Spesifikasi & Harga Suzuki GSX-R150, Sport Bike Ganas

Setelah hanya menjadi ‘penonton’ kompetisi Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R, akhirnya pada awal tahun 2017 kemarin resmi meluncurkan GSX-R150 untuk pasaran Indonesia. Dilepas dengan mulai Rp29 jutaan, ini diklaim sebagai ikon dan penerus tradisi motor sport performa tinggi yang mengusung kecanggihan .

Suzuki GSX-R150

Pabrikan asal Jepang pertama kali memamerkan sepeda motor di gelaran IMOS 2016, sebelum akhirnya melemparkan ke nasional di awal tahun 2017. Produk ini bisa dikatakan sebagai salah satu bukti bahwa produsen Negeri Sakura tersebut masih memiliki segudang inovasi untuk bersaing dengan para kompetitor, terutama rekan senegara, di segmen motor sport.

Suzuki GSX-R150 - indoride.com

Suzuki GSX-R150 - indoride.com

Mengusung bodi full fairing, Suzuki GSX-R150 menyematkan headlamp yang sudah dilengkapi dengan proyektor dan telah menggunakan teknologi LED. Sementara, sektor stang menggunakan ukuran yang cukup menyempit, layaknya sepeda motor dalam balapan MotoGP, sehingga membuatnya berkesan seperti motor balap sungguhan.

Beralih ke bagian samping, Suzuki GSX-R150 membawa lekukan tegas dan garis lembut yang menghias dari fairing hingga sektor buritan. Tidak hanya itu, tampak juga sebuah tangki bahan bakar dengan kapasitas 11 liter, yang mengusung desain memanjang lengkap dengan lekukan tangguh yang sekaligus memperkuat kesan sporty dan modern pada motor ini.

Sementara, di bagian belakang, konsumen akan menemukan swing arm banana yang terpasang dengan manis. Selain itu, di sektor butiran ini juga dirancang dengan lebih lancip, lengkap dengan stop lamp yang didesain dengan gaya motor masa kini. Tidak ketinggalan, sebuah knalpot terpasang di sisi kanan belakang yang menampilkan kesan gagah dan kokoh, dengan dua buah lubang pengeluaran.

Setelah sektor bodi, kita beranjak ke bagian panel indikator. Layaknya motor sport kekinian, Suzuki juga menerapkan panel speedometer yang informatif plus modern dan futuristik pada GSX-R150. Layar LCD pada konsol tersebut terbagi menjadi tiga bagian. Di sisi kiri, menampilkan indikator lampu sein (kiri), indikator oli, dan lampu tembak. Sementara, di sisi tengah, terdapat info tentang kecepatan (km per jam), posisi transmisi , indikator bahan bakar, dan jam. Terakhir, di bagian kanan, terdapat indikator lampu sein (kanan), indikator rpm maksimum, indikator lampu netral, dan pengaturan ABS.

Dibandingkan dengan sport bike di kelas yang sama, dimensi Suzuki GSX-R150 memang bisa dikatakan cenderung lebih ramping. Dimensi motor ini secara keseluruhan memiliki panjang 2.020 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.075 mm, dengan jarak sumbu roda 1.300 mm, jarak pijak ke tanah 160 mm, dan berat kosong 131 kg. Meski demikian, motor sport ini memiliki ketinggian jok yang sesuai dengan postur tubuh tinggi orang-orang Indonesia, yaitu 785 kg.

Selain menampilkan dimensi rangka yang ringan dan ramping, Suzuki GSX-R150 juga memiliki kaki-kaki yang kokoh dan kuat, dengan dua suspensi yang disematkan di bagian depan dan belakang. Di sektor depan, perusahaan Negeri Matahari Terbit telah memasang suspensi model teleskopik, sedangkan area belakang dipersenjatai suspensi model swing arm.

Masih di sektor kaki-kaki, Suzuki GSX-R150 menggunakan velg cast yang sekilas mirip kepunyaan Suzuki Satria F150, tetapi dengan ukuran lebih besar. Tidak ketinggalan, ban berukuran besar, yaitu 90/80-17 di depan dan 130/70-17 di belakang, juga turut disematkan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara, terutama ketika melakukan cornering.

Suzuki GSX-R150 - www.motorival.com

Suzuki GSX-R150 - www.motorival.com

Untuk menghentikan laju roda dan memberikan keamanan berlebih kepada biker, pabrikan berlogo ‘S’ telah menanamkan rem model cakram, baik di roda depan maupun roda belakang. Bedanya, jika roda depan mengusung dua kaliper, maka roda belakang hanya mengusung kaliper tunggal. Menariknya, Suzuki menggunakan rem keluaran Brembo, yang telah populer karena kualitas terbaiknya mengenai pengereman.

Beralih ke bagian jantung pacu, Suzuki GSX R150 menggendong mesin tipe 4-stroke, DOHC, 4 katup, pendingin cairan, silinder tunggal, berkapasitas 147,3cc. Dengan modal tersebut, sepeda motor ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 14,1 kW pada putaran 10.500 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 14 Nm pada putaran 9.000 rpm via transmisi manual 6 percepatan.

Pada awal tahun 2018 kemarin, Suzuki menghadirkan varian baru GSX-R150 yang hadir dalam Shuttered Key System. Pabrikan mengatakan bahwa varian baru ini merupakan permintaan dari konsumen yang berada di luar Jabodetabek, yang merupakan salah satu pasar penting untuk perusahaan.

Kemudian, di pertengahan 2018, Suzuki kembali menyegarkan tampilan GSX-R150 dengan mengusung ‘baju’ baru. Varian paling gres ini menerima pilihan warna atau stripping anyar, di antaranya titan black/rounge red casting wheels, met, triton blue, dan stronger red/solid black. Sementara, varian GSX-R150 yang didukung Shuttered Key System hadir dalam warna solid black dan stronger red/solid black. Berikut spesifikasi teknis Suzuki GSX-R150.

Dimensi2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda1.300 mm
Jarak Pijak ke Tanah160 mm
Tinggi Jok785 mm
Berat Kosong131 kg
Tipe Mesin4-stroke, water-cooled, DOHC, single cylinder, 4 valve, injection
Kapasitas Mesin147,3cc
Diameter x Langkah62 x 48,8 mm
Daya Maksimum14,1 kW @ 10.500 rpm
Torsi Maksimum14 Nm @ 9.000 rpm
TransmisiManual, 6-speed
StarterElektrik
Kapasitas Tangki11 L
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSwing arm
Rem DepanDisc
Rem BelakangDisc
Ban Depan90/80-17
Ban Belakang130/70-17
VelgCast

Harga Suzuki GSX-R150

Saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) menghadirkan varian GSX-R150 dalam dua varian, yaitu Keyless Ignition System dan Shuttered Key System. Berikut informasi terbaru harga masing-masing varian Suzuki GSX-R150.

Varian Suzuki GSX-R150Harga On The Road (Rp)Pilihan Warna
Keyless Ignition System29.150.000Titan Black-Reounge Red, Met Triton Blue, Stronger Red/Solid Black
Shuttered Key System30.150.000Solid Black, Stronger Red/Solid Black

Daftar harga Suzuki GSX-R150 di atas kami rangkum langsung dari situs resmi perusahaan. Harga di atas tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Baca juga  Update Harga Ban Sepeda Motor di Pasaran (All Merek)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi & Harga Suzuki GSX-R150, Sport Bike Ganas"