Spesifikasi dan Harga Smartphone Lenovo P780 (Baru dan Bekas)

dengan operasi berbasis saat ini bisa dikatakan menjadi penguasa pasar gadget internasional. Sudah banyak cerdas berbasis Android yang telah dirilis ke pasaran oleh beberapa pabrikan, salah satunya Lenovo P780. Dibanderol dengan sekitar Rp1,1 jutaan untuk baru, produk ini dikatakan sebagai pintar dengan baterai berkualitas excellent.

Lenovo P780

Pabrikan asal Negeri Tirai Bambu diketahui pertama kali meluncurkan produk ini pada tahun 2013 lalu. Lenovo P780 bisa dikatakan sebagai penerus atau suksesor model Lenovo P770. Bedanya, jika produk Lenovo P770 “hanya” dipersenjatai dengan baterai 3.500 mAh, maka Lenovo P780 mengusung baterai dengan daya lebih besar, yaitu 4.000 mAh, yang diklaim mampu aktif stand by hingga 35 hari berkat Lenovo Smart Energy.

Lenovo P780 - blog.gsmarena.com

Lenovo P780 - blog.gsmarena.com

Ponsel dual on GSM-GSM itu pantas disebut perkasa karena dibekali baterai berkapasitas besar. Ketika digunakan, ponsel cerdas ini mampu bertahan hingga dua hari dua malam. Selama rentang waktu tersebut, smartphone selalu siaga dan koneksi internet berstatus aktif. Gadget ini juga digunakan untuk menelepon, menerima email, browsing, bermain game, serta menerima SMS.

Julukan pemberi tenaga juga disematkan pada Lenovo P780 karena perangkat ini ternyata dapat difungsikan sebagai power bank. Ponsel dengan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean tersebut sanggup mengisi ulang baterai dari smartphone lain, dengan sarana koneksi memanfaatkan kabel USB on the go yang disertakan dalam paket penjualan dan kabel .

Lenovo P780 sendiri memiliki ukuran dimensi 143 mm x 73 mm x 9,95 mm dengan berat yang hanya 176 gram. Handphone ini memiliki penutup baterai yang terbuat dari bahan logam. Jika penutup baterai tersebut dibuka, maka pengguna bisa melihat satu slot kartu microSD, dua slot kartu SIM berukuran mini, dan sebuah baterai. Tidak diketahui alasan Lenovo menyematkan baterai tanam pada perangkat ini, padahal ruang yang tersedia sangat memungkinkan untuk pemakaian baterai yang mudah dilepas dan dipasang (removable battery).

Lenovo P780 - www.tokopedia.com

Lenovo P780 - www.tokopedia.com

Nomor GSM yang diselipkan ke slot kartu GSM pertama dapat masuk ke jaringan 3G dan menikmati layanan HSPA 42 Mbps. Di samping itu, pengguna juga bisa jika ingin melakukan percakapan video (video call) via jaringan seluler. Sementara, nomor GSM di slot kartu SIM yang kedua hanya “diizinkan” berada di jaringan 2G. Karena itu, ketika dipakai untuk membuka internet, pengguna maksimal hanya dapat merasakan layanan GPRS atau EDGE.

Beralih ke bagian display, perusahaan asal Negeri Panda telah membekali smartphone ini dengan layar sentuh IPS berukuran 5 inch yang memiliki resolusi 1280 x 720 piksel. Sementara, di bagian jantung pacu, Lenovo P780 menggendong prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6589W yang memiliki clock speed 1,2 GHz serta dukungan memori RAM berkapasitas 1 GB. Dibandingkan seluruh ponsel Lenovo berprosesor MediaTek, penguncian lokasi P780 adalah yang tercepat dengan waktu selalu kurang dari satu menit.

Layaknya ponsel cerdas modern lainnya, Lenovo P780 juga telah dibekali dengan sepasang kamera. Kamera di sisi belakang mampu menghasilkan foto dengan resolusi 8 MP dan klip video dengan resolusi Full HD 1080p. Di kamera ini, tersedia puluhan efek yang bisa leluasa dicoba oleh pengguna. Foto maupun video yang dihasilkan kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat pun secara umum relatif bagus.

Sayangnya, khusus untuk video, ada satu kelemahan yang mengganggu. Jika saat merekam pengguna menggerakkan ponsel untuk membidik objek yang berbeda, proses pemfokusan ulang menjadi kurang cepat. Akibatnya, gambar yang dihasilkan sempat terlihat kabur selama hampir satu detik. Nah, semakin sering pengguna berpindah objek, maka semakin sering pula gambar tampak kabur.

Untuk kamera di bagian depan, Lenovo P780 memiliki kamera yang sanggup memproduksi foto berukuran 1.280 x 720 piksel atau setara dengan 0,92 MP. Jika pengguna ingin memfungsikannya sebagai perekam video, maka klip video yang akan dihasikan memiliki resolusi VGA atau 640 x 680 piksel.

Beberapa fitur menarik lainnya yang telah tertanam pada smartphone ini adalah Wi-Fi, Bluetooth, GPS, kompas, lampu senter, dan juga radio FM. Namun, berbeda dengan seri Lenovo P700i atau Lenovo P770, jika pengguna ingin mendengarkan siaran radio melalui perangkat ini, wajib menancapkan handsfree berkabel yang berfungsi sebagai antena. Berikut spesifikasi teknis Lenovo P780.

Tahun Rilis2013
SIM CardDual SIM (GSM-GSM)
Ukuran Layar5 inch, 1280 x 720 piksel (294 ppi piksel), multi-touch
Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Dimensi143 mm x 73 mm x 9,95 mm
Berat176 gram
AudioVibration, MP3, WAV ringtones, 3.5 mm jack audio, speaker
RAM1 GB
Memori Internal4 GB/8 GB
Memori EksternalMicroSD up to 32 GB
Sistem OperasiAndroid Jelly Bean 4.2.2
ProsesorChipset MTK 6589CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7GPU PowerVR SGX544
Jaringan Data3G (HSDPA, HSUPA), EDGE, GPRS
KonektivitasWireless 802.11 a/b/g/n (dual band), hotspot, Bluetooth V3.0 A2DP
Kamera Primer8 MP (3264 x 2448 piksel), autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, video record
Kamera Sekunder1,2 MP, video record
BateraiLi-Po 4.000 mAh up to 840 hours (stand by)/25 hours (3G)
FiturHTM, A-GPS,SMS, MMS, email, push mail, IM, RSS, Java emulator, FM radio, kompas, kalender, document viewer

Harga Lenovo P780

Ketika pertama kali dirilis ke pasaran Indonesia, Lenovo P780 ditawarkan dengan harga sekitar Rp2,9 jutaan. Saat ini, produk baru smartphone ini dijual di beberapa situs jual beli online dengan harga mulai Rp1.100.000 hingga Rp1,7 jutaan untuk model yang mengusung memori internal 8 GB. Sementara, produk bekasnya dipasarkan dengan harga mulai Rp400.000 untuk produk batangan hingga Rp1,05 jutaan untuk model yang lengkap dengan box-nya.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Telepon Satelit Byru R-910
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Smartphone Lenovo P780 (Baru dan Bekas)"