Spesifikasi dan Update Harga Mixer Yamaha AG06

Selain terkenal dengan produk sepeda motor, Yamaha juga kerap merilis peralatan untuk , termasuk instrumen dan perlengkapan recording. Nah, salah satu piranti audio yang pernah diluncurkan Yamaha ke global adalah AG06. Di , produk baru perangkat ini sekarang dilepas dengan berkisar Rp2 jutaan.

Jika Anda belum begitu paham dengan mixer audio, ini merupakan peralatan sound system yang memiliki fungsi utama untuk mencampur dua atau lebih channel audio input menjadi satu kesatuan sistem penyuaraan. Perangkat yang satu ini sudah pasti ada di sebuah musik, terutama musik yang menawarkan jasa recording.  Dalam penggunaan yang lebih profesional, mixer lebih dikenal dengan sebutan professional audio desk mixing console, namun tidak sedikit juga yang menyebut piranti ini dengan nama FOH mixer.

Harga, mixer, yamaha, Ag, series, 06, 03, channel, fx, fungsi, peralatan, sound, audio, system, di, pasaran, model, seri, fitur, spesifikasi, preamp,

Mixer Yamaha AG60 (Yamaha Pro Audio)

Peralatan ini memiliki banyak pilihan tombol dan konektor yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Dalam kelengkapan sound system, khususnya sebuah audio mixer, terdapat urutan kolom yang berderet dari atas sampai bawah yang disebut channel. Pada urutan paling atas, terdapat jack input berupa XLR Female dan TRS (phone jack). XLR ini berfungsi untuk menancapkan jack microphone atau audio input. 

Sementara, pada urutan kedua, adalah gain sensitive, treble (level), middle (level), middle frequency, low frequency, low (level), AUX 1, AUX 2, panpot (balance center), dan volume (level) yang berbentuk 'potensiometer geser'. Rata-rata pabrik membuat mixer audio ini dengan jumlah minimal 4 channel microphone input (XLR jack), namun ada juga yang 12CH, 16CH, 24CH, 32CH, 48CH, atau bahkan 60 Channel. 

Sebuah audio mixer juga biasanya dilengkapi dengan LED display indicator. Fungsinya adalah untuk menunjukkan posisi sinyal suara, baik pada posisi master main output secara keseluruhan, atau dapat juga untuk melihat intensitas audio channel secara natural saat menekan tombol PFL. Apabila lampu menyala pada warna merah atau kuning, ini berarti kekuatan sinyal memberikan desakan input yang berlebihan pada power amplifier yang berakibat kurang baik pada speaker.

Spesifikasi Yamaha AG06

Di pasaran, sudah banyak produk mixer yang dijual dengan harga yang bervariasi. Bahkan, tak jarang pabrikan terkenal seperti Yamaha pun menawarkan beberapa produk mixer dengan harga yang kompetitif, seperti pada produk mixer Yamaha AG Series. Untuk seri yang satu ini, setidaknya sudah ada 2 model yang dapat dipilih oleh konsumen, yaitu Yamaha AG03 dan Yamaha AG06.

Pada seri AG ini, Yamaha mengintegrasikan produk dengan fungsi antarmuka perekaman USB. Keluaran ini dirancang secara khusus untuk kebutuhan aplikasi pencampuran audio pada umumnya. Perangkat serbaguna ini umumnya digunakan untuk berbagai keperluan seperti broadcasting, podcast, recording, serta music production yang dilengkapi dengan Preamp D-PRE khas Yamaha. 

Yamaha seri AG diklaim menawarkan perekaman dan pemutar audio beresolusi tinggi, 24-bit/192 kHz, serta kompabilitas bersama sistem iOS dan penggunaan baterai sebagai suplai daya utama. Salah satu utama dari Yamaha seri AG adalah saklar TO PC yang memungkinkan pengguna memilih input untuk dihubungkan kembali ke desktop atau perangkat iOS. 

Dengan memilih dry CH 1-2, memungkinkan unit komputer atau iOS merekam sumber suara yang ada pada saluran 1 dan 2. Sementara, saklar INPUT MIX menghubungkan semua saluran masukan langsung ke komputer atau perangkat berbasis iOS melalui koneksi data USB untuk aplikasi produksi musik pada umumnya.

Harga, mixer, yamaha, Ag, series, 06, 03, channel, fx, fungsi, peralatan, sound, audio, system, di, pasaran, model, seri, fitur, spesifikasi, preamp,

Mixer Yamaha AG60 (Yamaha Pro Audio)

Di sisi lain, fungsi LOOPBACK pada seksi TO PC disebut-sebut berguna untuk aplikasi podcast, merunut semua input ke saluran output stereo USB, bersama dengan input USB dari komputer. Hal ini membuat pekerjaan mencampur sinyal mikrofon, instrumen, dengan efek atau audio dari komputer ataupun perangkat berbasis iOS menjadi kian mudah. 

Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan setiap parameter dari suara secara real-time dengan antarmuka headset dan perangkat kontrol tanpa harus bergantung pada kontrol perangkat lunak. Ini mengingat kebanyakan antarmuka perekaman audio digital USB pada umumnya bergantung pada kontrol yang disediakan oleh perangkat lunak untuk mencampur ruting, efek, dan pemantauan.

Yamaha seri AG menghilangkan kebutuhan akan perangkat lunak tersebut dan memberikan fungsi routing yang mudah digunakan dan kontrol DSP (Digital Signal Processing) di panel depan. Dikombinasikan dengan resolusi audio 24-bit/192kHz, pengguna akan disuguhkan dengan sebuah perangkat pencampuran audio yang multifungsi. 

Mixer Yamaha AG06 juga dilengkapi dengan preamp mikrofon Yamaha D-PRE dan efek DSP built in, di samping masukan AUX untuk perangkat pemutar lagu eksternal dan port for switch untuk mengontrol efek. Kontrol volume headphone atau monitor juga turut disediakan. Tata letak mixer ini pun dirancang sedemikian rupa untuk membawa kontrol tersembunyi atau yang sulit ditemukan ke panel depan dengan fader, knob, dan saklar yang mudah dioperasikan. 

Yamaha AG06 pun menawarkan sebanyak enam saluran utama yang dioptimalkan untuk kebutuhan vokal dengan preamp D-PRE, saluran kedua untuk unit microphone lainnya atau gitar dan dua masukan stereo untuk atau sumber lainnya. Saluran yang kedua memiliki fitur 1-TOUCH AMP SIM DSP untuk menangani sinyal gitar secara khusus hanya dengan satu kali tekan.

Harga Yamaha AG06

Tidak sulit mendapatkan perangkat ini, karena Yamaha AG06 sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membeli mixer ini di berbagai toko instrumen musik, bahkan situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, Yamaha AG06 dalam kondisi baru sekarang dijual dengan harga berkisar Rp2,2 juta hingga Rp2,9 jutaan per unit.

(Panca)

Baca juga  Update Harga dan Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 700D Baru & Bekas
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Spesifikasi dan Update Harga Mixer Yamaha AG06"