Update Harga Keyboard Yamaha PSR S750 (Baru & Bekas)

Jika Anda berpendapat bahwa Yamaha merupakan salah satu merek populer di segmen roda dua, Anda memang ada benarnya. Namun, tidak hanya sepeda motor, produsen asal Negeri Sakura ini juga telah meluncurkan banyak jenis instrumen musik, termasuk keyboard. Keyboard buatan Yamaha pun telah hadir dalam beragam varian, salah satunya Yamaha PSR S750 yang sekarang dijual dengan harga belasan juta rupiah untuk produk baru.

Ilustrasi: Seseorang Memainkan Keyboard (credit: skoove)
Ilustrasi: Seseorang Memainkan Keyboard (credit: skoove)

Sekilas Tentang Keyboard

Sebelum membahas mengenai Yamaha PSR S750, kita kulik sedikit mengenai instrumen keyboard. Sejarah keyboard bisa ditarik mundur ke abad ke-14, ketika susunan deret yang chromatic (mencakup 12 nada) muncul di Eropa. Di awal kehadirannya, bilah-bilahnya masih dalam ukuran yang sangat lebar, sehingga tidak banyak nada harmoni yang bisa dihasilkan.

Bacaan Lainnya

Lalu, di abad ke-20, keyboard elektronik pertama kali muncul. Keyboard jenis ini pertama kali dipasarkan oleh Laurens Hammond di Amerika Serikat pada tahun 1935. Sejak saat itu, mulai berkembang instrumen yang sekarang ini bisa disebut sebagai “rajanya musik”. Suara orkes simfoni pun, dengan puluhan instrumen, bisa dihasilkan oleh satu buah keyboard saja.

Pada tahun 1962, seorang insinyur bernama Paolo Ketoff mengeluarkan instrumen yang disebut Synket. Alat ini menghasilkan musik eksperimental yang bagi pendengar awam tidak musikal. Dua tahun kemudian, di AS muncul alat musik yang diciptakan Donald Buchla dan satunya oleh Robert Moog. Alat Donald Buchla tidak menggunakan keyboard sebagai perangkat untuk memainkannya, melainkan dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan.

Baca juga  Komposisi dan Update Harga Permen Davos Semua Varian

Sementara, Robert Moog membuat alat yang menggunakan keyboard sebagai perangkat pengolahan. Di sisinya pun dipasang alat pengontrol yang konvensional seperti tombol putar untuk mengeraskan dan memelankan suara, maupun untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan. Ciptaan Robert Moog ini lebih memudahkan penggunaannya untuk mengalunkan musik tradisional dalam tatanan suara baru.

Meski demikian, baru di tahun 1980, synthesizer dapat mengeluarkan suara yang harmonis. Peralatan pertama yang terkenal adalah Yamaha DX-7 yang meluncur tahun 1983. Peralatan ini menggunakan pengembangan synthesizer dari zaman Robert Moog dengan frequency modulation synthesis yang dirancang oleh John Chowning dari Stanford University di Palo Alto, California.

Review dan Spesifikasi Yamaha PSR S750

Secara tampilan, Yamaha PSR S750 mirip dengan Yamaha PSR S950 dalam banyak hal, kecuali bahwa PSR S950 memiliki lebih banyak fitur. Misalnya, model ini memiliki lebih banyak suara, fitur suara, gaya, dan drum kit, serta dilengkapi dengan berbagai efek yang tidak ditemukan di PSR S750. Di samping itu, fitur yang dimiliki kedua keyboard berbeda dalam hal suara dan kemampuan.

