Spesifikasi, Keunggulan, dan Harga Terbaru Samsung Galaxy C5

Ponsel cerdas atau dengan basis Android kini memang semakin merajalela. Nah, salah satu perusahaan atau yang rajin merilis smartphone berbasis Android adalah Samsung. Ada banyak ponsel Android yang telah diproduksi perusahaan asal Korea Selatan tersebut, salah satunya Samsung Galaxy C5 yang meluncur pada tahun 2016 lalu. Di pasaran, perangkat ini ditawarkan dengan mulai Rp3,25 juta hingga Rp4 jutaan, tergantung kapasitas memori yang dibawa.

Tentang Samsung

Sebelum membahas mengenai Galaxy C5, kita kupas sedikit mengenai produsennya. Samsung adalah salah satu konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang diawali sebagai perusahaan ekspor di tahun 1938, dan lantas berkembang cepat ke bidang-bidang lainnya. Saat ini, Samsung dikenal sebagai salah satu raksasa di dunia dan telah beroperasi di 58 negara.

Samsung Galaxy C5 - erasmartphone.com

Samsung Galaxy C5 - erasmartphone.com

Samsung memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan ekonomi, politik, media, dan budaya Korea Selatan dan telah menjadi kekuatan pendorong utama di balik “Miracle of Han's River”. Perusahaan afiliasinya memproduksi sekitar seperlima dari total ekspor Korea Selatan. Pendapatan Samsung sama dengan 17 persen dari PDB Korea Selatan, yakni 1.082 miliar dolar AS.

Saat ini, pabrikan tersebut beroperasi di enam bidang bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), peralatan rumah tangga digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, lemari es, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor (termasuk alat berat). Nah, salah satu produk digital yang identik dengan Samsung adalah ponsel pintar atau smartphone Android.

Samsung Galaxy C5

Sudah banyak ponsel pintar berbasis Android yang telah diluncurkan Samsung ke pasaran global. Untuk produk low-end, Anda mungkin mengenal model Samsung Galaxy J1, Samsung Galaxy J3 Pro, Samsung Galaxy Core 2, Samsung Galaxy Y Duos, Samsung Galaxy V Plus, Samsung Galaxy Fit, dan juga Samsung Galaxy Young 2 hingga Samsung Galaxy Ace dan Star. Nah, untuk produk premium, model yang cukup baru adalah Samsung Galaxy C5.

Samsung Galaxy C5 - www.manilashaker.com

Samsung Galaxy C5 - www.manilashaker.com

Handphone ini bisa dikatakan gres karena baru saja dipamerkan perusahaan pada bulan Mei 2016. Sebulan kemudian, pabrikan resmi merilis Galaxy C5 ke pasaran global. Samsung Galaxy C5 bisa dikatakan sebagai smartphone milik perusahaan asal Negeri Ginseng yang berada di segmen menengah ke atas dengan desain yang tampak premium, monitor atau layar yang bagus, performa yang mantap, serta bidikan kamera yang cukup memuaskan.

Secara tampilan, bodi Samsung Galaxy C5 menggunakan bahan metal yang kuat sehingga membuatnya terlihat premium dan berkelas. Desain perangkat ini juga bisa dikatakan cakep karena memiliki lengkungan di tiap pojoknya serta mempunyai dimensi yang tidak terlalu tebal sehingga cocok dibawa ke mana saja karena ringkas.

Di bagian bawah bodi, terdapat lubang audio jack, lubang charger, serta satu set speaker. Sementara, di sisi sebelah kiri hanya ada tombol volume, dan di bodi bagian kanan terdapat tombol power serta SIM tray.

Beralih ke bagian layar atau monitor, Samsung Galaxy C5 telah dibekali dengan layar bertipe Super AMOLED dengan ukuran 5,2 inch yang cukup cocok serta nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Panel ini memiliki resolusi Full HD (1080 x 1920 piksel) dan kerapatan piksel mencapai 424 ppi. Dengan kapasitas tersebut, display Samsung Galaxy C5 dijamin menawarkan tampilan yang jernih dan tajam, meskipun perangkat digunakan di luar ruangan dan di bawah sinar matahari.

Beberapa fitur menarik yang menyertai perangkat cerdas ini adalah sensor fingerprint, yang juga sebagai fitur keamanan smartphone paling mutakhir saat ini. Sensor pemindai sidik jari tersebut terletak pada tombol Home sehingga begitu mudah dijangkau oleh jari-jari pengguna.

Di samping itu, Samsung Galaxy C5 juga menyediakan dua opsi memori internal atau ruang penyimpanan kepada konsumen, yaitu berkapasitas 32 GB dan berkapasitas 64 GB, dengan dukungan RAM berkapasitas 4 GB. Kapasitas ruang penyimpanan ini masih dapat konsumen tambah atau tingkatkan dengan kehadiran slot microSD dengan kapasitas maksimal 128 GB, meski tipe slot-nya hybrid.

