Spesifikasi & Harga Printer Epson LX-310 (Baru dan Bekas)

Meski saat ini sudah bertebaran varian yang lebih canggih, namun dot matrix masih saja diburu, terutama oleh bisnis dan kantor yang hanya membutuhkan perangkat untuk mencetak. Di pasaran sendiri, tidak sulit menemukan dot matrix karena sudah hadir dalam beragam dan tipe. Nah, salah satu model yang bisa Anda pakai adalah LX-310 karena punya harga yang cukup bersahabat.

Printer dot matrix Epson LX-310 (sumber: prelo.co.id)

Printer dot matrix Epson LX-310 (sumber: prelo.co.id)

Sebelum membahas mengenai Epson LX-310, tidak ada salahnya jika kita kulik sedikit mengenai printer dot matrix. Printer dot matrix adalah printer yang masih menggunakan pita untuk menampilkan output ke , sehingga hasil cetak perangkat tersebut agak kasar dan kurang bagus. Meski demikian, dengan memakai printer jenis ini, cetakan dapat langsung dirangkap dengan karbon sebab sistem cetaknya masih menggunakan sistem ketukan.

Berhubung menggunakan pita sebagai sumber warnanya, maka yang dapat dihasilkan pun tidak bervariasi. Printer hanya menyediakan hitam, biru, dan merah saja. Namun, jarang sekali yang dapat menggunakan ketiga ini secara sekaligus. Resolusi cetaknya juga masih sangat rendah, karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Cara kerja printer dot matrix ini adalah cetakan dihasilkan dari beberapa jarum atau pin kecil, yang dibariskan dalam suatu kolom, membentur suatu pita tinta dan memosisikan antara pin dan kertas, menciptakan titik pada kertas tersebut. Karakter disusun atas pola titik-titik dengan menggerakkan print-head secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil.

Pin atau jarum, terdapat di print-head tersebut, dengan panjang sekitar satu inci, dikemudikan oleh beberapa pendorong, memaksa masing-masing jarum menitik/menjepit pita tinta dan menutupi kertas pada suatu waktu tertentu. Kekuatan pada pendorong ini datang dari gelang kawat kecil (solenoid) yang diberi tenaga pada situasi tertentu, tergantung pada karakter yang akan dicetak. 

Meski terkesan lawas, namun printer dot matrix masih memiliki beberapa kelebihan. Printer ini punya harga yang jauh lebih murah dibandingkan printer jenis inkjet dan laser jet, dapat mencetak rangkap sekaligus, serta dapat mencetak untuk kertas yang lebar. Di samping itu, printer dot matrix juga tersedia dalam beragam warna, meski tidak selalu bisa digunakan pada saat yang bersamaan.

Review Epson LX-310

Kemasan Epson LX-310 (sumber: jualo.com)

Kemasan Epson LX-310 (sumber: jualo.com)

Jika Anda pelaku usaha atau bisnis kecil dan membutuhkan sebuah printer dot matrix, salah satu yang sering direkomendasikan adalah varian Epson LX-310. Ini adalah printer yang ditujukan perusahaan asal Jepang untuk menyasar pasar low-end hingga mid-end, berbeda dengan model Epson LQ-310 yang terutama ditujukan untuk kalangan high-end.

Epson LX-310 ini sudah dilengkapi dengan fitur input data 120 KB sehingga kecepatannya 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan printer dot matrix lainnya. Karena diutamakan untuk pangsa pasar mid-end, printer ini hanya dilengkapi head-print yang memiliki 9-pin. Namun sebenarnya, perbedaan antara printer 9-pin dan 24-pin tidak terlalu terlihat. Perbedaan hanya terjadi saat dipakai untuk mencetak gambar. Dari segi kecepatan, printer ini pun bisa mencetak 357 karakter per detik dan diklaim lebih cepat 40 persen dibandingkan printer dot matrix yang lainnya.

Selain memiliki kecepatan tinggi dan hasil print yang bagus, Epson mengatakan bahwa printer mereka tersebut memiliki reliabilitas sekitar 67 persen diatas tipe-tipe sebelumnya. Jadi, dengan kecepatan tinggi, hasil print yang bagus dan juga reliabilitas tinggi, printer ini bisa membantu back-office pada perusahaan secara efektif. Printer ini memiliki MTBF sebesar 10.000 POH, berbeda dengan model lama yang hanya memiliki MTBF sebesar 6000 POH.

Fitur menarik lainnya dari Epson LX-310 adalah mudah dioperasikan karena dilengkapi dengan driver yang bisa memudahkan untuk memakai printer tersebut. Selain itu, printer ini pun dilengkapi dengan 4 tombol pengaturan dan 5 di setiap operasinya. Epson pun mengklaim mereka ramah lingkungan. Printer ini dikatakan hanya menghasilkan panas sekitar 5 hingga 35 derajat Celcius dan hanya memiliki kelembapan sekitar 10 hingga 80 persen saat beroperasi. Selain itu, tenaga yang dibutuhkan pun relatif rendah dibandingkan printer-printer lain yang berada di kelasnya.

Spesifikasi Epson LX-310

Printer dot matrix Epson LX-310 (sumber: carousell.com)

Printer dot matrix Epson LX-310 (sumber: carousell.com)

Print MethodImpact dot matrix
Number of Pins in Head9-pins
Print DirectionBi-direction with logic seeking
Control CodeESC/P and IBM PPDS emulation
High Speed Draft 10/12/15 cpi347/357/390 cps
High Speed Draft Condensed 17/20 cpi383/298 cps
Draft 10/12/15 cpi260/312/223 cps
Draft Condensed 17/20 cpi222/260 cps
Draft Emphasized 10 cpi130 cps
NLQ 10/12/15/17/20 cpi65/78/ 55/47 56 cps
Paper SizeLength, Width, Thickness
Input Data Buffer128 KB
InterfaceBi-directional parallel interface (IEEE-1284 nibble mode supported)
USB 2.0 Full-Speed Serial
Ribbon Fabric Ribbon Cartridge (Black)
Control Panel4 switches and 5 LEDs
Rated VoltageAC 120V/AC 220 – 240V
Rated Frequency50Hz – 60Hz
Operating SystemMicrosoft Windows 2000/XP/7, Microsoft Windows Vista

Harga Epson LX-310

Tidak susah menemukan printer Epson LX-310 karena produk ini sudah dijual bebas di pasaran Tanah Air. Anda bisa membelinya di berbagai komputer, printer, atau bahkan situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, produk baru Epson LX-310 sekarang ditawarkan dengan harga berkisar Rp1.750.000 hingga Rp2.200.000. Namun, ada juga yang menjualnya dengan banderol Rp2,5 jutaan. Sementara, produk bekasnya dilepas dengan harga mulai Rp1 jutaan hingga Rp1,3 jutaan, tergantung dengan kondisi barang.

Baca juga  Update Info Syarat Pengajuan & Biaya EDC Bank Mandiri
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi & Harga Printer Epson LX-310 (Baru dan Bekas)"