Spesifikasi dan Harga Kamera Mirrorless Fujifilm XT20 di Pasaran

Fujifilm merupakan salah satu vendor ternama yang memiliki sejumlah produk yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Tak hanya kualitas saja, namun Fujifilm juga identik memiliki body yang unik. Seperti pada produk kamera yang terbilang baru, yakni Fujifilm X-T20.

Sejumlah tipe kamera hasil besutan Fujifilm dilengkapi dengan sensor kamera yang cukup memadai. Sama halnya seperti pada seri X-T20 ini. Kamera Fujifilm X-T20 merupakan kamera pembaruan dari kamera-kamera sebelumnya yang memiliki sensor kamera yang lumayan memadai untuk kegiatan fotografi sehari-hari.

Kamera Mirrorless Fujifilm Cocok Digunakan Saat Berwisata

Kamera Mirrorless Fujifilm Cocok Digunakan Saat Berwisata

Seperti halnya kamera highend Fujifilm, yakni Fujifilm X-T1, ataupun untuk versi murahnya, yakni Fujifilm X-T10, yang kemudian diteruskan dengan kamera X-T2, dan akhirnya X-T2 digantikan dengan kamera terbarunya, yakni Fujifilm X-T20. X-T20 merupakan kamera mirrorless kategori menengah yang diposisikan di bawah dua flagship Fujifilm, yakni X-T2 dan X-Pro2. Bentuk fisiknya relatif tidak berubah dibandingkan X-T10, tetap dengan nuansa retro yang terinspirasi kamera DSLR.

Kamera mirrorless ini membawa sejumlah pembaruan dari seri sebelumnya, salah satunya adalah peningkatan sensor kamera yang sebelumnya hanya memiliki resolusi 16 megapixel, namun X-T20 dibekali dengan resolusi sebesar 24MP. Tidak hanya itu, pembaruan juga terletak pada autofokus dengan 325 titik AF yang sebelumnya hanya 49 titik autofokus yang ada di X-T10.

Selain itu juga dilengkapi dengan 5 skenario AF-C, serta didukung dengan video 4K, ditambah dengan touch screen yang mana tidak dimiliki oleh seri XA2 maupun XA3. Antarmuka layar sentuh ini juga bisa digunakan untuk navigasi foto dalam mode playback, termasuk dengan melakukan gestur pinch to zoom layaknya smartphone, serta sapuan ke kanan dan ke kiri untuk berpindah foto. Serta hadirnya fitur simulation ACROS pada kamera Fujifilm X-T20 membuat kamera ini semakin tepat untuk dipilih para pecinta fotografi.

Untuk mengambil gambar, kamera murah ini menawarkan dua mode yang bisa Anda pilih, yakni mode manual yang membuat Anda lebih bisa mengatur berbagai setting sesuai kebutuhan, dan memungkinkan Anda mencapai hasil yang luar biasa. Mode manual ini juga terasa lebih mudah digunakan karena dibarengi dengan desain yang kompak dan ringan, dengan beragam pengaturan yang lebih mudah dijangkau tangan penggunanya.

Selain mode manual, ada juga mode auto yang bisa Anda manfaatkan. Dengan menggunakan mode auto ini pengaturan pengambilan gambar akan  dilakukan oleh mirrorless X-T20 secara cepat dan cerdas sesuai dengan kebutuhan. Karena telah terdapat preset di dalamnya, maka proses pengambilan gambar dengan kamera ini memakan waktu yang sangat singkat dan terasa lebih mudah tanpa mengurangi kualitas hasil foto dari kamera itu sendiri.

