Update Harga Cat Tembok ARIES (Semua Kemasan)

PT Avia Avian dikenal dengan produk-produk cat lokalnya yang dinilai mampu bertahan di persaingan bisnis cat di Tanah Air. Ada banyak produk cat tembok yang telah dirilis perusahaan ini ke pasaran dalam negeri, salah satunya ARIES. Diklaim sebagai cat tembok bermutu untuk segala macam ruangan, harga produk ini dapat dikatakan relatif terjangkau.

Ilustrasi: Produk Avian Brands (credit: Kontan)
Ilustrasi: Produk Avian Brands (credit: Kontan)

Sekilas Tentang Avia Avian

Berbicara mengenai produk cat tembok, PT Avia Avian dapat dikatakan sebagai salah satu nama utama. Lokasi pabriknya berada di Jl. Raya Surabaya-Sidoarjo KM 19, Desa Wadungasih, Buduran, Sidoarjo. Perusahaan ini didirikan oleh Tan Tek Swie (Soetikno Tanoko) yang beroperasi sejak tahun 1978. Pada saat itu, cat Avian dikenal sebagai cat lokal yang berani bersaing dengan cat yang didominasi pemain asing.

Bacaan Lainnya

Saat ini, jaringan kantor cabang Avian sudah mencapai kurang lebih 60 di seluruh Indonesia dengan total karyawan sekitar 4 ribu orang. Cat ini pun telah dijajakan di 40 ribu toko dari Sabang sampai Merauke. Varian produknya semakin lengkap, mulai dari cat tembok, cat kayu, lem, pipa, dan berbagai produk bangunan lainnya. Namun, cat masih menjadi produk andalan perusahaan.

Hingga kini, PT Avia Avian memang memfokuskan diri kepada produk segmentasi rumah tangga. Perusahaan tersebut bahkan tidak melirik pasar pengecatan produk selain rumah tangga, seperti mobil, kapal, pesawat, dan makanan kalengan. Menurut perusahaan, hal itu disebabkan konsumsi per kapita untuk cat di Indonesia dengan segmentasi terbesar adalah di sektor rumah tangga atau dekoratif. 

Baca juga  Info Terbaru Harga Kabel Fiber Optik per Meter dan per Roll

Di bawah Avian Brands, sudah ada banyak varian cat yang dirilis, salah satunya adalah cat tembok dengan ARIES. Dilansir dari situs resminya, cat tembok ARIES adalah cat tembok yang dapat digunakan di segala macam ruangan dan dapat digunakan pada segala jenis tembok, beton, panel GRC, eternit, dan lain-lain dengan harga yang diklaim ekonomis. 

Masih menurut referensi yang sama, keunggulan cat tembok ARIES adalah berbahan dasar air sehingga relatif aman untuk lingkungan, mudah diaplikasikan, lebih hemat, serta diklaim cepat kering. Cat tembok itu dinilai memiliki daya sebar luas, daya tutup yang baik, mudah dipakai, tahan terhadap serangan jamur dan lumut, dibuat tanpa merkuri dan timbal. Rekomendasi penggunaan adalah untuk segala jenis tembok, baik di dalam atau luar ruangan. Jenis permukaan yang bisa dilapisi oleh cat tembok adalah dinding atau tembok semen yang telah diplester halus, beton, maupun asbes. 

Ilustrasi: mengecat dinding (sumber: mywallworks.com)
Ilustrasi: mengecat dinding (sumber: mywallworks.com)

Spesifikasi Cat Tembok ARIES

Spesifikasi Keterangan 
Penampilan matte (tidak mengilap)
Warna sesuai dengan warna
Kekentalan @ 30 derajat Celcius 105-110 KU
Berat jenis @ 30 derajat Celcius 1,60 (kurang lebih 0,02 kg per liter)
Kadar padatan 60-70%
Ketebalan lapisan setelah kering 60 (kurang lebih 10 micron)
Ketebalan lapisan saat basah 92 (kurang lebih 10 micron)
Rekomendasi jumlah lapisan 2 lapis
Pengencer gunakan Avian yang bersih
Daya sebar teoretis 2-4 meter persegi per kilo per lapis, tergantung porositas permukaan, ketebalan lapisan cat serta jenis permukaan substrat
Cara aplikasi kuas, roll, atau spray
Baca juga  Update Harga Menu Kue di The Harvest Cake

Saat ini, cat tembok ARIES sudah tersedia dalam kemasan 5 kg dan 20 kg. Untuk harga, tergantung dari kemasannya dan berikut informasi harga cat ARIES di pasaran dalam negeri.

