Spesifikasi dan Harga Terbaru Motherboard ASUS Crossblade Ranger

Papan induk, atau lebih populer dengan sebutan motherboard, adalah papan sirkuit tempat berbagai elektronik saling terhubung, seperti pada PC atau Macintosh. Untuk menyederhanakan penyebutan, motherboard biasa disingkat dengan kata “MOBO”.

Motherboard ASUS Crossblade Ranger - rog.asus.com

Motherboard ASUS Crossblade Ranger - rog.asus.com

Motherboard merupakan komponen utama pada PC atau karena pada perangkat ini, semua komponen PC disatukan. Bentuk motherboard sendiri seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat lalu lalang data. Motherboard juga menghubungkan semua komponen dan membuatnya bekerja sama sehingga berjalan dengan lancar.

Saat ini, sudah banyak merek motherboard di pasaran yang menawarkan berbagai keunggulan, salah satunya ASUS. ASUS sendiri sebelumnya sudah dikenal sebagai salah satu merek populer dalam dunia teknologi. asal Taiwan itu kerap merilis -produk elektronik berkualitas, seperti laptop atau notebook, smartphone, hingga motherboard ini.

Salah satu motherboard buatan ASUS yang cukup menarik perhatian khalayak umum adalah seri Crossblade Ranger. Piranti ini pertama kali diperkenalkan ke pasaran pada tahun 2014 lalu dan ditujukan untuk prosesor AMD APU (Accelerated Processing Unit) yang menggunakan soket FM2+. Kehadiran motherboard Crossblade Ranger ini tak terlepas dari dorongan pengguna AMD yang menginginkan motherboard gaming dari keluarga ROG.

Baca juga  Update Harga Cartridge Printer HP Deskjet 1010 (Black dan Tri-color)

ASUS Crossblade Ranger ini hadir dengan desain yang mirip dengan ASUS ROG Z97 Ranger dengan mengadopsi skema merah dan hitam yang menawan. Crossblade Ranger juga hadir dengan audio yang telah ditingkatkan, ROG Styling baru, ROG Front Base, enhanced power delivery, dan banyak lagi.

Untuk sektor audio, ASUS membekali Crossblade Ranger dengan SupremeFX dengan dukungan Realtek ALC1150 yang disokong fitur Sonic SenseAmp yang mampu mendeteksi headphone yang digunakan untuk menyesuaikan impedansi secara otomatis. Motherboard ini juga dibekali BIOS berbasis yang telah diperbarui dengan dukungan fitur over-clock otomatis maupun manual.

Di samping itu, motherboard ini juga menggunakan form factor ATX dan dilengkapi dengan 7 slot ekspansi, yaitu 2 PCIe 3.0 x16, 1 PCIe 2.0 x 16, 2 PCIe x1, dan 2 PCI. Empat slot DIMM disediakan untuk mengakomodasi penggunaan RAM DDR3 hingga kapasitas maksimal 64 GB. Sementara, untuk storage, ASUS menyediakan 8 port SATA III 6 Gb/s. Berikut umum ASUS Crossblade Ranger.

Baca juga  Update Harga Cartridge Printer HP Deskjet D1550 (Hitam dan Warna)
CPUAMD Socket FM2+
ChipsetAMD A88X
Memori4x DDIM Maksimal 64 GB DDR3
GrafisAMD Radeon R/HD8000/HD7000 Series
Multi-GPU SupportAMD 3-Way CrossFireX Technology
Slot Ekspansi2 PCIe 3.0 x16, 1 PCIe 2.0 x 16, 2 PCIe x1, 2 PCI
Storage8x SATA III 6 Gb/s
LANIntel I211-AT, 1x Gigabit LAN
AudioROG SupremeFX
OperasiWindows 8.1, Windows 8, Windows 7

Motherboard gaming canggih ASUS Crossblade Ranger ini sudah tersedia di pasaran sejak Agustus 2014 lalu. Saat ini, motherboard tersebut dijual di kisaran Rp1.985.000 hingga Rp2.667.000.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Terbaru Motherboard ASUS Crossblade Ranger"