Spesifikasi dan Harga Keyboard Yamaha PSR 3000

No comment 1075 views

Selain populer sebagai produsen sepeda motor berkualitas, Yamaha juga terkenal sebagai penghasil atau instrumen musik yang mumpuni. Ada banyak produk instrumen musik yang telah ditelurkan asal Jepang tersebut, salah satunya keyboard PSR 3000, yang saat ini dijual dengan harga yang cukup bersahabat di kantong.

Sejarah dan Pengertian Keyboard

Sebelum membahas mengenai Yamaha PSR 3000, kita kupas sedikit mengenai instrumen keyboard. Sejarah keyboard bisa ditarik mundur ke abad ke-14, ketika susunan deret kunci yang chromatic (mencakup 12 nada) muncul di Eropa. Di awal kehadirannya, bilah-bilahnya masih dalam ukuran yang sangat lebar, sehingga tidak banyak nada harmoni yang bisa dihasilkan.

Keyboard Yamaha PSR 3000 - www.tokopedia.com

Keyboard Yamaha PSR 3000 - www.tokopedia.com

Lalu, di abad ke-20, keyboard elektronik pertama kali muncul. Keyboard ini pertama kali dipasarkan oleh Laurens Hammond di Amerika Serikat pada tahun 1935. Sejak saat itu, mulai berkembang instrumen yang sekarang ini bisa disebut sebagai “rajanya musik”. Suara orkes simfoni pun, dengan puluhan instrumen, bisa dihasilkan oleh satu buah keyboard saja.

Pada tahun 1962, seorang insinyur Italia bernama Paolo Ketoff mengeluarkan instrumen yang disebut Synket. Alat ini menghasilkan musik eksperimental yang bagi pendengar awam tidak musikal. Dua tahun kemudian, di AS muncul alat musik yang diciptakan Donald Buchla dan satunya oleh Robert Moog. Alat Donald Buchla tidak menggunakan keyboard sebagai perangkat untuk memainkannya, melainkan dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan.

Sementara, Robert Moog membuat alat yang menggunakan keyboard sebagai perangkat pengolahan. Di sisinya pun dipasang alat pengontrol yang konvensional seperti tombol putar untuk mengeraskan dan memelankan suara, maupun untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan. Ciptaan Robert Moog ini lebih memudahkan penggunaannya untuk mengalunkan musik tradisional dalam tatanan suara baru.

Meski demikian, baru di tahun 1980, synthesizer dapat mengeluarkan suara yang harmonis. Peralatan pertama yang terkenal adalah Yamaha DX-7 yang meluncur tahun 1983. Peralatan ini menggunakan pengembangan synthesizer dari zaman Robert Moog dengan frequency modulation synthesis yang dirancang oleh John Chowning dari Stanford University di Palo Alto, California.

Spesifikasi Yamaha PSR 3000

Sebenarnya, PSR 3000 merupakan salah satu keyboard keluaran Yamaha yang tergolong lawas karena sudah dirilis ke global sekitar tahun 2004 silam. Mesin ini bisa dikatakan sebagai keyboard mid-range yang ditujukan untuk menggantikan posisi PSR 2100 keluaran pabrikan yang sama. Sementara PSR 2100 hanya mengalami perbaikan kecil sejak generasi PSR 2000, maka PSR 3000 merupakan langkah maju yang lebih besar.

Yamaha PSR 3000 mengalami revisi yang signifikan, terutama dalam hal desain, jika dibandingkan model sebelumnya. Produk ini sebenarnya pada dasarnya sama dalam hal gaya dengan model PSR 2000, namun mencakup banyak suara preset yang dapat ditemukan pada model Tyros serta suara Tyros Mega, yang memberikan audio yang lebih realistis dalam preset style.

Keyboard Yamaha PSR 3000 - www.tokopedia.com

Keyboard Yamaha PSR 3000 - www.tokopedia.com

PSR 2000 dan PSR 2100 memungkinkan pengguna untuk memuat style dari floppy disk secepat preset style. Ini memperluas style yang tersedia ke ribuan style, meskipun tidak semua pada saat yang bersamaan. Sebuah floppy dapat menyimpan sekitar 30 hingga 40 style, sehingga menempatkan floppy disk di keyboard memberikan akses instan ke preset style dan style pada floppy disk. Selain itu, memori pengguna dapat menyimpan tambahan 20 hingga 30 style.

Sementara, PSR 3000 tidak memiliki floppy disk. Sebagai gantinya, menyediakan slot untuk kartu SmartMedia, yang, dengan kapasitas 16MB, dapat menampung ratusan style tambahan. Tetapi, yang lebih penting lagi, PSR 3000 memperkenalkan port USB yang dapat menahan drive USB (atau flash) standar industri. Alat-alat kecil ini umum digunakan, dan relatif tidak mahal, serta dapat menampung ribuan style. Pengguna pun dapat mencabut drive dari PSR 3000, membawanya ke PC, di sana, dan salin banyak style, atau file PSR lainnya, ke atasnya karena akan cocok. Ini adalah lompatan besar ke depan.

Secara ringkas, dengan Yamaha PSR 3000, pengguna dapat memiliki semua style yang mereka butuhkan, langsung tersedia, dengan hanya menekan tombol. Ini, ditambah dengan suara dan style yang hebat di PSR 3000, telah membuat keyboard tersebut sangat populer tidak hanya untuk pengguna rumah, tetapi untuk para profesional di bidang musik.

Dalam sebuah ulasan, salah satu situs musik mancanegara mengatakan bahwa kemampuan keyboard Yamaha PSR 3000 61-key arranger workstation hanya dibatasi oleh imajinasi Anda. Pasalnya, dengan lebih dari 100 MB ROM, 128-note polyphony, dan array besar Sweet, Cool, dan Mega Voices, ini adalah alat kreativitas yang praktis dan tidak ada batasan.

Konektivitas komputer dan perluasan suara mudah dilakukan dengan hosting USB, konektor MIDI, dan slot SmartMedia. Koneksi langsung ke internet juga memungkinkan Anda mengunduh konten dengan mudah. LCD 320 x 240 piksel menampilkan semua serta skor dan lirik. Konektor video-out bahkan memungkinkan Anda menghubungkan monitor eksternal atau proyektor.

Fitur lain termasuk pemodelan organ dengan drawbars virtual plus 240 style, masing-masing dengan 3 intro, 3 akhir, 4 variasi, dan 4 pengisi per style. Sequencer 16-track (32 track via USB) merekam kreasi Anda, sedangkan penyimpanan Flash ROM berkapasitas 2 MB memberi Anda ruang untuk tumbuh, dan pitch bend serta roda mod memberi Anda banyak ekspresi kinerja.

Harga Yamaha PSR 3000

Saat ini, tidak sulit menemukan keyboard Yamaha PSR 3000. Sayangnya, karena merupakan produk lawas, mencari model baru keyboard ini memang tidak bisa dikatakan mudah. Di pasaran Tanah Air sendiri, cenderung lebih banyak yang menawarkan Yamaha PSR 3000 dalam kondisi bekas, dengan harga sekitar Rp4.000.000 hingga Rp6.250.000, tergantung kondisi barang.

Baca juga  Update Info Terbaru Daftar Harga Antena TV Indoor & Outdoor (All Merek)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Keyboard Yamaha PSR 3000"