Syarat dan Biaya Tabungan Mapan CIMB Niaga Terkini

Tabungan Mapan merupakan tabungan berjangka dengan sistem setoran rutin bulanan yang dimiliki oleh PT CIMB Niaga. Nasabah dapat merancang kebutuhan anggaran masa depan dengan mudah dan fleksibel dalam menentukan jangka waktu tabungan serta jumlah setoran rutin bulanan. Selain itu, biaya administrasi tabungan ini juga relatif terjangkau.

Ilustrasi: CIMB Mobile Banking (credit: LIfepal)
Ilustrasi: CIMB Mobile Banking (credit: LIfepal)

Umumnya, Tabungan Mapan CIMB Niaga digunakan nasabah yang ingin merencanakan kestabilan ekonominya di masa mendatang. Selain itu, tabungan ini bisa Anda pakai untuk mewujudkan keinginan memenuhi kebutuhan Anda di masa mendatang. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan tabungan tersebut untuk membeli sepeda motor dalam jangka waktu selama lima tahun. Jadi, dalam waktu lima tahun ke depan, Anda bisa membeli motor secara cash tanpa harus kredit. 

Bacaan Lainnya

Kelebihan Tabungan Mapan CIMB Niaga

  • Fleksibel, bebas menentukan jangka waktu tabungan dan jumlah setoran bulanan.
  • Hasil pengembalian dengan suku bunga menarik.
  • Praktis, mudah dan nyaman
  • Gratis perlindungan asuransi jiwa, tanpa pemeriksaan kesehatan dan bebas asuransi dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Baca juga  Biaya Z LASIK 6 Dimension Terbaru untuk Kelainan Refraksi Mata

Syarat Tabungan Mapan CIMB Niaga

  • Mengisi pembukaan dan formulir syarat dan ketentuan Tabungan Mapan.
  • Fotokopi KTP (usia minimal 18 tahun).
  • yang dapat dijadikan sebagai rekening sumber dana yaitu rekening Tabungan CIMB Niaga, kecuali Tabungan Mapan, Investor, dan Tabungan Tax Amnesty. Rekening sumber dana wajib berada dalam 1 CIF dengan Tabungan Mapan.
  • sumber dana harus rekening pribadi, bukan rekening Join/Or.
  • Setoran rutin bulanan minimal Rp100.000 per bulan (berlaku untuk Mapan Reguler, tidak berlaku untuk Mapan Hadiah).

Nasabah dengan berbagai macam kebutuhan dapat mewujudkannya melalui Tabungan Mapan yang memberikan berbagai kemudahan dengan sistem setoran rutin bulanan. Fitur-fitur yang ada pada tabungan antara lain bebas menentukan jangka waktu dan jumlah setoran rutin bulanan, suku bunga menarik, dan gratis perlindungan asuransi.

Layanan CIMB Niaga Terkini (sumber: biaya.co)
Layanan CIMB Niaga Terkini (sumber: biaya.co)

Biaya Tabungan Mapan CIMB Niaga

Keterangan Biaya/Waktu
Setoran Rutin Bulanan Minimal Rp100.000 dan kelipatannya
Metode Jatuh Tempo Target waktu/target dana
Biaya Administrasi Rp5.000 per bulan, mulai dikenakan pada ketiga sejak pembukaan
Biaya Tunggakan Rp2.500 per tunggakan
Biaya Penalty Break 2,00 persen x saldo akhir atau minimal Rp50.000 (mana yang lebih besar)
Baca juga  Update Pilihan Jenis Tabungan BCA Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

Informasi biaya Tabungan Mapan di atas kami rangkum dari situs resmi CIMB Niaga pada 2022 dan masih belum berubah dari tahun 2020 dan 2021. Namun, apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa langsung datang ke kantor cabang CIMB Niaga terdekat di sekitar domisili Anda atau menghubungi layanan contact center 14041 dan (021) 29978888.

Simulasi Tabungan Mapan

Untuk memberikan gambaran ilustrasi Tabungan Mapan, di sini akan diberikan uraiannya dengan tenor 12 atau 1 tahun. Misalkan pada 17 April 2023, calon nasabah membuka rekening mapan dengan setoran awal Rp1.000.000 dan pendebetan akan dilakukan setiap pada tanggal 17 April, maka pendebetan dicatat pada tanggal 18 April.

Kemudian, pada berikutnya atau 17 Mei, akan dicatat pengkreditan bunga rekening setelah pajak. Lalu, tanggal 17 Juni, tercatat biaya administrasi pertama sebesar Rp5.000. Jika tanggal 18 Juli terjadi gagal auto debet sebesar Rp2.500, biaya gagal autodebet-nya tercatat pada beberapa hari berikutnya, yaitu tanggal 20 Juli.

Baca juga  Update Biaya Homeschooling Recommended di Surabaya

berikutnya pada tanggal 18 Agustus, terjadi transaksi setoran rutin bulanan untuk bulan Juli dan Agustus senilai Rp5.000.000. Tanggal 18 September terjadi transaksi setoran rutin bulanan Rp6.000.000 dan seterusnya sampai dengan rekening jatuh tempo. Kemudian, tanggal 18 Maret 2024 (tahun berikutnya), rekening jatuh tempo dan dana secara otomatis akan dikreditkan ke rekening sumber dana. Sebagai ilustrasi penalty break, misalnya, nasabah Tabungan Mapan memiliki saldo akhir Rp12.450.000 dengan suku bunga floating, maka penalty break-nya adalah 2 persen x Rp12.450.000 = Rp249.000.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *