Info Syarat Pengajuan dan Biaya Gugat Cerai dari Pihak Istri

Di Indonesia setidaknya mengenal dua istilah , yakni cerai talak dan cerai gugat. Keduanya memiliki perbedaan dari segi siapa yang mengajukan gugatan terlebih dahulu, apakah pihak suami atau pihak . Syarat dan besarnya gugat cerai dari pihak atau suami bisa berbeda-beda di setiap pengadilan agama.

Syarat Pengajuan Gugat Cerai - www.forbes.com

Syarat Pengajuan Gugat Cerai - www.forbes.com

Cerai gugat adalah cerai yang didasarkan atas adanya gugatan yang diajukan oleh seorang istri agar perkawinan dengan suaminya menjadi putus. Dalam perkawinan menurut agama Islam dapat berupa gugatan karena suami melanggar ta’lik talak, gugatan karena syiqaq, gugatan karena fasakh, dan gugatan karena alasan-alasan sebagai manan yang tersebut dalam Pasal 19 Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975.[1]

Sedangkan cerai talak adalah suami untuk mengajukan cerai talak terhadap Pengadilan Agama. Dalam agama Islam hal ini disebut dengan istilah talak. perceraian dari pihak suami adalah dengan tertulis atau dilakukan secara lisan.Sebagai contoh, berikut ini kami rangkum informasi prosedur dan biaya gugat cerai yang berlaku di wilayah Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat seperti yang dilansir dari situs resminya.

Baca juga  Review dan Harga SX Mini Q Class (Baru dan Bekas)

Cara Mengajukan Cerai Gugat dari Pihak Istri

  1. Mengajukan gugatan secara tertulis atau lisan kepada Pengadilan Agama/Mahkamah Syariah (pasal 118 HIR 142 Rbg jo pasal 73 UU nomor 7 tahun 1989 yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006). Gugatan tersebut diajukan kepada Pengadilan Agama/Mahkamah Syariah.
  2. Gugatan memuat: Nama, umur, pekerjaan, agama, dan tempat kediaman Penggugat dan Tergugat; Posita (fakta kejadian dan fakta hukum); Petitum (hal-hal yang dituntut berdasarkan posita).
  3. Gugatan soal penguasaan anak, nafkah anak, nafkah istri dan harta bersama, dapat diajukan bersama-sama dengan gugatan atau sesudah putusan perceraian memperoleh kekuatan hukum tetap (pasal 66 ayat (5) UU no 7 tahun 1989 yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006).
  4. Membayar biaya perkara (pasal 121 ayat (4) HIR, 145 ayat (4) Rbg jo pasal 89 UU no 7 tahun 1989 yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006. Bagi yang tidak mampu, dapat berperkara secara cuma-cuma/prodeo (pasal 237 HIR, 273 Rbg).
  5. Penggugat dan Tergugat atau kuasanya menghadiri persidangan berdasarkan panggilan Pengadilan Agama/Mahkamah Syariah.
Baca juga  Info Terkini Kisaran Harga Besi WF (Wide Flange) Baru dan Bekas

Pengajuan Cerai Gugat

  1. Surat Gugatan/Surat Permohonan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Agama dapat dibuat sendiri atau dengan bantuan POSBAKUM, tidak dipungut biaya/gratis (sebanyak 8 rangkap).
  2. Fotokopi Buku Nikah (halaman pertama/yang ada foto sampai dengan halaman terakhir) diberi materai dan dicap leges di Kantor Pos di kertas A4 (tidak dipotong).
  3. Fotokopi KTP dan Kartu (KK) diberi meterai dan dicap leges di Kantor Pos di kertas A4 (tidak dipotong).
  4. Buku Nikah asli/duplikat.
  5. Surat Keterangan Ghoib dari kelurahan setempat apabila salah satu pihak ada yang tidak diketahui alamatnya.
  6. Surat izin dari atasan apabila bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, TNI, POLRI.
  7. Biaya Panjar Perkara.

Biaya Gugat Cerai dari Pihak Istri

Di Pengadilan Agama Jakarta Barat, biaya panjar perkara untuk cerai gugat (dari pihak istri kepada suami) ditarik sebesar Rp816.000, sedangkan untuk cerai talak (dari pihak suami kepada istri) biayanya dikenai Rp1.016.000. Namun, apabila salah satu pihak berada di luar wilayah Jakarta Barat maka akan dikenai tambahan biaya sebesar Rp200.000. Demikian pula jika salah satu pihak tidak diketahui alamatnya (ghoib) akan ada biaya tambahan Rp200.000.

Gugat Cerai dari Pihak Istri - palitigators.com

Gugat Cerai dari Pihak Istri - palitigators.com

Biaya tersebut berlaku apabila Anda mengurus sendiri perceraian Anda. Namun, jika Anda menggunakan jasa pengacara atau kuasa hukum, maka Anda harus bersiap mengeluarkan biaya lebih besar. Di Jakarta pengacara perceraian berkisar antara Rp10 juta hingga Rp60 juta. Angka tersebut kabarnya sudah mencakup semua proses, mulai dari pendaftaran sampai terbit akta cerai.

Baca juga  Update Tarif Karaoke NAV Karaoke Keluarga 

Tarif tersebut belum termasuk apabila kasus sampai berlanjut ke tingkat banding di Pengadilan Tinggi, yang kira-kira dapat memakan biaya tambahan Rp25 juta dan ditambah Rp15 juta lagi bila kasus berlanjut hingga tingkat kasasi di Mahkamah Agung.

[1]Manan, A. 2017. Aneka Masalah Hukum Perdata Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Syarat Pengajuan dan Biaya Gugat Cerai dari Pihak Istri"