Update Syarat & Biaya Masuk SMA Perguruan Cikini (SMA Percik) Innocreat School TA 2020/2021

Perguruan Cikini (Percik) Innocreat School termasuk menengah atas yang populer di kawasan Jakarta. satu ini berada di Jalan Duren Tiga Raya No. 1, Pancoran, Jakarta Selatan. Menurut beberapa sumber, bagi lulusan SMP yang ingin melanjutkan pendidikan di tempat ini, biaya yang perlu dibayarkan tidak terlalu mahal.

Sekolah SMA Perguruan Cikini (sumber: smapercik.sch.id)

Sekolah SMA Perguruan Cikini (sumber: smapercik.sch.id)

Kiprah Yayasan Perguruan Cikini di dunia pendidikan memang sudah cukup lama. Berawal dari tempat kursus Indonesia yang di bangun di era pendudukan Jepang tahun 1940-an, kursus satu ini lantas berkembang menjadi Sekolah Rakyat Partikelir Mayumi. Kemudian, sejak tahun 1952, Badan Wakaf Mayumi berganti nama menjadi Yayasan Perguruan Cikini. Usai SD Perguruan Cikini berkembang pesat, Yayasan Perguruan Cikini pun akhirnya memperluas cakupannya hingga ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Hingga saat ini, SMA Perguruan Cikini pun berhasil menjadi salah satu pendidikan favorit di kawasan Jakarta. Pasalnya, SMA Perguruan Cikini memiliki komitmen untuk memberikan pendidikan dan pelayanan terbaik kepada peserta didik yang sesuai dengan potensi, bakat, dan minatnya, sehingga akan terwujud generasi muda yang berprestasi, baik di bidang maupun non , dan berakhlak mulia.

SMA Perguruan Cikini sendiri memiliki visi untuk mewujudkan generasi yang inovatif, kreatif, cerdas, berprestasi, dan berakhlak mulia dalam mempertahankan seni budaya lokal, serta mampu bersaing di era globalisasi melalui peningkatan penguasaan terhadap pengetahuan, teknologi, dan seni pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Saat bersekolah di SMA Perguruan Cikini, para siswa akan dibekali dengan 4 pilihan bahasa asing, yakni Bahasa Jepang, Bahasa , Bahasa Perancis, dan Bahasa Mandarin agar para siswa mampu bersaing menghadapi pasar global. SMA Perguruan Cikini juga merupakan sekolah menengah atas yang telah mengantongi akreditasi A. Berikut informasi penunjang yang tersedia di SMA Perguruan Cikini.

Fasilitas SMA Perguruan Cikini

  • Tanah dan gedung milik sendiri
  • Sarana olahraga (indoor dan outdoor)
  • Ruang kelas (AC, infocus, audio, CCTV)
  • Laboratorium (Kimia, Fisika, Biologi)
  • Ruang audio visual (AVA)
  • Aula dam Ade Irma Suryani Nasution
  • Ruang sidang
  • Ruang BK
  • Ruang UKS
  • Perpustakaan
  • Masjid
  • Kantin
  • Taman dalam dan luar
  • Halaman parkir yang luas dan asri
  • Free Wi-Fi
Aktivitas belajar di SMA Perguruan Cikini/SMA Percik (sumber: smapercik.sch.id)

Aktivitas belajar di SMA Perguruan Cikini/SMA Percik (sumber: smapercik.sch.id)

Seperti halnya sekolah menengah atas pada umumnya, SMA Perguruan Cikini juga didukung sejumlah kegiatan ekstrakurikuler, mulai dari ekskul Futsal, Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R), English Club, Gitar, Tari Tradisional, Seni Lukis, Pramuka, Basket, Taekwondo, Paskibra, Keputrian, hingga ROHIS. Para siswa yang telah diterima masuk ke SMA Perguruan Cikini bebas memilih ekskul mana saja yang paling sesuai dengan bakat dan minatnya.

