Spesifikasi dan Update Harga Prosesor Intel Core i7-3770 (Baru dan Bekas)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan prosesor. Ini merupakan penting yang harus ada di dalam perangkat komputer, dan bisa dikatakan sebagai otaknya komputer. Ada banyak varian prosesor yang telah dirilis di pasaran, salah satunya Core i7-3770 buatan . Prosesor yang memiliki empat inti (Quad Core) ini ditawarkan dengan sekitar Rp2,75 jutaan untuk produk baru.

Mengenal Prosesor

Sebelum membahas lebih jauh mengenai Intel Core i7-3770, kita sebaiknya mengetahui sedikit tentang prosesor. Prosesor atau CPU (Central Processing Unit) adalah komponen komputer sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dan bekerjasama dengan perangkat komputer lainnya. Satuan kecepatan dalam Prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (Giga Hertz) dengan semakin besar kecepatan suatu prosesor, maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses komputasi.

Prosesor Intel Core i7-3770 - powerbuy.asia

Prosesor Intel Core i7-3770 - powerbuy.asia

Prosesor berfungsi seperti kalkulator, hanya saja pemprosesan CPU lebih kuat. utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Secara umum, komponen prosesor atau CPU (Central Processing Unit) ini terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya . Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar-komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmetika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output.
  • Register, merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
  • ALU unit, bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa karena komponen ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmetika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmetika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.
  • CPU Interconnections adalah koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol, dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan lainnya, seperti memori utama dan juga peranti masukan/keluaran.

Spesifikasi Intel Core i7-3770

Prosesor ini pertama kali dirilis ke pasaran global pada kuartal kedua tahun 2012 lalu. Intel Core i7-3770 mengusung bentuk dan ukuran yang secara fisik tidak berbeda dengan generasi Sandy Bridge, yaitu masih menggunakan soket tipe LGA1155, tetapi memiliki kemampuan yang lebih mumpuni. Prosesor ini dilengkapi dengan frekuensi base sebesar 3,4 GHz dan dengan Turbo Boost, kecepatannya bisa dinaikkan sejauh 500 MHz menjadi 3,9 GHz.

Prosesor Intel Core i7-3770 - www.cpu-world.com

Prosesor Intel Core i7-3770 - www.cpu-world.com

Selain itu, dengan adanya teknologi Hyper Threading, prosesor ini mampu bekerja menjalankan delapan thread sekaligus. Hal ini tentunya sangat menguntungkan para pengguna, karena dengan begitu, kinerja CPU akan meningkat secara signifikan. Tidak lupa juga yang perlu diperhatikan adalah besaran cache L2, yaitu 1 MB, serta L3 yang sebesar 8 MB. Cache-cache yang besar ini memberikan peluang bagi prosesor untuk dapat bertukar data secara cepat tanpa harus melalui memori utama. Berikut spesifikasi teknis Intel Core i7-3770.

Jumlah Inti 4
Jumlah Untaian 8
Frekuensi Dasar Prosesor 3,40 GHz
Frekuensi Turbo Maksimal 3,90 GHz
Cache 8 MB SmartCache
Kecepatan Bus 5 GT/s DMI
TDP 77 Watt
Tersedia Opsi Terpasang Ya
Bebas Konflik Ya
Ukuran Memori Maksimal 32 GB (bergantung jenis memori)
Jenis Memori DDR3 1333/1600
Jumlah Maksimum Saluran Memori 2
Bandwidth Memori Maksimal 25,6 GB/s
Mendukung Memori ECC Tidak
Prosesor Intel HD Graphics 4000
Frekuensi Dasar Grafik 650 MHz
Frekuensi Dinamis Maksimal Grafik 1,15 GHz
Intel Quick Sync Video Ya
Intel InTru 3D Technology Ya
Intel Flexible Display Interface (Intel FDI) Ya
Intel Clear Video HD Technology Ya
Jumlah Layar yang Didukung 3

Harga Intel Core i7-3770

Saat ini, Intel memang telah menghentikan prosesor Core i7-3770. Namun, Anda masih bisa mendapatkan prosesor ini di beberapa toko komputer yang dijual dengan harga sekitar Rp2.750.000 hingga Rp3.900.000. Sementara, produk bekasnya ditawarkan dengan harga Rp2,2 jutaan.

Baca juga  Update Harga Cartridge Printer Canon PIXMA iP2770 (Hitam dan Warna)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Update Harga Prosesor Intel Core i7-3770 (Baru dan Bekas)"