Harga Cat Tembok ARIES

Kemasan Cat ARIES Harga
Cat ARIES 5 kg Rp51.500
Cat ARIES Gold 4,5 kg Rp90.000
Cat ARIES 20 kg Rp167.500
Cat ARIES Gold Pail 18 kg Rp300.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga cat tembok ARIES di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, cat ARIES 5 kg yang semula dijual seharga Rp47 ribu, sekarang menjadi Rp51.500. Begitu pula harga cat ARIES Gold 4,5 kg yang naik dari Rp62 ribu menjadi Rp90 ribu.

Cat tembok Aries (instragram: @depo_bangunan_gunung_jati)
Cat tembok Aries (instragram: @depo_bangunan_gunung_jati)

Persiapan Aplikasi Cat Tembok ARIES

  • Pastikan permukaan kering dan bersih, bebas dari debu, minyak, cat yang terkelupas dan -bahan pengotor lainnya.
  • Hilangkan cat yang terkelupas atau sudah rusak sampai bersih.
  • Bersihkan jamur dan lumut dengan larutan kaporit 10 persen, kemudian bilas dengan air dan keringkan atau gunakan larutan fungicidal wash sesuai petunjuk.
  • Perbaiki kerusakan pada tembok, lubang atau retakan besar dengan adukan semen dan pasir.

Aplikasi Cat ARIES untuk Tembok Baru

  • Permukaan tembok harus kering sempurna (kadar air 17-19 persen) dan untuk kadar alkalinya pH kurang dari 9 atau biarkan tembok baru kering selama kurang lebih 28 hari di kondisi cuaca normal.
  • Beri satu lapis Alkali Resisting Primer sebelum aplikasi cat tembok ARIES.
  • Aplikasi cat ARIES untuk Tembok Bekas/Lama
  • Bila daya lekat dan kondisi cat lama masih baik, maka permukaan dinding bisa langsung dicat.
  • Bila cat lama mengapur atau sudah terkelupas, kerok habis cat lama, ampelas permukaan hingga rata.
  • Perbaiki retakan pada tembok dengan menggunakan sealant atau adukan semen dan pasir.
  • Beri 1 lapis Alkali Resisting Primer sebelum aplikasi cat tembok ARIES.
Baca juga  Info Manfaat & Update Harga Sensodyne Repair and Protect

Tips Penggunaan Cat ARIES

  • Pastikan produk telah diaduk dan tercampur secara sempurna sebelum digunakan.
  • Encerkan produk dengan menggunakan air sebanyak 10-20 persen.
  • Rekomendasi pengecatan: 1 kali Alkali Resisting Primer 2 kali cat tembok ARIES. 
  • Setelah dilakukan pengecatan, tunggu cat hingga mengering. Waktu kering sendiri tergantung ketersediaan sirkulasi udara, ruangan, ketebalan lapisan film cat, serta jumlah lapisan cat. Untuk kering sentuh sekitar 30 menit, sedangkan untuk kering sempurna sekitar 2-4 jam. Lalu, waktu kering untuk pengecatan lapisan berikutnya adalah 2-4 jam.

Supaya kualitas cat tetap terjaga, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah tertutup di tempat sejuk dan kering. Disarankan juga jauhkan dari sinar matahari langsung dan yang berlebihan. Jauhkan juga dari jangkauan anak-anak. Di samping itu, pastikan produk tertutup rapat selama penyimpanan.  Simpan dan gunakan jauh dari sumber panas, percikan api, atau nyala api. Hindarkan dari proses pendinginan, karena produk bisa menjadi kental. Simpan di area yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Masa simpan produk adalah selama 2 tahun dari tanggal pembuatan, dalam wadah asli dan tertutup.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *