Update Specs & Harga MINI Cooper Convertible (Semua Tipe)

Bagi Anda, para pencinta , pasti sudah tidak asing lagi dengan MINI Cooper. MINI Cooper bisa dikatakan sebagai salah satu mobil paling iconic di dunia. ini bahkan dianggap sebagai mobil kedua paling berpengaruh pada abad ke-20, setelah Model T. MINI Cooper sendiri hadir dalam berbagai varian, salah satunya adalah varian MINI Convertible, yang saat ini dijual dengan harga mulai USD 27.400 di pasar AS.

Sebelum membahas mengenai model MINI Convertible, kita kupas sedikit mengenai perjalanan mobil ini. MINI Cooper merupakan varian paling terkenal dari MINI, yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1961 hingga 1971. Model ini berasal dari ide John Cooper yang saat itu sedang mencari mobil penumpang yang memiliki pengendalian baik, di trek balap maupun rally. John Cooper pun tertarik dengan MINI. Sayangnya, kapasitas mobil ini (848cc) dirasa belum cukup kompetitif untuk digunakan di dunia balap.

MINI Cooper Convertible - minicooper-sketch.com

MINI Cooper Convertible - minicooper-sketch.com

Namun, John Cooper tak kehabisan akal. Ia lalu mengembangkan mesin A-series milik MINI sehingga mencapai kapasitas 997cc dengan karburator ganda dan disc-brake 7 inci. Beberapa tahun kemudian, spesifikasi ini disempurnakan dengan mesin 998cc khusus MINI Cooper dan karburator ganda dengan disc-brake 7,5 inci.

Pada tahun 1963, diluncurkan versi lain dari MINI Cooper, yaitu MINI Cooper S dengan kapasitas mesin 970cc, 1.071cc, dan 1.275cc. Varian dengan mesin 970cc dan 1.071cc sangat terbatas produksinya, sementara MINI Cooper S 1.275cc menjadi langganan pemenang rally-rally di seluruh dunia, termasuk Rally Monte Carlo edisi tahun 1964, 1965, dan 1967.

Spesifikasi MINI Cooper Convertible

Memasuki milenium baru, MINI semakin menunjukkan taji mereka di peta persaingan otomotif dunia dengan merilis beberapa model terbaru, salah satunya model New MINI Convertible. Mobil ini tampil lebih menjanjikan dengan desain baru yang agresif, lebih dinamis, stylish, namun tetap mengusung konsep praktis khas MINI.

Salah satu highlight mobil ini adalah mengusung atap yang bisa dibuka dan ditutup dengan lebih tenang dalam waktu 18 detik. Selain itu, volume bagasi bertambah luas 25 persen menjadi 215 liter. Sementara, telah disokong MINI Visual Boost layar sentuh 6,5 inci yang terintegrasi MINI Connected, konektivitas Bluetooth dengan USB, serta sensor parkir dan kamera mundur.

MINI Cooper Convertible setidaknya hadir dalam tiga varian, yaitu MINI Cooper Convertible Standard, MINI Cooper S Convertible, dan MINI John Cooper Works Convertible. MINI Cooper Convertible Standard dibekali dengan mesin berkapasitas 1,5 liter, 3 silinder, yang mampu menyemburkan tenaga 134 HP pada putaran 4.400 rpm, sedangkan model Cooper S Convertible didukung mesin berkapasitas 2 liter, 4 silinder, injeksi. Adapun varian MINI John Cooper Works Convertible, mendapatkan mesin berkapasitas 2 liter, 4 silinder, twin turbo, direct injection, dan sanggup memuntahkan daya 228 HP.

MINI Cooper Convertible - (Youtube: YOUCAR)

MINI Cooper Convertible - (Youtube: YOUCAR)

Nah, di tahun 2016 kemarin, generasi ketiga MINI Convertible hadir di pasaran global dengan membawa desain yang lebih baik dari sebelumnya. Mobil ini bisa dibilang sebagai ‘good to drive’, dengan interior kelas atas dan sejumlah mesin di bawah bonnet. Di tahun yang sama, kendaraan tersebut memperoleh penghargaan sebagai Convertible of the Year 2016 dari Auto Express.

Mobil ini sendiri memang memiliki harga yang cukup mahal, namun hampir tidak ada saingan yang menawarkan kesenangan terbuka dalam paket berukuran super-mini. Ada banyak pilihan personalisasi yang ditawarkan oleh , termasuk atap Union Jack, yang bisa menaikkan harga, namun itu pantas dengan fitur yang diberikan.

Seperti model hatchback terbaru, MINI Convertible edisi paling anyar ini adalah model yang terbesar dan paling luas yang pernah ada. Meski demikian, kendaraan ini juga memiliki rangkaian pembangkit listrik turbocharged yang hebat, yang otomatis telah meningkatkan daya serta disebutkan lebih irit dalam pemakaian bahan bakar.

Pesaing langsung untuk MINI Convertible memang lumayan sedikit, tetapi ada cukup banyak pesaing untuk penggemar open-source sporty dengan kapasitas dua tempat duduk seperti Mazda MX-5 atau Fiat melalui model gaya yang modis seperti DS3. Sementara, 500C dan VW Beetle convertible hadir untuk saingan yang lebih dewasa seperti VW Golf dan Audi A3 Cabriolets. Fiat dan Citroen hanya memiliki panel atap roll-back tentunya, sedangkan MINI dan lainnya adalah convertible penuh yang pasti lebih menyenangkan di hari yang hangat.

Seperti disampaikan di atas, MINI Cooper Convertible saat ini tersedia dalam tiga tipe. Masing-masing tipe masih dibagi lagi menjadi tiga varian, yakni Classic, Signature, dan Iconic. Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut kami sampaikan informasi terbaru harga semua varian MINI Cooper Convertible di pasaran global.

MINI Cooper Convertible - www.mini.co.uk

MINI Cooper Convertible - www.mini.co.uk

Harga MINI Cooper Convertible 

Tipe MINI Copper ConvertibleHarga Terbaru 
MINI Cooper Convertible Standard Classic28.900 dolar AS
MINI Cooper Convertible Standard Signature31.400 dolar AS
MINI Cooper Convertible Standard Iconic35.400 dolar AS
MINI Cooper S Convertible Classic 32.900 dolar AS
MINI Cooper S Convertible Signature35.900 dolar AS
MINI Cooper S Convertible Iconic39.400 dolar AS
MINI Cooper John Cooper Works Convertible Classic38.900 dolar AS
MINI Cooper John Cooper Works Convertible Signature 39.900 dolar AS
MINI Cooper John Cooper Works Convertible Iconic44.900 dolar AS

Ketika artikel ini ditayangkan kurs 1 dolar AS jika dirupiahkan setara dengan Rp14.00. Daftar harga MINI Cooper Convertible di atas kami rangkum langsung dari situs resmi MINI Cooper di AS. Perlu diingat, daftar harga MINI Cooper Convertible tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

(Panca)

Baca juga  Harga Mobil China Wuling di Pasar Otomotif Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Specs & Harga MINI Cooper Convertible (Semua Tipe)"