Update Info Harga Keyboard KORG Pa700 (Baru & Bekas)

Bagi Anda yang menggeluti dunia musik, terutama instrumen , pasti sudah tidak asing lagi dengan merek KORG. Ini adalah satu brand keyboard yang cukup terkenal dan telah dipakai banyak musisi kelas dunia. KORG sendiri sudah merilis banyak tipe keyboard di pasaran Tanah Air, salah satunya model Pa700 yang saat ini ditawarkan di kisaran harga belasan juta rupiah.

Sebelum membahas mengenai keyboard Pa700 keluaran KORG, kita kulik sedikit mengenai alat musik ini. Sejarah keyboard bisa ditarik mundur ke abad ke-14, ketika susunan deret kunci yang chromatic (mencakup 12 nada) muncul di Eropa. Di awal kemunculannya, bilah-bilahnya masih dalam ukuran yang sangat lebar, sehingga tidak banyak nada harmoni yang bisa dihasilkan.

Ilustrasi: Seseorang Memainkan Keyboard KORG Pa700 (credit: festivalmangamania)

Ilustrasi: Seseorang Memainkan Keyboard KORG Pa700 (: festivalmangamania)

Kemudian, pada abad ke-16, muncul pembakuan tuts atau bilah. Ini berarti, nada diatonik bisa dicakup dalam lebar satu tangan, sehingga musik harmonik pun bisa dihasilkan. Pada perkembangan di abad ini, kunci atau bilah dengan warna putih dan hitam pun juga sudah diciptakan. Empat abad kemudian, keyboard pertama kali muncul. Keyboard jenis ini pertama kali dipasarkan oleh Laurens Hammond di Serikat pada tahun 1935. Sejak saat itu, mulai berkembang instrumen yang sekarang ini bisa disebut sebagai “rajanya musik”. 

Pada tahun 1962, seorang insinyur Italia bernama Paolo Ketoff mengeluarkan instrumen yang disebut Synket. Alat ini menghasilkan musik eksperimental yang bagi pendengar awam tidak musikal. Dua tahun kemudian, di AS muncul alat musik yang diciptakan Donald Buchla dan satunya oleh Robert Moog. Alat Donald Buchla tidak menggunakan keyboard sebagai perangkat memainkannya, melainkan dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan.

Sementara, Robert Moog alat yang menggunakan keyboard sebagai perangkat pengolahnya. Di sisinya pun dipasang alat pengontrol yang konvensional seperti tombol putar untuk mengeraskan dan memelankan suara, maupun untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan. Ciptaan Robert Moog ini lebih memudahkan penggunaannya untuk mengalunkan musik tradisional dalam tatanan suara baru.

Meski demikian, baru di tahun 1980, synthesizer dapat mengeluarkan suara yang harmonis. Peralatan pertama yang terkenal adalah Yamaha DX-7 yang meluncur tahun 1983. Peralatan ini menggunakan pengembangan synthesizer dari zaman Robert Moog dengan frequency modulation synthesis yang dirancang oleh John Chowning dari Stanford University di Palo Alto, California.

Jenis Keyboard

Berdasarkan fungsinya, keyboard bisa dibedakan menjadi empat macam, yaitu Arranger, Controller, Synthesizer, dan Workstation. Meski sekilas tampak sama, namun masing-masing varian tersebut memiliki spesifikasi dan fungsi tersendiri. Jenis Arranger misalnya, didesain dengan tujuan untuk menggantikan sebuah band secara keseluruhan.

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Keyboard (credit: mediashout)

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Keyboard (credit: mediashout)

Lain lagi dengan Controller, keyboard ini pada umumnya digunakan oleh music producer atau pembuat musik untuk mengontrol software komputer melalui MIDI. MIDI sendiri adalah paket data yang dikirimkan dari controller ke komputer, dan bukan merupakan sinyal/gelombang suara. Jadi, MIDI controller sendiri tidak dapat mengeluarkan suara apapun tanpa ada 'sound module' external seperti komputer. 

