Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo F5 (Oppo Find 5)

Saat ini, smartphone tampaknya sudah bukan lagi menjadi barang mewah bagi sebagian orang, melainkan telah bertransformasi menjadi kebutuhan primer, terutama untuk koneksi dan mengakses melalui internet. Sudah banyak merek smartphone yang dirilis di dengan berbagai macam , salah satunya Oppo Find 5 atau lebih dikenal dengan nama Oppo F5. Ditawarkan dengan mulai USD 700 ketika pertama kali diluncurkan, smartphone ini tampil beda jika dibandingkan kompetitor.

Oppo Find 5 - www.hargaoppoandroid.com

Oppo Find 5 - www.hargaoppoandroid.com

Sebelum membahas mengenai Oppo F5, kita kulik sedikit mengenai perusahaan atau merek Oppo. Oppo adalah penyedia layanan dan global yang membawakan perangkat seluler , dan dikatakan terbaik, di lebih dari 20 negara, termasuk Amerika Serikat, China, Australia, negara di Benua Eropa, Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, hingga Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Oppo sendiri terdaftar sebagai merek global sejak tahun 2001, namun baru diluncurkan secara resmi di China tiga tahun kemudian. Perusahaan ini pertama kali meluncurkan perangkat MP3 Player pertama mereka pada tahun 2005, disusul dengan peluncuran MP4 Player pertama pada tahun 2006. Kemudian, pada tahun 2008, Oppo mulai memasuki pasar ponsel, dan disusul menjajal pasar smartphone pada tahun 2011 melalui produk Find Me.

Di pasar Tanah Air, Oppo sering menggandeng selebritas lokal untuk menjadi brand ambassador mereka. Beberapa selebritas lokal yang pernah menjadi bintang iklan smartphone ini adalah penyanyi cantik Raisa, aktor seni peran Reza Rahardian, hingga penyanyi pendatang baru Isyana Sarasvati. Kepopuleran artis-artis tersebut agaknya diharapkan mampu menjadi magnet yang menarik para konsumen di dalam negeri.

Oppo Find 5 - www.tokopedia.com

Oppo Find 5 - www.tokopedia.com

Untuk aktor Reza Rahardian, perusahaan mengirimi model Oppo F3 Black yang tampil elegan dengan desain classic black, dan bezel silver berkilau yang mengelilingi setiap sudut ponsel. Perangkat dengan layar 5,5 inch ini sendiri dibekali dengan resolusi layar Full HD, kamera utama 13 MP, Android 6.0, serta ruang penyimpanan berkapasitas 64 GB.

Sementara, ponsel yang menjadi “bawaan” Raisa adalah model Oppo F1s. Smartphone ini hadir dengan edisi yang berbeda, yang memadukan bahan aluminium alloy berkilau dengan pewarnaan hitam pekat, sehingga menghasilkan cover logam berwarna hitam klasik. Beberapa unggulan yang menancap pada varian ini adalah kamera utama 16 MP, layar 5,5 inci, dan ruang penyimpanan 32 GB yang bisa ditingkatkan hingga 128 GB.

Untuk Isyana Sarasvati, Oppo memiliki model Oppo Neo 7, sebuah smartphone yang memiliki lengkung ramping yang unik, berkat metode potongan lengkung lingkaran konsentris. Tepian bulat pada desain perangkat ini membawa kesan kemudahan dan kenyamanan premium dalam genggaman. Oppo Neo 7 sendiri hadir dalam dua varian warna, yaitu Gold dan Silver.

Desain, Fitur, dan Spesifikasi Oppo F5

Oppo F5 pertama kali dirilis pabrikan asal China pada tahun 2013 lalu. Jika handset top seperti Samsung, HTC, atau tidak mengasyikkan Anda, mungkin perangkat ini bisa menjadi alternatif menarik. Untuk harga mendekati USD 700, Oppo Find 5 menawarkan desain yang tidak konvensional dengan dukungan pengolahan Quad Core, layar 1080p berukuran 5,5 inch, sistem operasi Android Jelly Bean, dan kompatibel untuk operator GSM internasional di banyak negara.

Ketika pertama kali melihat Oppo Find 5, mungkin Anda akan “tersentak” oleh garis bersihnya, bentuknya yang kurus, dan penampilannya yang elegan. Lebih jauh menonjolkan trimetasan, Oppo Find 5 adalah bagaimana layar besarnya disiram dengan bezelnya, dan juga berapa bezel kecil yang ada. Taktik desain display edge-to-edge memang muncul di era 2010-an, seperti yang terlihat pada model Motorola Razr M, HTC Droid Razr, Droid Razr HD, dan LG Nexus 4. Terus terang, mungkin Anda berpikir tim perancang Oppo terinspirasi dari Sony, dan Find 5 bisa jadi sepupu dekat dengan handset Xperia.

Dibalut dengan warna putih yang dingin, Oppo Find 5 terasa kokoh, terutama di area punggung dan gagang telepon, yang mulus namun tidak licin. Sebenarnya, Oppo menyamakan permukaan perangkat dengan pasir, yang bisa jadi keliru, karena panel belakang itu memiliki kekasaran dingin yang bisa dikatakan menyerupai keramik. Konsumen juga mungkin akan mengapresiasi strip menarik dari logam keperakan yang menjadi “rumah” bagi kamera ponsel dan rangkaian flash LED ganda.