X-T20 juga disokong dengan sensor APS-C X-Trans CMOS III yang beresolusi 24,3 megapixel. Sensor tersebut juga ditunjang dengan prosesor terbarunya yang menawarkan kinerja lebih cepat. Untuk waktu startup X-T20 hanya membutuhkan waktu sekitar 0,4 detik dan jarak antar setiap jepretan foto yang dihasilkan sekitar 0,25 detik. Sensor X-Trans menjadi telah menjadi bagian dari kamera-kamera Fujifilm seri X. Tapi X-T20 mendapat sensor teranyar dengan resolusi 24 megapixel. Peningkatan yang cukup menggiurkan dibandingkan generasi sebelumnya dengan resolusi 16MP. Sedangkan rentang ISO dalam mode Auto tersedia dari ISO 200-12.800 dan dapat diperluas hingga ISO 100 dan ISO 51.200.

Kemudian, prosesor yang digunakan X-T20 adalah prosesor yang sama dengan X-T2. X-Processor Pro menawarkan kecepatan autofocus yang lebih baik, termasuk jeda waktu shutter dan jeda antara pemotretan. Waktu menyalakan kamera juga menjadi lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor ini juga memungkinkan pemotretan continuous hingga 8fps.

Dengan bentuk kamera yang terbilang nyaman di genggaman, seri X-T20 ini mengusung lensa kamera yang super besar dan ditunjang dengan berbagai fitur pendukung seperti autodetect focus serta penyempurna gambar dengan hasil jepretan yang lebih natural. Kemudahan juga semakin terasa karena X-T20 menghadirkan layar LCD dengan kualitas dan resolusi tinggi pada produk kamera andalannya ini.

Dengan kamera mirrorless Fujifilm X-T20 yang terjangkau, mulai Rp12 jutaan , sudah bisa memanfaatkan  fitur LCD yang bisa diputar dan membantu dalam berbagai mode pengambilan gambar ataupun perekaman video. Kualitas tinggi yang dibawa layar mirrorless X-T20 murah tersebut membuatnya tetap bisa dilihat dalam kondisi luar ruangan yang sangat terang sekalipun.

Fujifilm XT20 - (Sumber: engadget.com)

Fujifilm XT20 - (Sumber: engadget.com)

Untuk pengaturan ISO, XT-20 menawarkan pengaturan ISO maksimum hingga 12800. Lebih baik dari X-T10 yang hanya ISO 6400. Kemampuan rekam videonya juga lebih baik dengan mendukung perekaman video hingga resolusi 4K di 30fps. Fitur lain yang ditawarkannya antara lain, efek simulasi film termasuk Grain Effect, intervalomater terintegrasi, WiFi dan shutter elektronik yang senyap hingga 1/32000s. Fujifilm X-T20 ini tersedia dalam pilihan warna hitam dan silver.

Kamera Mirrorless Fujifilm XT-20

Baca juga  Harga Freezer Sharp 4 Rak dan 6 Rak (Baru dan Bekas)
Sensor APS-C CMOS X-Trans III 24 megapixel
Prosesor X-Processor Pro2
ISO Auto, 200-12800 (expands to 100-51200)
AutofokusContrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Layar Tilting, layar sentuh 3 inci 920.000 titik
Jendela BidikElektronik OLED
Video3840 x 2160 (29.97p, 25p, 24p, 23.98p), 1920 x 1080 (59.94p, 50p, 29.97p, 25p, 24p, 23.98p), 1280 x 720 (60p, 50p, 30p, 25p, 24p)
Kartu MemoriSD / SDHC / SDXC (UHS-II compatible)
Dimensi 118 x 83 x 41 mm
Bobot 383 gram

Produk kamera mirrorless Fujifilm XT20 tersedia di pasaran Indonesia sejak Februari 2017 lalu. Banderol harganya dipatok di kisaran US$ 899 atau sekitar Rp12, untuk versi body only, Rp14,5 juta untuk versi kit dengan lensa Fujinon XC 16-50 mm F3.5-5.6 OIS II (termasuk bonus lensa pancake XF 27 mm F2.8), dan Rp17 jutaan untuk versi kit dengan lensa Fujinon XF 18-55 mm F2.8-4.0 OIS (termasuk bonus lensa pancake XF 27 mm F2.8).

Baca juga  Update Harga Lampu LED Strip di Pasaran (Beragam Tipe)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Kamera Mirrorless Fujifilm XT20 di Pasaran"