Info Biaya Sekolah Paket C Terbaru

Jika Anda adalah lulusan SMP namun tidak memiliki biaya yang cukup untuk melanjutkan ke jenjang SMA, tidak ada salahnya Anda mengikuti sekolah Paket C. Ini adalah jalur pendidikan non-formal bernama Kelompok Belajar atau Kejar yang difasilitasi pemerintah. Biasanya, layanan ini disediakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM dengan biaya yang sangat terjangkau.

Kelas belajar Paket C (sumber: jatimnet.com)
Kelas belajar Paket C (sumber: jatimnet.com)

Dilansir dari Wikipedia, Kelompok Belajar terdiri dari tiga paket, yaitu Paket A, Paket B, dan Paket C. Jika Paket A ditujukan untuk siswa yang ingin menempuh pendidikan setara SD, maka Paket B adalah untuk mereka yang ingin menempuh pendidikan setara SMP. Sementara, Paket C, seperti dikatakan di atas, ditujukan untuk mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang setara SMA.

Bacaan Lainnya

Khusus untuk Program Paket C, program ini sendiri mendapatkan respon positif dari masyarakat, terutama bagi mereka yang belum lulus SMA dan belum memiliki ijazah. Program ini dinilai sangat memudahkan mereka yang tidak punya ijazah SMA untuk memiliki ijazah dengan prosedur yang lebih ringkas dan waktu yang lebih cepat.

Memang, untuk mereka yang mengikuti Kejar Paket C, juga dapat mengikuti ujian kesetaraan yang biasanya dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan bulan Oktober. Setiap peserta yang berhasil lulus ujian kesetaraan ini berhak memiliki sertifikat atau ijazah yang setara dengan pendidikan formal SMA.

Lalu, bagaimana dengan sistem belajar dan mengajarnya? Kegiatan belajar dan mengajar di Kejar ini, demikian juga Kejar Paket A dan Kejar Paket B, fleksibel atau tidak perlu belajar satu minggu penuh. Kegiatan belajar dan mengajar bisa dilakukan hanya tiga kali seminggu, bahkan bisa dilakukan di rumah siswa yang bersangkutan atau homeschooling.

Kegiatan belajar sendiri biasanya akan dibagi dua kelompok usia. Pertama adalah usia dewasa, artinya di usia belajar formal, tetapi dapat melanjutkan di Pendidikan PNFI yang diselenggarakan oleh Kelompok Belajar Masyarakat dalam bentuk PKBM, Yayasan, LSM, dan lembaga sejenisnya. Untuk usia dewasa ini, mengikuti jenjang belajar selama 4 Semester atau 2 tahun.

Kelompok yang berikutnya adalah usia belajar, yang biasanya mengikuti kegiatan belajar selama 6 semester atau 3 tahun. Warga Belajar yang lulus dari Paket B untuk melanjutkan ke dengan rata-rata nilai 7,0, dapat mengikuti KBM 4 semester dan masuk pada kategori usia dewasa. Tetapi, yang masih usia belajar, tetap mengikuti 6 semester.