Di website resminya, pihak SMA Perguruan Cikini sayangnya tidak membeberkan secara rinci berapa biaya menempuh pendidikan di sana. Namun, SMA Perguruan Cikini hanya menekankan bahwa biaya pendidikan di sekolah tersebut tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan sekolah favorit lainnya, namun tetap menjaga kualitas.

Pada tahun 2019/ lalu misalnya, siswa yang diterima masuk ke SMA Perguruan Cikini akan dikenai beberapa komponen biaya, yang meliputi formulir pendaftaran, uang pangkal, uang kegiatan, serta uang SPP dan komputer. Biaya formulir pendaftaran SMA Perguruan Cikini sekitar Rp150 ribu, kemudian calon siswa dikenai uang pangkal sebesar Rp6,9 juta. Sebagai perbandingan, berikut kisaran biaya SMK Percik tahun akademik /2021.

Biaya SMK Perguruan Cikini TA 2020/2021

JurusanUang Pangkal (Rp)Uang Seragam (Rp)
Teknik Audio Video (TAV)6.900.0001.100.000
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Mekatronik7.100.0001.100.000
Teknik Pemesinan (TP), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan Teknik Elektronika Industri (TEI)7.200.0001.100.000
Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Multi Media (MM)7.750.0001.100.000

Keterangan:

  • Formulir pendaftaran: Rp200.000
  • SPP: Rp800.000
  • Uang Kegiatan: Rp2.500.000 per tahun
SMK Perguruan Cikini/SMK Percik (sumber: smkperguruancikini.sch.id)

SMK Perguruan Cikini/SMK Percik (sumber: smkperguruancikini.sch.id)

Jika dibandingkan tahun lalu, biaya pendidikan di SMK Perguruan Cikini TA 2020/2021 tidak mengalami perubahan yang signifikan untuk uang pangkal maupun kegiatan. Namun, untuk biaya formulir mengalami kenaikan harga dari Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu. Uang pangkal dapat dibayarkan minimal 50% sisanya diangsur melalui perjanjian.

Syarat Pendaftaran SMA Perguruan Cikini TA 2020/2021

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan dokumen pendaftaran yang meliputi fotokopi SKHUN/SKL dari SMP/MTs asal sekolah, fotokopi rapor kelas IX semester I dan II yang telah dilegalisir, pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar terbaru.
  • Wawancara orang tua/wali peserta didik dengan panitia.
  • Menandatangani Tata Tertib Sekolah, baik orang tua maupun calon peserta didik.

Setelah memenuhi dokumen persyaratan, maka Anda dapat memperhatikan penerimaan siswa baru sebagai berikut.

Jadwal Penerimaan Siswa Baru SMA Perguruan Cikini TA 2020/2021

Dikutip langsung dari situs resminya, penerimaan siswa baru di SMA Perguruan Cikini telah dibuka mulai tanggal 19 Mei 2020. Pihak SMA Perguruan Cikini sendiri menyediakan tempat yang terbatas bagi calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah ini. Kemudian, prosedur wawancara dilakukan setelah pengambilan formulir.

Sementara itu, pengumuman apakah siswa dinyatakan diterima atau tidak adalah setelah pemberkasan lengkap. Jika sudah melalui proses tersebut, siswa dapat melakukan ulang setelah pengumuman dan penandatanganan tata tertib sekolah. Jadwal Masa Orientasi Siswa (MOS) nantinya akan menyesuaikan dengan jadwal dari Dikmen Diknas.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail mengenai biaya masuk dan penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMA Perguruan Cikini, Anda dapat langsung berkunjung ke PPDB SMA Perguruan Cikini di Jalan Duren Tiga Raya No. 1, Pancoran, Jakarta Selatan, 12760. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi nomor telepon (021) 7991458 dan 79191424, nomor ponsel 0838 9802 5041, faksimile di nomor (021) 7991458, email di [email protected], atau langsung via online di alamat smapercik.sch.id/hubungi-kami.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Terkini Biaya Kuliah Terbaru di Fakultas Kedokteran USU (Universitas Sumatera Utara)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Syarat & Biaya Masuk SMA Perguruan Cikini (SMA Percik) Innocreat School TA 2020/2021"