Info Terbaru Harga Daihatsu Move (All Type)

No comment8856 views

Daihatsu Move adalah kei, diproduksi oleh produsen Jepang, Daihatsu, sejak Agustus 1995 hingga sekarang. Daihatsu Move ini dirancang untuk setinggi kompak seperti Wagon R. Daihatsu berhasil menjual 500.000 Move selama tiga tahun pertama produksinya. Kendaraan ini sendiri dibangun di atas sasis Daihatsu Cuore, namun dengan bodi yang lebih tinggi.

Spesifikasi Daihatsu Move

Daihatsu Move (sumber: modifikasi.com)

Daihatsu Move (sumber: modifikasi.com)

Generasi pertama Daihatsu Move meluncur dalam rentang tahun 1995 sampai 1999. Untuk pasar Jepang, mobil ini dijual dengan mesin berkapasitas 659cc, straight-three, sedangkan mesin ED20 berkapasitas 847cc tersedia untuk pasar ekspor. JDM disebut L600, atau L610 saat dilengkapi dengan penggerak empat roda, sedangkan ekspornya disebut L601.

Kemudian (pada tahun 1997), sebuah versi yang disebut Move Custom muncul. ini memiliki lampu depan yang lebih besar dan perawatan front-end yang lebih tradisional, dikombinasikan dengan tampilan keseluruhan yang lebih agresif. Selain itu, ada juga versi empat silinder dengan mesin 659cc dengan kode sasis L602, yang mampu meletupkan tenaga maksimal 64 PS.

Pada tahun 1999 sampai 2002, generasi kedua Daihatsu Move dengan kode L900 meluncur yang membawa sasis mirip dengan seri sebelumnya (L600). Kemudian, eksistensi kendaraan ini dilanjutkan dengan peluncuran generasi ketiga dalam rentang tahun 2002 sampai 2006 dengan membawa kode sasis L150 atau L160.

Di tahun 2006, pabrikan Negeri Matahari Terbit resmi merilis generasi keempat Daihatsu Move, tepatnya pada bulan Oktober. Kendaraan ini mengusung kode sasis L175 atau L185. Mesin non-turbo KF-VE dan transmisi continuously variable (CVT) tersedia pada model ini, memberikan kinerja akselerasi yang superior dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi, yaitu satu liter untuk jarak 23 km. Daihatsu Move terbaru ini juga merupakan salah satu dari sedikit mobil kei yang tersedia dengan airbag samping opsional (Honda Zest adalah yang pertama).

Lantas, pada akhir 2010, perusahaan otomotif Negeri Sakura memperkenalkan generasi kelima Daihatsu Move sebagai model 2011. Terdapat penyegaran desain minimal dari generasi keempat, dan juga kehadiran pilihan baru untuk sistem penghindaran tabrakan, yang juga merupakan yang pertama untuk varian kei car. Selain tersedia dalam mesin berkapasitas 660cc, Daihatsu Move generasi ini juga hadir dengan mesin berkapasitas 850cc dan 1.000cc yang ditujukan untuk pasar ekspor.

Selang empat tahun kemudian, tepatnya tanggal 12 Desember 2014, Daihatsu Move generasi keenam resmi meluncur di Jepang dengan membawa kode sasis L150 atau L160, sebagai model 2015. Generasi ini memiliki struktur bodi dengan kekakuan ringan, peningkatan sistem suspensi, dan sakelar kemudi mode power switching yang memungkinkan pengendara mengubah kontrol mesin dan CVT di sentuhan tombol.

Untuk kategori mobil mini, suspensi yang dibenamkan pada generasi anyar Daihatsu Move ini cukup baik dan getaran yang dirasakan pengendara begitu minim. Di samping itu, ban mampu menyerap daya gesek jalan sehingga perjalanan menggunakan kendaraan kompak ini juga terasa sangat nyaman. Di samping itu, meski tergolong mini car, namun kabin yang ditawarkan Daihatsu Move juga cukup lapang, begitu juga dengan posisi berkendara yang jauh lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Spesifikasi Daihatsu Move Custom

 

Daihatsu Move custom dipamerkan di ajang GIIAS (sumber: paultan.org)

Selain varian standar, Daihatsu Move juga meluncurkan model Move Custom yang memiliki tampilan mirip Alphard, seperti desain lampu depan, tarikan garis LED, dan tarikan bumper bawah yang membentuk huruf “X”. Hanya saja, kendaraan ini tidak mengikuti grille aneh milik Alphard terbaru dan menggantinya dengan grille dengan aksen chrome horizontal sebanyak 4 buah.