Syarat Mengikuti Kejar

Ujian Kejar Paket C (sumber: republika)
  • Langkah pertama adalah mencari lembaga PKBM yang menyelenggarakan Program Paket C. PKBM ini masih berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Umumnya didirikan oleh pihak swasta, PKBM saat ini sudah tersebar di banyak daerah dan kota di Indonesia. Jika browsing di internet, Anda cukup mengetik kata kunci ‘PKBM’ dan hasilnya akan langsung muncul.
  • Mempersiapkan dokumen pendaftaran. Memang, setiap PKBM memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun biasanya, dokumen yang diperlukan adalah fotokopi ijazah SMP yang sudah dilegalisir (jumlahnya tergantung masing-masing PKBM), pasfoto ukuran 3 x 4 (biasanya berwarna dengan kemeja putih), serta formulir pendaftaran yang bisa di-download di situs PKBM yang bersangkutan.
  • Setelah semua berkas dokumen dirasa lengkap, Anda bisa langsung mengirimkannya ke penyelenggara Program tersebut. Pengiriman berkas ini bisa lewat email dengan melakukan scan terhadap dokumen-dokumen itu terlebih dulu, bisa lewat jalur pos, atau diserahkan langsung ke alamat pendaftaran.
  • Perhatikan periode pendaftaran. Biasanya, pendaftaran Program Kejar dilakukan dua kali dalam setahun. Banyak PKBM yang membuka pendaftaran di bulan Juli dan Oktober. Namun, ada juga yang membuka pendaftaran di bulan-bulan yang lain.
  • Peserta Kejar tidak terbatas untuk warga negara Indonesia. Bahkan, warga negara asing juga diperkenankan mengikuti program belajar non-formal ini.

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk mengikuti sekolah dan ujian di Program Kejar Paket C? Dibandingkan dengan pendidikan formal, biaya Program Kejar memang bisa dikatakan jauh lebih terjangkau. Namun, kebijakan biaya pendidikan sangat bergantung pada kebijakan dan fasilitas yang diberikan masing-masing PKBM atau penyelenggara. Berikut kisaran biaya Program Kejar Paket C.

Biaya

Ilustrasi peserta ujian kesetaraan Paket C (sumber: PKBM INTAN Bandung)
Penyelenggara Alamat Biaya
Yayasan Robiatul Adawiyah Marunda Jl. Sungai Tiram RT 001, RW 06 No. 39, Kel. Marunda Baru, Kec. Cilincing, Jakarta Utara Pendaftaran : Rp500.000
Paket C IPS : Rp3.800.000 (bisa diangsur 10 bulan)
Paket C IPA : Rp5.800.000 (bisa diangsur 10 bulan)
PKBM Generasi Juara Jalan Arjuna Raya No. 89 Kel. Mekarjaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok Rp3.500.000 per semester
Kelas 12 : Rp850.000 – Rp1.000.000 per semester
PKBM Pemuda Pelopor Jl. Siliwangi Gang Kopi RT 5 RT 2, Cikole, Sukabumi Rp1.800.000 (sampai lulus)
Lembaga Pendidikan MDC (Masa Depan Cerah) Jl. Soekarno-Hatta No. 18, Bandung dan Jl. Sekelimus Barat No. 49, Bandung Pendaftaran : Rp50.000
Biaya Pendidikan : Rp290.000 per bulan (7 kali angsuran) atau Rp190.000 per bulan (12 kali angsuran)
PKBM Rama Putra Jl. Kiaracondong 202, Bandung, Jl. Garuda (Pajajaran) 115, Bandung, dan Jl. Kuningan Raya 5, Bandung Rp250.000 x 12 kali angsuran
PKBM Bina Insan Kamil Gedung SDN 2 Babakan, Jalan Raya Puspitek No. 1, Babakan, Tangerang Selatan Pendaftaran : Rp200.000
Pendidikan : Rp5.650.000
PKBM Jakarta Jl. Sungai Tiram No. 39, Marunda baru, Cilincing, Jakarta Utara Pendaftaran: Rp500.000
Paket C IPS : Rp3.000.000 (bisa diangsur 10 bulan)
Paket C IPA : Rp5.000.000 (bisa diangsur 10 bulan)

Biaya sekolah Program Kejar Paket C di atas kami rangkum dari situs dan blog resmi masing-masing PKBM yang bersangkutan. Untuk biaya Paket C tahun 2020/2021 dan 2021/2022 masih sama, tetapi naik di TA 2022/2023. Sebagai contoh, biaya pendidikan paket C IPS di Yayasan Robiatul Adawiyah Marunda yang dibanderol Rp3 juta pada TA 2021/2022, naik menjadi Rp3,8 juta di TA 2022/2023. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke PKBM terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

Pos terkait