Kemudian, keyboard jenis Synthesizer pada dasarnya dibuat dengan satu tujuan yaitu “membuat” atau “memodifikasi” sound. Jadi, Synthesizer adalah keyboard yang mempunyai kemampuan terintegrasi untuk mengubah karakteristik suara/sound yang ada di dalamnya, menggunakan berbagai parameter dengan kemungkinan yang tidak terbatas. Secara umum, keyboard jenis ini dibagi menjadi dua, yaitu Synthesizer dan Virtual Analog Synthesizer.

Setelah itu, ada varian Workstation yang dirancang dengan tujuan untuk membuat musik. Umumnya, yang dikategorikan sebagai Workstation adalah keyboard yang memiliki sound module sendiri (serupa dengan Arranger), sequencer untuk membuat beat, kemampuan track layering, serta beberapa fitur tertentu yang mendukung proses pembuatan musik.

Spesifikasi KORG Pa700

Perangkat ini pertama kali meluncur ke pasaran Tanah Air sekitar akhir tahun atau awal 2018 lalu. Kala itu, KORG Pa700 dihadirkan bersamaan dengan varian KORG Pa1000. Produk ini sendiri dihadirkan untuk meneruskan model KORG Pa600 yang cukup sukses di pasar dalam . Meski demikian, varian terbaru tentunya dibekali dengan spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya.

KORG Pa700 memiliki banyak suara baru (menampilkan Defined Nuance Control untuk meningkatkan realisme) yang membuat pertunjukan tetap segar dan menarik, serta berbagai yang meluas dari genre musik dari seluruh dunia. Mengombinasikan ini dengan fungsi kinerja yang hebat, antarmuka pengguna yang intuitif, dan suara yang kaya, pengguna diklaim akan memiliki Arranger mereka yang tergolong profesional dan ‘banyak menuntut’.

Keyboard KORG Pa700 - www.korg.com

Keyboard KORG Pa700 - www.korg.com

Yang benar-benar baru adalah penambahan KAOSS FX, yang memberi Anda kontrol kreatif terhadap kinerja Anda. Dari perbandingan antara jenis variasi dan drum kit, pencampuran halus antara iringan suara, pembentukan kembali ritme yang terus berlangsung, hingga efek rekam jejak paling radikal yang digunakan oleh DJ yang tak terhitung jumlahnya, penundaan tape dan arpeggio, Anda dapat menambahkan ‘pencampuran cair’ ke style apapun atau MIDI song dengan bantuan fitur komposisi yang mudah digunakan. 

Varian Pa700 sendiri mengandalkan mesin suara EDS-X (Enhanced Definition Synthesis-Xpanded) canggih KORG, dan dilengkapi dengan lebih dari 1.700 suara siap pakai. Koleksi realistis ini menawarkan kumpulan besar keyboard klasik dan kontemporer, instrumen band dan orkestra, ditambah instrumen elektronik dan akustik, mulai techno sampai folk. Ini termasuk dua piano grand stereo multilayer baru (dengan damper dan resonansi tubuh), ditambah piano listrik dari KORG SV-1 Stage yang terkenal.

Berikut informasi harga keyboard KORG Pa700 dalam kondisi baru dan bekas di pasaran pada tahun 2021.

Harga KORG Pa700

Kondisi KORG Pa 700Harga
Keyboard KORG Pa700 BaruRp16.700.000 – Rp18.300.000
Keyboard KORG Pa700 Bekas (second)Rp13.500.000 – Rp14.800.000

Tidak sulit menemukan keyboard KORG Pa700 karena produk ini sudah dijual bebas di pasaran. Dengan spesifikasi yang terbilang mumpuni, harga perangkat ini memang tidak bisa dikatakan murah. Di beberapa toko alat musik dan situs e-commerce, KORG Pa700 pada 2020 dilepas dengan harga rata-rata Rp15,5 juta hingga Rp17,9 jutaan, tidak jauh berbeda dengan tahun 2019. Namun, ada pula yang menjualnya dengan banderol Rp23.750.000. Sementara, model yang sudah dalam kondisi bekas atau second pada 2020 ditawarkan di kisaran harga Rp13,75 jutaan sampai Rp17 jutaan, tergantung kondisi barang.

[Update: Dian]

Baca juga  Terbaru, Daftar Harga Reel Pancing Maguro (Berbagai Tipe)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Info Harga Keyboard KORG Pa700 (Baru & Bekas)"