Spesifikasi & Harga Jam Tangan Tissot 1853 PRS 516

Tissot merupakan salah satu merek jam paling terkenal di dunia dan telah berdiri sejak tahun 1853 silam. yang bermarkas di Le Locle, Swiss ini sendiri sudah menghadirkan banyak jam atau arloji, salah satunya model Tissot PRS 516. Hadir dalam beragam warna atau tipe, di pasaran Tanah Air, produk asli arloji ini sekarang ditawarkan dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Jam tangan Tissot 1853 (sumber: chrono24.com)

Jam tangan Tissot 1853 (sumber: chrono24.com)

Dilansir dari Wikipedia, Tissot didirikan pada tahun 1853 silam oleh Charles-Félicien Tissot dan putranya Charles-Émile Tissot di Kota Le Locle, di wilayah Neuchâtel di Pegunungan Jura, Swiss. Perusahaan ini kemudian memperkenalkan jam saku produksi massal pertama serta jam saku pertama dengan dua zona waktu pada tahun 1853 dan jam anti-magnetik perdana sekitar tahun 19290 atau 1930.

Charles-Emile Tissot berangkat ke Rusia pada 1858 dan berhasil menjual jam saku mereka di Kekaisaran Rusia. Perusahaan Tissot juga yang pertama kali membuat jam tangan dari plastik (Idea 2001 pada tahun 1971), batu (Alpine Granite RockWatch pada tahun 1985), dari mutiara (jam tangan Pearl pada tahun 1987), dan kayu (jam tangan Wood pada tahun 1988). Tissot bergabung dengan Omega pada tahun 1930 dan jam tangan Tissot-Omega dari era ini banyak dicari oleh para kolektor.

Nama Tissot benar-benar populer setelah menjadi pencatat waktu resmi berbagai ajang olahraga. ini adalah pencatat waktu resmi untuk kejuaraan dunia dalam bersepeda, sepeda motor, anggar, dan hoki es, serta digunakan untuk Piala Davis pada tahun 1957 dan ski lereng di Swiss pada tahun 1938. Perkenalan pertama Tissot sebagai pencatat waktu resmi adalah pada tahun 1938, ketika mereka menetapkan serangkaian balapan ski di Villars-sur-Ollon, dekat kampung halaman perusahaan di Pegunungan Jura.

Untuk acara-acara awal, stopwatch genggam cukup untuk menyediakan waktu resmi. Sekarang, Tissot bekerja dengan berbagai badan olahraga untuk mengembangkan sistem untuk menghasilkan timing yang lebih akurat untuk kejadian tertentu. Dalam bersepeda kompetitif misalnya, sensor ditempatkan pada sepeda dan track, yang kemudian dihubungkan oleh komputer untuk menyediakan timing track dan data kinerja.

Varian Jam Tangan Tissot

Seperti disampaikan di atas, Tissot telah menyediakan banyak tipe jam tangan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Untuk konsumen yang menginginkan jam tangan multifungsi, varian T-Touch bisa menjadi model yang menarik. Jam tangan model ini sudah dilengkapi beberapa seperti timer, alarm, kompas, kalender, dan berbagai menarik lainnya. Adanya alarm atau penghitung waktu mundur tentu akan berguna dalam aktivitas sehari-hari. Sementara, kompas dan pengukur ketinggian tempat sangat cocok untuk aktivitas olahraga di luar ruangan.

Ilustrasi: pria melihat jam tangan

Ilustrasi: pria melihat jam tangan

Bagi mereka yang baru saja mengenal merek Tissot, sebagai tatap awal, Anda bisa memilih model T-Classic. Sebagian besar jam tangan Tissot yang masuk dalam koleksi ini memiliki yang simpel, misalnya pada bagian indeks angka dan jarum jamnya. Di antara jam tangan Tissot, model ini adalah yang paling banyak dijual di pasaran karena desainnya yang klasik dan bisa dipakai, baik oleh pria maupun . Tak jarang, banyak yang menjadikannya sebagai jam tangan couple.

Jika Anda adalah wanita dewasa dan ingin terlihat lebih elegan, Anda bisa memilih T-Lady. Desainnya yang sederhana berpadu dengan warna emas akan menambah keanggunan Anda saat memakainya. Jenis strap yang bisa Anda pilih pun beragam, mulai dari hingga stainless steel. Warna dari jam tangan ini sendiri didominasi oleh warna emas, putih, silver, dan hitam yang menunjukkan warna elegan. Untuk wanita dewasa yang feminin, tersedia juga pilihan warna merah atau pink.

Di samping itu, tersedia juga koleksi T-Gold, yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin tampil berkelas. Model jam tangan yang masuk dalam koleksi ini adalah yang case-nya terbuat dari emas 18K dan kaca jam dari kristal safir yang anti-gores. Untuk model khusus wanita, jam tangan ini hadir dengan taburan hiasan berlian sehingga cocok juga digunakan sebagai hadiah peringatan hari istimewa. Jika sebagian besar koleksi jam tangan Tissot biasanya berada pada kisaran harga Rp10 juta, jam tangan dari koleksi T-Gold ini ada yang harganya lebih dari Rp30 juta.

Nah, untuk mereka yang aktif, koleksi T-Sport akan menjadi jam tangan yang oke. Koleksi jam tangan ini berpusat pada model tipe chronograph, dengan ciri khas desain yang sporty. Chronograph sendiri adalah kategori jam tangan yang dilengkapi fitur pengukur waktu, atau yang juga dikenal dengan stopwatch. Tersedianya pilihan warna yang cerah juga cocok untuk menemani Anda berolahraga di malam hari.

Salah satu varian yang termasuk dalam T-Sport ini adalah model Tissot PRS 516. Dikutip dari situs resminya, ini adalah jam tangan yang terinspirasi dari ketangguhan motor sport era 1960-an. Pemakai model Tissot PRS 516 dilengkapi dengan arloji yang mengintegrasikan inovasi pembuatan jam di Swiss untuk melengkapi elemen desain nostalgia. Berikut spesifikasi Tissot PRS 516.

Spesifikasi Tissot PRS 516

Jam tangan Tissot PRS 516 (sumber: reddit.com)

Jam tangan Tissot PRS 516 (sumber: reddit.com)

CollectionT-Sport
GenderGent
Case ShapeRound
Water ResistanceUp to a pressure of 10 bar (100 m)
Case material316L stainless steel
Dimension 42 x 42 x 12,1 mm
Case Options Ceramic bezel
Weight 191 gr
Crystal Scratch-resistant sapphire crystal with antireflective coating
StrapGrey, stainless steel
Jewels4
Battery Renata 394
EnergyQuartz

Harga Tissot PRS 516

Tidak sulit mendapatkan jam tangan Tissot PRS 516 karena produk ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko arloji maupun situs jual beli online. Khusus di dalam negeri, Tissot 1853 PRS 516 manual yang diklaim asli sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp6,3 juta hingga Rp6,6 jutaan untuk model baru. Sementara, varian automatic dijual dengan harga Rp7,5 jutaan.

Baca juga  Jenis & Harga Cat Rambut Matrix di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi & Harga Jam Tangan Tissot 1853 PRS 516"