Secara dimensi, Oppo F5 tampil lumayan, dengan tip skala 5,8 ons. Meskipun smartphone berukuran kurang dari 0,35 inci, dimensi lainnya sangat berat. Dengan tinggi 5,6 inci dan lebar 2,7 inci, pengguna mungkin akan sangat jarang menjangkau bagian atas perangkat, terutama jika pegangan menempel ke tepi bawah perangkat. Tetapi, perusahaan agaknya memiliki visi jauh ke depan dengan menempatkan tombol power di tengah sisi kiri yang mudah dijangkau jari telunjuk. Sementara, sisi kanan terdapat tombol tipis untuk volume, dan port micro-USB berada di bagian bawah.

Didukung dengan prosesor Quad Core Snapdragon S4 Pro 1.5 GHz, yang dilengkapi dengan RAM berkapasitas 2 GB, smartphone ini tidak kekurangan perangkat keras beroktan tinggi. Di samping itu, sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean juga sangat fresh, meski ada satu peringatan. Seperti kebanyakan pembuat perangkat mobile lainnya, Oppo juga menempatkan kulit UI-nya sendiri di atas Android, yang di versi Internasional Find 5 masih merupakan versi beta.

Oppo mengatakan bahwa mereka mengharapkan firmware ritel lebih stabil dan perusahaan mengklaim akan merilis dua beta dan satu versi firmware stabil setiap bulan berikutnya. Sementara itu, antarmuka Oppo Find 5 bisa dikatakan sangat mirip dengan layout iOS atau Samsung TouchWiz dengan ikon aplikasi bergaya chiclet yang besar, layar Home yang semarak yang menggambarkan pemandangan alam, dan aplikasi penggulung samping.

Untuk memotret, kamera Oppo Find 5 memiliki resolusi tinggi, yaitu 13 megapiksel, di samping menyediakan sensor back-side illuminated (BSI) dan menyediakan mode HDR. Anda juga bisa menangkap film HD dengan kualitas 1080p. Jika Anda menyukai ekstra mewah seperti pemotretan panorama atau filter khusus, Anda tidak akan menemukannya di sini, setidaknya di versi perangkat lunak standar.

Namun, inti sesungguhnya dari Oppo Find 5 adalah layar 1080p inci yang lebar (1.920 x 1.080 piksel). Dengan menggunakan teknologi LCD IPS, layarnya membuat detail yang tajam, memiliki sudut pandang yang lebar, dan mendapat terang yang cukup. Satu-satunya keluhan mungkin bahwa terkadang tampilan tidak responsif, mengharuskan pengguna untuk mengulang sentuhan. Mudah-mudahan ini adalah masalah software sederhana.

Baca juga  Info Terbaru Harga dan Spesifikasi Sony Walkman NWZ-B172F MP3 Player Bass Booster

Untuk semua perangkat keras Oppo Find 5, kinerjanya bisa dikatakan campuran. Pada umumnya, handset tampak gesit dan terasa responsif, sementara di contoh yang lain, layar atau menu di Home bisa tampak menyebalkan atau lag. Sayangnya, kinerja cepat Oppo Find 5 harus mengorbankan umur baterai, dengan layar besar yang menjadi “tersangka” utamanya. Perangkat ini dapat bertahan selama 6 jam 4 menit ketika digunakan untuk menyetel video dalam suatu percobaan yang dilakukan CNET Labs. Berikut spesifikasi teknis Oppo Find 5.

TeknologiGSM/HSPA
DebutDesember 2012
PenjualanFebruari 2013
Dimensi5,58 inch x 2,71 inch x 0,35 inch
Berat165 gram
SIMMicro-SIM
Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar5 inch
Resolusi Layar1080 x 1920 piksel
Multi-touchYa
Proteksi LayarCorning Gorilla Glass 2
Sistem OperasiAndroid 4.1 (Jelly Bean)
ChipsetQualcomm AOQ8064 Snapdragon S4 Pro
CPUQuad Core 1.5 GHz Krait
GPUAdreno 320
Card SlotTidak
Memori Internal16/32 GB, RAM 2 GB
Kamera Utama13 MP, autofocus, LED flash
Fitur KameraGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video Kamera1080p @ 30 fps, HDR
Kamera Depan1,9 MP
AudioVibration, MP3, WAV ringtones, loudspeaker, 3.5mm jack , Dolby Mobile, Active noise cancellation with dedicated mic
WirelessWi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual band, Wi-Fi direct, DLNA, hotspot
Bluetooth4.0, A2DP
GPSYa, with A-GPS
NFCYa
USBMicro-USB 2.0
FiturAccelerometer, gyro, proximity, compass, MP4/H/264/WMV player, MP3/eAAC+/WMA/WAV player, document viewer, photo viewer/editor
MessagingSMS, MMS, email, push email
BrowserHTML5
BateraiNon-removable, Li-ion 2500 mAh

Harga Oppo F5

Ketika pertama kali dirilis, perusahaan menawarkan Oppo F5 dengan harga mencapai USD 700 atau sekitar Rp9,31 jutaan. Kini, produk bekas smartphone tersebut dijual dengan harga mulai Rp900 ribuan sampai Rp1.000.000, tergantung kondisi barang.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo F5 (Oppo Find 5)"