Update Harga Suzuki Amenity 2 Pintu Bekas di Pasaran

Sebelum booming akhir-akhir ini, pada era tahun 1990-an, beberapa pabrikan sudah berlomba-lomba meluncurkan mobil sport hatchback yang umumnya ditujukan untuk menyasar kaum muda. Jika Toyota punya Starlet dan tampil dengan Civic, maka Suzuki tidak ketinggalan dengan merilis Amenity. Bahkan, varian bekas mobil ini saat ini masih banyak diburu dengan harga yang relatif terjangkau.

Suzuki Amenity 2 Pintu - www.olx.co.id

Suzuki Amenity 2 Pintu - www.olx.co.id

Suzuki Amenity sendiri merupakan mobil hatchback mini yang diproduksi antara tahun 1990 sampai tahun 1992. Di luar sana, mobil ini juga dikenal dengan nama Suzuki Cultus, yang berasal dari bahasa Latin yang berarti nyaman. Selain dijual dengan merek Suzuki, mobil ini ternyata juga dijual dengan merek Subaru Justify  di pasar Jepang, Changan Lingyang di pasar China, hingga Maruti Margalla di pasar Pakistan.

Di awal produksinya, Suzuki Amenity dikembangkan kembali guna menciptakan sebuah sedan yang diberi nama Suzuki Esteem. Semua basis yang digunakan sama dan hanya berbeda pada bagian buntut (bagasi) serta opsional kapasitas . Di pasar Indonesia, penerus Suzuki Forsa ini menjadi pesaing bagi Toyota Starlet, Honda Civic Estilo, Mazda Astina, hingga Daihatsu Charade CX/Winner. Setelah produksinya dihentikan selama lima tahun, Suzuki merilis kembali hatchback legendaris tersebut dengan nama Suzuki Aerio.

Pada bagian eksterior, baik Suzuki Amenity maupun Suzuki Eleny ( facelift hadir tahun 1993), tampil dengan varian bodi dan empat pintu. yang paling banyak beredar di Indonesia adalah varian empat pintu karena dirakit secara CKD sehingga harganya bisa ditekan seminimal mungkin. Sementara, dua pintu hadir dalam bentuk CBU dan kabarnya hanya tersedia 200 unit di Tanah Air.

Secara tampilan, bagian depan mobil ini tidak jauh berbeda dengan Suzuki Esteem, mulai lampu utama, lampu sein, kap mesin, hingga bentuk grille. Jadi, jika ada part yang rusak, maka konsumen dapat mengakali perbaikan dengan menggunakan komponen milik Suzuki Esteem. Hal tersebut juga berlaku bagi model Suzuki Eleny.

Pada bagian samping, mobil ini memiliki bentuk mobil yang terlihat mengalami perubahan signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, yaitu Suzuki Forsa, dengan tampil lebih kecil dan imut. Di samping itu, lekukan bodi Suzuki Amenity tidak lagi berbentuk kotak, melainkan menjadi lekukan halus membulat. Dimensi yang masih masuk dalam taraf mungil ini sekaligus memberikan nilai feminin sehingga lebih mudah dioperasikan kaum Hawa ketika memarkir kendaraan.

Suzuki Amenity (sumber: articulo.mercadolibre.com.ar)

Suzuki Amenity (sumber: articulo.mercadolibre.com.ar)

Untuk bagian belakang, Amenity mengadopsi stop lamp persegi panjang dengan motif kotak kecil serta lampu mundur yang berada di sisi kiri dan kanan mengapit posisi plat nomor, yang membedakannya dengan Suzuki Eleny. Sementara, model Eleny mengusung lampu persegi memanjang yang disambung dengan sebuah garnish berwarna merah. Mika lampu sein versi ini berwarna putih dan posisi nomor plat berada di bumper bagian tengah.

Beralih ke bagian interior, kabin Suzuki Amenity terbilang cukup lega untuk sebuah mobil mini hatchback, terlebih pada varian empat pintu. Namun, desain interior mobil ini terlalu monoton, simpel, dan jauh dari kesan mewah. Meski begitu, yang dibawa Suzuki Amenity bisa dibilang sudah cukup modern, termasuk power window, electric mirror, dan blower AC di dalam kabin. Sayangnya, untuk model yang mengusung dua pintu, kedua kelistrikan tersebut tidak termasuk dalam daftar kelengkapan. Sebagai gantinya, pabrikan Jepang menawarkan jok semi-bucket ala mobil sport serta setir tiga spoke kental dengan nuansa sporty.

Untuk pasar Tanah Air, hatchback legendaris ini hanya tersedia dalam pilihan mesin G13BA berkapasitas 1.3L atau 1.300cc, dengan konfigurasi 4 silinder segaris, 8 katup, dan sistem pengabut yang masing mengandalkan karburator yang terkenal mudah dalam segala hal, khususnya perawatan. Dengan modal tersebut, kendaraan ini mampu meletupkan tenaga maksimal sebatas 71 HP pada putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 102 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Untuk pengendalian, Suzuki Amenity memiliki handling yang tergolong enteng berkat bobot yang ringan, meski tidak dibekali dengan fitur power steering sehingga impresi mobil tersebut menjadi hambar. Suzuki Amenity juga disebutkan bisa melaju hingga kecepatan maksimal 120 km per jam ketika kondisi seluruh komponen dalam keadaan sehat. 

Spesifikasi Suzuki Amenity

Suzuki Amenity (sumber: Bukalapak)

Suzuki Amenity (sumber: Bukalapak)

Tipe Mesin G13BA, 1.3L, karburator, 4 silinder segaris, 8 katup
Tenaga Maksimum71 HP @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum102 Nm @ 4.000 rpm
Diameter x Langkah74 x 75,5 mm
Konsumsi Bahan Bakar10-12 km per liter (dalam kota), 13-16 km per liter (luar kota)
TransmisiManual, 5-speed
Suspensi DepanMcPherson Strut
Suspensi BelakangIndependent
Tahun Penjualan1990 - 1992 (Amenity), 1993 - 1994 (Eleny)

Seperti diutarakan sebelumnya, meski sudah tidak diproduksi lagi, namun konsumen masih memburu bekas Suzuki Amenity, terutama untuk varian yang mengusung dua pintu. Berikut terbaru harga bekas Suzuki Amenity dua pintu di pasaran saat ini.

Harga Suzuki Amenity 2 Pintu

Tahun ProduksiHarga Bekas 
1990Rp30.000.000 – Rp39.000.000
1991Rp37.500.000 – Rp70.000.000
1992Rp38.000.000 – Rp65.000.000

Daftar harga Suzuki Amenity  2 pintu bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli mobil second. Harga Suzuki Amenity 2 pintu tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing lokasi, tergantung kondisi mobil yang bersangkutan, termasuk tahun produksi dan kelengkapan surat-suratnya.

Baca juga  Info Terbaru Harga Daihatsu Hijet Bekas di Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Suzuki Amenity 2 Pintu Bekas di Pasaran"