Produk ini tidak seperti workstation 61 key kebanyakan. Kadang-kadang, workstation mengisi seluruh frame piano digital yang mungkin, dan bahkan, agak besar dan kuat. Untungnya, tidak demikian halnya dengan PSR S750, karena keyboard yang diperkecil dan teknik minimal pada papan membuatnya menjadi mesin kecil dan kompak, beratnya kurang dari 24 pon. Mesin ini adalah keyboard sempurna bagi siapa saja yang ingin membawanya ke suatu lokasi, yang banyak dilakukan orang dengan workstation. Anda tidak pernah tahu kapan inspirasi akan menghantam Anda, jadi bisa membawa-bawa mesin seperti ini sangat berguna.

Keyboard Yamaha PSR S750 (youtube: Kraft Music)
Keyboard Yamaha PSR S750 (youtube: Kraft Music)

Mesinnya sendiri adalah piano yang sangat sederhana, dan bahkan hampir memiliki tampilan vintage yang kental. PSR S750 muncul dalam satu warna, hitam, dan memiliki dua amplifier 15 Watt yang bekerja bersama dengan dua speaker ukuran 13 cm. Ada set display besar di tengah mesin, dengan sekumpulan dan sejumlah besar tombol serta label pengaturan. Sayangnya, tidak ada stand keyboard atau unit pedal yang terkait dengan PSR S750, karena piano digital ini memang tidak dirancang untuk itu.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Virbac Nutri-plus Gel untuk Kucing dan Anjing

Yamaha PSR S750 hadir dengan suara super articulation yang lebih sedikit, suara yang besar, manis, keren, dan hidup. Tidak ada fitur harmoni vokal dan input/efek mikrofon. Anda dapat memutar dan merekam file WAV, tetapi tidak untuk MP3, menggunakan perekam audio USB. Anda tidak dapat mengatur waktu peregangan atau pitch shift dan tidak ada fitur membatalkan vokal. Ada lebih sedikit memori internal dan tidak ada output video.

Meskipun memiliki banyak keterbatasan, namun Yamaha PSR S750 adalah keyboard yang hebat untuk kisaran harganya. Ini adalah keyboard yang tepat untuk One Man Bands atau siapa pun yang solo dan menginginkan suara band penuh yang kaya. Jika Anda mencari suara autentik, yang mengeluarkan semua nuansa alat musik hidup, keyboard ini pasti akan mengantarkan.

Ditambahkan ke dalamnya, ada teknologi Mega Voice Style yang menampilkan berbagai suara dan teknik seperti gitar dan slide finger bass, efek vokal, dan sebagainya. Penyertaan yang dilakukan begitu realistis dan dinamis ketika digunakan dalam Styles. Guitar-Enhanced Styles dengan Mega Voices mereproduksi suara chord sebenarnya dari pemain gitar, menambah realisme keseluruhan.

Baca juga  Update Harga Minyak Zaitun untuk Memasak

Yamaha PSR S750 juga hadir dengan konsol mixing, memungkinkan Anda untuk memadukan suara seperti sound engineer. Anda dapat menyeimbangkan dan menggunakan teknologi Digital Signal Processing (DSP) studio profesional Yamaha untuk mendapatkan suara sempurna yang Anda cari. Anda pun tidak terbatas pada apa yang terdapat di keyboard, berkat Voice & Style Expansion Yamaha yang dapat Anda beli secara terpisah.

Harga Yamaha PSR S750

Meski merupakan produk yang lumayan lama, tetapi tidak sulit mendapatkan keyboard ini di pasaran Indonesia. Di beberapa toko musik dan situs jual beli online, produk baru Yamaha PSR S750 saat ini ditawarkan dengan harga Rp10 juta hingga Rp11 jutaan di tahun 2021, naik menjadi Rp12,4 jutaan tahun 2022. 

Sementara, produk bekas mesin ini, bisa Anda dapatkan dengan harga mulai Rp7.120.000 hingga Rp9.700.000 tahun 2021, berubah menjadi Rp6 jutaan hingga Rp9 jutaan tahun 2022, tergantung kondisi barang. Sebagai perbandingan, tahun 2020, Yamaha PSR S750 dilepas Rp9,7 juta hingga Rp10 jutaan. 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *