instagram)
Ayu Ting-ting -Postingan disimpan selama 2 minggu

-Mendapatkan softcopy postingan

-Bisa request gaya dan caption

-Foto dan caption posting watermark

-9.000.000 (foto non- di Instagram)

-10.000.000 (foto untuk produk kecantikan di Instagram)

-15.000.000 (video di Instagram)

-17.000.000 (video produk kecantikan di Instagram)

-16.000.000 (apabila bersama dengan anak)

Sandra Dewi -Postingan disimpan selama 1 bulan

-Mendapatkan softcopy foto

-Bisa request gaya dan caption

9.500.000 (foto di Instagram)
Jessica Iskandar -Postingan disimpan selama 2 minggu

-Mendapatkan softcopy postingan

-Bisa request gaya dan caption

-Foto dan video posting watermark

-10.000.000 (foto non-kecantikan di Instagram)

-10.500.000 (foto untuk produk kecantikan di Instagram)

-13.000.000 (video non-kecantikan di Instagram

-14.000.000 (video untuk produk kecantikan di Instagram)

Olla Ramlan -Postingan disimpan selama 1 bulan

-Mendapatkan softcopy postingan

-Bisa request gaya dan caption

-Foto dan video posting watermark

-6.300.000 (foto di Instagram)

-by request (untuk postingan video di Instagram)

-1.000.000 (biaya tambahan apabila foto dengan anak)

Untuk mengetahui tarif endorse artis atau penggiat media sosial lainnya, Anda bisa menambahkan akun line beberapa manajemen endorse, seperti iconic_sister, sfspretty, BFF Management, dan lainnya.

Selain diberikan ketentuan seperti dalam tabel di atas, biasanya masing-masing artis juga memiliki ketentuan lain seperti ada beberapa artis yang tidak menerima produk kecantikan, makanan bayi, kosmetik, dan produk-produk lainnya.

Bagi Anda yang sedang menjalankan online shop, dan ingin melakukan endorse produk ke artis yang diinginkan, Anda bisa menghubungi manajemen endorse, dan lihat ketentuan postingan maupun produk, apabila Anda merasa biaya atau tarif yang ditetapkan sesuai dengan kemampuan, maka Anda bisa melakukan pendaftaran di manajemen endorse. Hal itu dikarenakan biasanya endorse dilakukan secara terjadwal.

[Nurina Thirafi]

Pos terkait