Berbicara mengenai mobil MPV (multi purpose vehicle), nama Honda Freed jelas tidak boleh ketinggalan. Pasalnya, sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 silam, mobil ini memang menuai kesuksesan di pasar otomotif Indonesia, khususnya di segmen high-end MPV.
Kesuksesan Honda Freed memang tidak diragukan lagi. Pasalnya, mobil ini hadir dengan kombinasi menarik, yaitu kenyamanan mirip Honda Jazz dan tingkat fungsionalitas pada Freed. Selama bertahun-tahun, mobil ini pun menjadi primadona di level MPV kelas atas.
Secara tampilan, eksterior mobil ini memang langsung memancarkan citra MPV kelas atas dengan desain bodi yang iconic. Freed mampu mendobrak kebiasaan desain MPV yang kebanyakan berbentuk elips. Sisi fascia depan, Freed masih tetap mempertahankan konsep lamanya, namun dengan beberapa sentuhan baru, salah satunya desain lampu utama berbentuk sipit yang didesain melengkung ke bagian dalam dan disatukan oleh front grill melengkung yang terdiri dari tiga baris.
Bergerak ke samping, sliding door tetap menjadi ikon utama Honda Freed pada bagian eksterior. Sisi samping Freed juga tetap mempertahankan desain kaca jendela yang memiliki garis-garis tegas. Pada bodi samping, juga masih ada aksen gelombang yang melintang dari ujung depan ke ujung belakang.
Sementara di sektor belakang, mobil ini tampil atraktif dengan konsep lampu tegak dengan sedikit bulatan. Pada pintu belakang yang bisa dibuka ke atas, juga disertakan aksen grill minimalis melintang berwarna metalik. Bodi belakang mobil ini makin cantik dengan adanya stop lamp berdesain stunning tail light.
Pindah ke interior, Freed dilengkapi fitur lengkap dan canggih, seperti konsep In-Dash-Shift-Knob Lever pada dashboard sehingga mengemudi akan menjadi lebih mudah, leluasa, dan terasa lapang. Selain itu, panel instrumen sudah disokong multi information LCD yang memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar, suhu, jarak tempuh, atau sisa bahan bakar.
Sementara untuk sektor jantung pacu, pabrikan membekali mobil ini dengan mesin berkapasitas 1.497cc, SOHC, silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + BWC + TBR. Dengan dukungan sistem bahan bakar PGM-FI, mobil ini mampu menumpahkan tenaga 87 kW pada putaran 6.600 rpm dan torsi puncak 146 Nm pada putaran 4.800 rpm.
Di Indonesia, Honda Freed hadir dalam dua model, yaitu Honda Freed S dan Honda Freed E. Honda Freed S dibanderol dengan harga Rp273.300.000, sedangkan model Freed E dilepas dengan harga mulai Rp294.300.000. Sementara untuk produk bekas, saat ini Honda Freed dijual di kisaran harga Rp160 jutaan.
Berikut spesifikasi teknis Honda Freed.
Panjang x Lebar x Tinggi |
4.215mm x 1.700mm x 1.740mm |
Jarak Sumbu Roda |
2.740 mm |
Kapasitas Bahan Bakar |
42 liter |
Suspensi Depan |
MacPherson Strut |
Suspensi Belakang |
H-Shape Torsion Beam |
Rem Depan |
Ventilated Disc |
Rem Belakang |
Drum |
Ukuran Ban |
185 / 65 R15 |
Tipe Mesin |
SOHC, silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW + TBR |
Isi Silinder |
1.497cc |
Diameter x Langkah |
73,0 mm x 89,4 mm |
Daya Maksimum |
87 kW @ 6.600 rpm |
Torsi Maksimum |
146 Nm @ 4.800 rpm |
Sistem Transmisi |
A/T |