Daihatsu Move Custom terbaru juga telah dilengkapi dengan terkini, yang tidak kalah jika dibandingkan Fortuner. Kendaraan ini menggendong 6 buah airbags, hill start assist, stability control, traction control, dan autonomous brake yang bisa mengerem secara otomatis di bawah 30 km per jam, baik ketika maju maupun berjalan mundur.

Di bagian interior, kendaraan ini tampil dengan kabin dengan nuansa futuristik. Mulai dari tarikan gas yang tidak biasa, aksen-aksen pada dashboard yang lebih detail, hingga instrumen seperti speedometer, panel AC, dan head unit yang terasa mewah. Tidak berlebihan jika kemudian mobil ini cocok dibilang memiliki interior layaknya Alphard mini.

Lalu, di tahun 2017, Daihatsu Move generasi keenam memperoleh penyegaran, yang dihadirkan untuk model 2018. Kendaraan ini mendapat ubahan mulai bagian eksterior hingga interior. Kabin mobil dibuat lebih nyaman dan ergonomis untuk meski bertubuh mungil. Di bagian luar, dipasang bumper, lampu depan dan belakang anyar, serta daytime running light (DRL) LED.

Untuk urusan jantung pacu, pabrikan masih menggunakan mesin berkapasitas 660cc standar atau pun dilengkapi turbo. Sistem transmisi mobil mungil ini hanya tersedia dalam model CVT dengan kombinasi penggerak roda depan ataupun penggerak empat roda. Sayangnya, model teranyar ini hanya ditujukan untuk konsumen Negeri Sakura.

Spesifikasi Daihatsu Move Canbus

Daihatsu Move Canbus on the road (sumber: voxcar.com)

Pada semester kedua 2016 lalu, Daihatsu menghadirkan model Move Canbus yang kali ini ditujukan untuk konsumen wanita. Penampilan kendaraan mungil ini sangat lucu dan mampu memenuhi kebutuhan wanita modern. Daihatsu Move Canbus memiliki desain eksterior unik, dengan tidak adanya sudut yang tajam. Di samping itu, kendaraan ini juga memiliki lampu depan bi-angle LED dengan fungsi auto-leveling dan LED clearance lamp, LED fog lamp, lampu belakang kombinasi, dan power sliding door pada kedua sisi yang dapat diaktifkan melalui remote.

Daihatsu Move Canbus menggunakan format 5-seater, dengan jok penumpang memiliki kelebihan dapat diatur layaknya jok depan. Terdapat juga berbagai panel instrument untuk menaruh barang-barang kecil maupun besar. Sementara, di bagian bawah jok penumpang, terdapat laci tambahan yang dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang seperti sepatu, tas belanja, dan masih banyak lagi.

Untuk sektor jantung pacu, kendaraan ini dibekali dengan mesin berkapasitas 660cc terbaru dengan radius putar 4,4 m sehingga cocok digunakan pengemudi wanita. Di samping itu, mobil ini memiliki 2 tipe roda penggerak dengan tingkat konsumsi bahan bakar berbeda. Untuk front-wheel drive memiliki tingkat efisiensi bahan bakar 28,6 km per liter, sedangkan model all-wheel drive memiliki tingkat efisiensi bahan bakar 27,4 km per liter.

Harga Daihatsu Move

Daihatsu Move tampak belakang (sumber: cardomain.com)

Daihatsu Move tampak belakang (sumber: cardomain.com)

Tipe Daihatsu MoveHarga
Daihatsu Move L1.112.400 yen
Daihatsu Move L SA III1.177.200 yen
Daihatsu Move X1.209.600 yen
Daihatsu Move X SA III1.274.400 yen
Daihatsu Move X Limited SA III1.285.200 yen
Daihatsu Move X Turbo SA III1.350.000 yen
Daihatsu Move Custom X1.371.600 yen
Daihatsu Move Custom X Limited SA III1.490.400 yen
Daihatsu Move RS Hyper SA III1.625.400 yen
Daihatsu Move Canbus1.190.000 – 1.670.000 yen

Harga Daihatsu Move di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Ketika artikel ini ditayangkan, kurs 1 yen setara dengan Rp131,87. Perlu diketahui bahwa harga Daihatsu Move tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan perusahaan.

[Update: Panca]

Baca juga  Harga Daihatsu Gran Max Pick Up Bekas (Semua Tipe)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Daihatsu Move (All Type)"