Update Kisaran Harga Honda Grand Civic LX Bekas

No comment2875 views

Bagi Anda yang menggemari roda empat buatan Honda, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Civic. Ini merupakan salah satu sedan populer buatan pabrikan Jepang yang telah dirilis sejak tahun 1972 silam hingga sekarang. Dalam perjalanannya, Honda Civic hadir dalam beberapa generasi, salah satunya generasi keempat yang memuat Grand Civic LX berkapasitas 1.500cc.

Sekilas Tentang Honda Civic

Honda Civic merupakan kendaraan roda empat buatan Jepang yang pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 1972 silam. Model pertama Civic berupa coupe dua pintu, yang diikuti dengan versi hatchback tiga pintu yang dirilis September di tahun yang sama. ini secara umum menganut gerak roda depan, dengan yang diletakkan melintang, sehingga menyediakan ruang interior yang cukup lapang meski dimensi mobil terbilang kecil.

Honda Grand Civic - tekoupdate.blogspot.co.id

Honda Grand Civic - tekoupdate.blogspot.co.id

Generasi pertama Honda Civic mulai dipasarkan pada tahun 1973. Mobil ini membawa mesin empat silinder segaris, berkapasitas 1,2 liter, dan kala itu didesain untuk melawan mobil-mobil kompak keluaran AS. Selang tujuh tahun kemudian, Honda melepaskan generasi kedua Civic yang memiliki lebih besar dan membulat dibandingkan seri sebelumnya. Semua mesin Civic generasi ini menggunakan mesin CVCC dengan penambahan katup ketiga di tiap silinder.

Pada tahun 1984, perusahaan Negeri Matahari Terbit merilis generasi ketiga Civic, yang menggunakan mesin empat silinder seri D, berkapasitas 1.500cc, dengan CVCC. Di negara asalnya, diluncurkan juga Honda Civic Si dengan menggendong mesin DOHC berkapasitas 1,6 liter yang lebih bertenaga, juga perbaikan pada suspensi.

Honda Civic Generasi Keempat

Pada tahun 1987, Honda Civic secara signifikan didesain ulang untuk model tahun 1988. Suspensi kendaraan kini memiliki konfigurasi ulang radikal dengan suspensi double-wishbone di bagian depan dan suspensi independen di belakang, jarak sumbu roda meningkat menjadi 98,4 inci (250 cm), dan bodi didesain ulang dengan garis kerudung yang lebih rendah dan lebih banyak kaca, memberi sedikit daya tarik.

Suspensi depan menggabungkan pengangkut hub yang diperpanjang, sehingga lengan atas relatif pendek. Sementara, suspensi belakang adalah suspensi lengan trailing multi-link dengan link kontrol lateral atas dan bawah (dengan pegas/peredam penyangga yang dibawa pada link yang lebih rendah) di dekat garis as roda dan sebuah link lateral pendek untuk kendali kaki di depan poros utama. 

Honda Civic generasi keempat sendiri hadir dalam berbagai model. Model pertama adalah Honda Civic STD yang memiliki terendah dan interior, instrumentasi, output, serta transmisi mesin standar. ini hanya tersedia sebagai hatchback, dengan mesin D15B1, 16 katup, SOHC, dengan injeksi bodi port dual throttle, yang mampu meletupkan daya 75 HP. 

Varian lainnya adalah Honda Civic DX yang tersedia dalam model hatchback, sedan, dan wagon. Produk ini memiliki jok yang terbuat dari kain, power steering opsional, pembersih belakang (wiper belakang) opsional, jam opsional, cermin pintu penumpang opsional, dan penutup roda opsional. Mesinnya adalah tipe D15B2, 16 Valve, SOHC dengan output yang sedikit lebih tinggi, yaitu 92 HP.

Tipe selanjutnya yang termasuk generasi keempat Honda Civic adalah Grand Civic LX. Hanya tersedia dalam desain sedan, interior Grand Civic LX lebih tinggi, yang dilengkapi instrumentasi tachometer, jendela listrik, kunci pintu listrik, cermin pintu listrik, jam, dan penutup roda sebagai standar. Mesin yang dibawa sama seperti tipe DX, dengan transmisi manual lima percepatan, selain tersedia juga varian dengan transmisi otomatis empat percepatan.

Spesifikasi Grand Civic LX

Secara tampilan, Grand Civic LX membawa desain yang cukup populer di zaman tersebut, yaitu boxy. Pabrikan menghadirkan model ini dalam balutan bodi yang cenderung kotak, dengan garis-garis tegas, mulai depan, samping, hingga belakang. Meski sebenarnya tidak terlalu menarik, namun penampilan Honda Grand Civic LX masih dianggap keren oleh sebagian orang.

Saat itu, Grand Civic LX telah dilengkapi dengan sejumlah terdepan di zamannya, termasuk power windows, suspensi belakang yang mengusung double wishbone full independen, central lock, hingga spion elektrik. Karena itu, tidak mengherankan jika remaja di era pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an menggandrungi mobil yang satu ini.

Honda Grand Civic - commons.wikimedia.org

Honda Grand Civic - commons.wikimedia.org

Di bagian kabin, konsumen akan disuguhi suasana yang elegan. Desain dashboard minim lekukan, sama dengan sedan pembuka era 1990-an lainnya. Pada umumnya, tombol instrumen pengatur pendingin ruangan (AC) yang berada pada panel konsol diletakkan di bawah audio tape, namun tidak dengan kendaraan ini. Letak tombol tersebut berada di atas audio tape, di bawah kisi-kisi AC tengah. Meski tak lazim, konfigurasi tombol ini justru menguntungkan pengemudi karena lebih mudah dijangkau.

Sementara itu, untuk ruang dapur pacu, perusahaan Negeri Sakura telah membekali sedan ini dengan mesin kode D15B2, empat silinder segaris, 16 katup, SOHC, berkapasitas 1.500cc. Dengan modal tersebut, Grand Civic LX diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 92 HP pada putaran 6.000 rpm dan meraih torsi puncak di angka 119 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Saat ini, perusahaan asal Negeri Matahari Terbit memang sudah tidak lagi memproduksi varian Honda Grand Civic LX. Namun, apabila Anda berminat dengan mobil ini, Anda bisa mencari produk bekasnya di banyak situs jual beli mobil second. Berikut terbaru kisaran harga Honda Grand Civic LX bekas di pasaran.

Harga Honda Grand Civic LX

Tahun ProduksiHarga Bekas
1988Rp29.000.000 – Rp45.000.000
1989Rp29.000.000 – Rp36.000.000
1990Rp32.000.000 – Rp36.500.000
1991Rp24.000.000 – Rp50.000.000

Daftar harga Honda Grand Civic LX tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli mobil second dan situs jual beli online. Harga Grand Civic LX di atas dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Harga Honda Grand Civic LX bekas dipengaruhi oleh kondisi kendaraan serta kelengkapan surat mobil yang bersangkutan.

(Panca)

Baca juga  Update Harga Toyota Harrier Baru dan Bekas
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Kisaran Harga Honda Grand Civic LX Bekas"