Spesifikasi & Update Terbaru Harga Smartphone Sony Xperia Arc LT15i

Xperia Arc merupakan kelas menengah yang dihadirkan pertama kali pada tahun 2011 lalu. Ketika itu, cerdas asal Jepang ini sempat menjadi perbincangan banyak pencinta berbasis karena telah dibekali dengan sejumlah fitur yang menarik, dan juga yang cukup bersaing.

Arc LT15i (youtube: Tech Guy Charlie)

Secara tampilan, Xperia Arc LT15i tampil dengan bentuk memanjang, dengan dimensi 125 x 63 x 8,7 mm dan berat 117 gram. Smartphone ini telah dibekali dengan layar LED back-lite LCD berukuran 4,2 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel. Panel Xperia ARC menerapkan fitur multi-touch input dan telah disokong dengan pelindung layar scratch resistant surface, Sony Mobile BRAVIA Engine dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu fitur yang cukup memanjakan pengguna adalah hadirnya kamera belakang dengan resolusi 8 megapixel. Kehadiran kamera utama tersebut juga dilengkapi dengan fitur LED Flash, auto focus, video calling, image stabilization, Geo-tagging, touch focus hingga face/smile detection. Namun sayangnya, Sony belum membekali perangkat ini dengan kamera depan.

Untuk sektor jeroan, Sony Xperia Arc menggendong prosesor Snapdragon Scorpion Qualcomm MSM8255 berkapasitas 1 GHz dengan sokongan GPU Adreno 205. Sementara, sistem operasi dijalankan oleh Android v2.3 Gingerbread yang dapat di-upgrade ke v4.0 (Ice Cream Sandwich). Fitur-fitur lain yang tersemat pada smartphone ini adalah browser HTML dan Adobe Flash, Java, MMS, email, push email, IM, hingga kompas, proximity, dan accelerometer. Sementara, memori internal yang tertanam berkapasitas 320 MB dengan RAM 512 MB.

Kelebihan Sony Xperia Arc

  • Sony Xperia Arc memiliki layar dengan desain LED backlit berukuran 4.3 inch beresolusi 480 x 854 piksel yang membuat nyaman saat dipandang maupun digunakan.
  • Layarnya telah dilapisi pelindung berupa Scratch Resistant Glass serta Sony Mobile BRAVIA Engine yang mampu melindungi panel dari goresan-goresan yang tidak diinginkan.
  • Pada sektor dapur pacu, Sony membenamkan prosesor dengan clock speed 1,4 GHz Scorpion.
  • Disokong pula dengan kehadiran pengolah grafis dari Adreno 205 yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang baik.
  • Di sektor kamera, Sony membenamkan kamera beresolusi 8 MP yang dilengkapi dengan fitur auto focus serta LED Flash.
  • Pada media penyimpanan data, Sony juga telah membekali produk ini dengan memori internal seluas 1 GB.
  • Baterai berkapasitas 1500 mAh menjadi penguat daya pada smartphone ini, sehingga ponsel pintar ini diklaim mampu bertahan hingga 460 jam standby.

Kekurangan Sony Xperia Arc

  • Sistem operasi yang digunakan masih sebatas versi 2.3 Android Gingerbread.
  • Memori RAM yang digunakan hanya sebesar 512 MB saja.
  • Belum dibekali dengan kehadiran kamera depan.

Sony Xperia Arc

Sony Xperia Arc LT15i, kejernihan tangkapan kamera (sumber: e96.ru)

Tahun Rilis2011
BodyTipe layar: LED backlit LCD, capatitive touchscreen, 16M colors
Ukuran layar: 4.2 inci, 480 X 854 piksel
Dimensi: 125 x 63 x 8,7 mm
Berat: 117 gram
Jaringan2G GSM 850/900/1800, 3G HSDPA 900/2100, HSDPA 850/1900/2100/800
MemoriInternal: 320MB Storage, 512MB RAM
Eksternal: microSD, up to 32 GB
KameraPrimer: 8MP, 3264 x 2448 piksel
Fitur kamera: auto focus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection
Sekunder: No
Video:¬†[email protected]
DataSIM: mini SIM
WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, hotspot
Bluetooth : v2.1, A2DP
GPS : Yes, with A-GPS
Radio : Stereo FM radio with RDS
USB : microUSB v2.0
PlatformSistem Operasi : Android OS, v2.3 (Gingerbread), dapat upgrade ke v4.0 (Ice Cream Sandwich)
Chipset : Qualcomm MSM8255 Snapdragon
CPU: 1 GHz Scorpion
GPU : Adreno 205
FiturSensors : Accelerometer, proximity, compass
Messaging : SMS (threaded view), MMS, Email, Push email, IM
Browser : HTML, Adobe Flash
Java : Yes, via Java MIDP emulator
Baterai : 1500 mAh
Pilihan WarnaMidnight Blue, Misty Silver

Harga Sony Xperia Arc

Sony Xperia Arc - (Sumber: theunlockr.com)

Sony Xperia Arc - (Sumber: theunlockr.com)

Karena sudah tidak diproduksi lagi, mustahil untuk mendapatkan produk baru dari smartphone ini. Tetapi, Anda yang mengidamkan Xperia Arc tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda masih bisa mendapatkan model bekas dari ponsel cerdas ini di kisaran harga Rp650 ribu sampai Rp1 jutaan, tergantung kondisi barang.

Selain seri LT15i, Sony Xperia Arc juga memiliki seri lainnya yakni, Sony Xperia Arc S LT18i. Untuk bentuk dan ukuran, kedua smartphone ini memiliki dimensi dan berat yang sama. Oleh karena itu, Sony Ericsson tidak memberikan nama yang berbeda, melainkan hanya penambahan S, yang artinya mungkin adalah (S=Speed, smart), yang berarti Arc S tidak hanya cepat, tetapi juga lebih cerdas berkat suntikan OS yang lebih fresh.

Selain ukuran layar, yang digunakannya memang sama. Produk ini memiliki layar sentuh kapasitif 4,2 inci resolusi FWVGA 480 X 854 piksel berteknologi multi-touch serta mengusung Mobile BRAVIA Engine, yang terkenal akan ketajaman layarnya, terutama untuk mengakses fitur multimedia seperti foto dan video. Jenis layar yang digunakan keduanya adalah LED backlit LCD, bukan TFT lagi seperti generasi terdahulu. Meskipun sama, tidak selalu benar-benar sama, karena terdapat perbedaan yang nampak seperti interface-nya yang kelihatan lebih beragam dan lebih menarik.

Sementara, untuk kamera yang digunakan, masih sama dengan Arc lama, yaitu resolusi 8 megapixel, teknologi autofocus, dan lampu flash sampai lensa Xmor. Untuk merekam video, keduanya mampu menghasilkan kualitas HD 720p @30fps. Sebagai bonus, Arc S memiliki fitur 3D sweep panorama yang tidak dimiliki oleh Arc lama. Fitur ini fungsinya untuk memotret pemandangan luas sehingga tampak lebih bagus.

[Update: Panca]

loading...

Leave a reply "Spesifikasi & Update Terbaru Harga Smartphone Sony Xperia Arc LT15i"