Berbicara mengenai perangkat digital seperti smartphone, laptop, atau PC desktop, tentu tidak lengkap jika tidak membicarakan performa atau kinerja yang bersangkutan. Nah, Samsung telah membekali Galaxy C5 dengan prosesor Octa-core (4x 1,5 GHz Cortex-A53 & 4x 1,2 GHz Cortex-A53), yang disokong chipset Qualcomm MSM8952 Snapdragon 617 serta grafis atau GPU dari Adreno 405. Dengan bekal ini, Galaxy C5 cukup andal untuk memainkan game skala HD, seperti “Aspalt8”, Marvel Contest of Champions”, “The Amazing Spiderman 2”, “FIFA 16”, hingga “Grand Theft Auto Vice City”.

Mengikuti tren masa kini, perusahaan juga tidak lupa menanamkan fitur kamera pada model Galaxy C5. Kamera utama atau kamera belakang ponsel ini memiliki resolusi 16 MP f/1.9 yang telah dilengkapi dengan fitur LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, hingga HDR. Kamera belakang perangkat mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang tidak diragukan, selain merekam video dengan resolusi Full HD. Sementara, kamera depan ponsel memiliki resolusi 8 MP yang cukup bagus untuk digunakan selfie atau swa-foto. Berikut spesifikasi teknis Samsung Galaxy C5.

GSM, HSPA, LTE
Waktu Rilis Juni 2016
Dimensi145,9 mm x 72 mm x 6,7 mm (5,74 inch x 2,83 inch x 0,26 inch)
Berat143 gram (5,04 ons)
SIM CardHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Tipe LayarSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar5,2 inch (71 persen rasio layar-ke-bodi)
Resolusi Layar1080 x 1920 piksel (424 ppi pixel density)
Multi-touch Yes
Sistem OperasiAndroid 6.1 (Marshmallow)
ChipsetQualcomm MSM8952 Snapdragon 617
CPUOcta-core (4x 1,5 GHz Cortex-A53 & 4x 1,2 GHz Cortex-A53)
GPU/GrafisAdreno 405
Memori CardmicroSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
Memori Internal32 GB/64 GB, 4 GB RAM
Kamera Utama16 MP, f/1.9, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Kamera Depan8 MP, f/1.9
Fitur KameraGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Kapasitas Video1080p @ 30 fps
Tipe GetarVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes, active noise cancellation with dedicated microphone
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSYa, with A-GPS, GLONASS/BDS (region dependent)
NFCYes
RadioStereo FM radio with RDS; recording
USBmicroUSB 2.0
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass
MessagingSMS (threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
JavaNo
BateraiNon-removable, Li-ion 2600 mAh
Pilihan Gold, Pink Gold, Dark Gray
SAR EU0,45 kg W/kg (head); 1,07  W/kg (body)
Performa CPUBasemark OS II: 1007 / Basemark OS II 2.0: 815
Basemark X: 5039
Performa LayarContrast ratio: Infinite (nominal), 3.911 (sunlight)
Performa KameraFoto/Video
Performa LoudspeakerVoice 67 dB; Noise 69 dB; Ring 72 dB
Kualitas AudioNoise-93,1 dB; Crosstalk-68,3 dB
Daya Tahan Baterai75 hours

Harga Samsung Galaxy C5

Seperti diutarakan sebelumnya, Samsung saat ini menghadirkan Galaxy C5 dalam dua varian, yaitu memori 32 GB dan memori 64 GB. Di pasaran, model yang membawa memori internal 32 GB dijual dengan harga mulai Rp3.250.000, sedangkan model yang mengusung memori internal 64 GB ditawarkan dengan harga mulai Rp3.570.000 sampai Rp4.000.000. Perangkat tersebut sendiri hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Gold, Pink Gold, dan Dark Gray.

Model Samsung Galaxy C5 Pro

Pada bulan Desember 2016, Samsung sempat merilis model Galaxy C5 Pro. Ini juga merupakan smartphone kelas menengah yang diluncurkan setelah model Galaxy A. Namun, jika model Galaxy A menggunakan prosesor Exynos, maka smartphone ini dipersenjatai prosesor Snapdragon di bagian jantung pacu.

Samsung Galaxy C5 Pro hadir dengan layar berukuran 5,2 inch Full HD berteknologi Super AMOLED. Perangkat ini juga didukung dengan kamera depan yang memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/1.9 yang sudah dapat menghasilkan foto selfie maupun welfie dengan bagus. Di pasaran, Samsung Galaxy C5 Pro ditawarkan dengan harga sekitar Rp4,8 jutaan.

Baca juga  Update Info Spesifikasi & Harga iPhone 5C Second (Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi, Keunggulan, dan Harga Terbaru Samsung Galaxy C5"