Specs dan Update Harga Epson L565 (Baru dan Bekas)

Epson menjadi salah satu merk printer yang dipakai oleh banyak orang. Pasalnya, printer asal Jepang tersebut diklaim memiliki ketangguhan dan keunggulan untuk mencetak tulisan atau gambar. Di pasaran Indonesia, Epson sudah merilis banyak varian printer. Jika Anda membutuhkan printer dengan koneksi Wi-Fi, Epson menawarkan seri L565 dengan harga berkisar jutaan rupiah per unit.

Harga Epson L565 - sg.carousell.com
Harga Epson L565 – sg.carousell.com

Apa Itu Printer?

Sebelum membahas mengenai Epson L565, tidak ada salahnya jika kita kupas sedikit mengenai printer. Dikutip dari Wikipedia, printer merupakan piranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas. Printer ini biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray) atau tempat menaruh kertas. Selain itu, ada atau tinta bubuk (toner), kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk, serta colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer di bagian belakang pencetak.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, pencetak saat ini sangat banyak macamnya, salah satunya kombinasi mesin pencetak multifungsi dengan memiliki fitur yang lengkap dari berbagai aspek di luar fungsi utamanya sebagai alat pencetak. Pencetak multifungsi ini memiliki tambahan berupa scanner dan juga penyalinan yang memang disediakan untuk tambahan fitur printer. Selain itu, ada juga pencetakan baru yang dapat membuat cetakan dengan bentuk 3 dimensi yang terlihat lebih nyata dan berbentuk, salah satu printer terbaru saat ini yang selalu memberikan fasilitas lebih untuk semakin mempermudah para pengguna, baik itu digunakan perorangan di rumah atau kelompok seperti di kantor.

Baca juga  Update Harga Kain Abutai (per Kg dan per Meter) di Pasaran

Sementara itu, untuk printer laser jet, dikatakan memiliki kualitas dan kecepatan mencetak yang lebih baik dari inkjet. Printer ini tidak menggunakan tinta, melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetak menggunakan infra merah. Kecepatan mencetaknya minimal dua kali lebih cepat dari printer ink jet. Kualitas hasil cetakan yang dihasilkan juga cukup tajam. Printer laser ini cocok digunakan bagi pengguna dengan frekuensi mencetak yang tinggi seperti di kantor.

Printer laser jet memiliki beberapa kelebihan, yaitu dpi & PPM yang sangat tinggi, lebih efisien untuk mencetak hitam putih, kapasitas warna printer laser juga lebih banyak dibanding dengan printer indoor lainnya, serta kemampuan mencetak yang sangat cepat. Namun, printer ini juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya tidak dapat digunakan secara terus-menerus dan biaya operasional yang cukup tinggi.

Review Epson L565

Di pasaran Tanah Air, salah satu merk printer yang banyak dipakai, termasuk oleh pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran, adalah Epson. Ini adalah perusahaan multinasional asal Jepang yang telah menghasilkan berbagai macam produk elektronik, termasuk Epson. Pertama kali didirikan pada tahun 1942, brand yang berbasis di Suwa, Nagano ini kemudian berekspansi ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Indonesia tampaknya menjadi pasar yang istimewa bagi Epson. Pasalnya, Indonesia dijadikan basis produksi printer mereka. Perusahaan sendiri mengklaim, untuk printer dot matrix, mereka adalah nomor satu dengan market share lebih dari 95 persen. POS (point of sales) printer seperti yang digunakan di kasir, tempat parkir, bank passbook, juga meraih market share tinggi, yakni 70 persen. Sementara itu, untuk printer inkjet, market share mereka berkisar 28 persen.

Review Epson L565 - www.olx.co.id
Review Epson L565 – www.olx.co.id

Menurut perusahaan, sejak tahun 2001 silam, mereka telah menyadari bahwa masyarakat Indonesia cenderung mulai banyak yang membutuhkan printer sistem karena alasan ekonomis dan tidak terlalu sering isi ulang tinta. Karena itu, Epson pun menghadirkan printer sistem infus original untuk menjawab tuntutan pasar sekaligus memberi jaminan kualitas mengingat banyak printer infus yang merupakan hasil rekayasa pihak ketiga.

Baca juga  Info Terkini Harga Keyboard KORG Pa700 (Baru & Bekas)

Sejak diluncurkan tahun 2010 lalu, produk printer ink tank Epson dikatakan telah meraih pangsa pasar mencapai 25 persen. Kemudian, pada kuartal akhir tahun 2012, market share mereka bertambah menjadi 40 persen. Epson sendiri memang berambisi menguasai pasar hingga lebih dari 55 persen sehingga menempatkan mereka sebagai produsen printer nomor wahid di dalam negeri.

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, perusahaan telah merilis banyak varian printer dan salah satu dikatakan cukup canggih adalah tipe Epson L565. Produk ini disebut demikian karena merupakan perangkat cetak dengan fitur paling lengkap di jajaran L Series terbaru lainnya. Tidak mengherankan jika kemudian Epson L565 menyasar pengguna bisnis skala kecil yang memiliki kebutuhan mencetak beragam dibandingkan konsumen rumahan.

Berdimensi 484 x 377 x 226 mm, Epson L565 memiliki system e-print cloud yang berfungsi sebagai perantara melakukan print, scan, dan copy dari perangkat apa pun. Kertas yang didukung printer ini pun beragam, mulai ukuran A4, A5, A6, B5, Letter, Legal, Half Letter, hingga Folio. Sementara itu, untuk tinta, Epson L565 bisa memakai tipe T6641 Black (4.000 lembar) , T6642 Cyan, T6643 Magenta, dan T6644 Yellow (6.500 lembar).

Spesifikasi Epson L565

Tipe Printer Inkjet Colour
Tipe Scanner Flatbed & ADF
Tipe Fax Walk-up b/w & Colour
Koneksi USB 2.0, Ethernet, Wi-Fi
Max Print Resolution 5.760 x 1.440 dpi
Print Speed 9,2 IPM (Black White), 4,5 IPM (Colour)
Scan Speed Flatbed 16 detik (Black), 34 detik (Colour)
Scan Speed ADF 300 dpi (2 PPM)
Copy Speed 7,7 IPM (Black), 3,8 IPM (Colour)
Input Kertas Maksimal 100 Lembar
Ukuran Kertas A4, A5, A6, B5, Letter, Legal, Half Latter, Folio
Baca juga  Update Harga Equalizer DBX Original dan KW

Salah satu fitur menarik dari perangkat ini adalah sudah didukung dengan jaringan wireless dan Ethernet, sehingga para pengguna dapat menyambungkan printer ini dengan perangkat mobile smartphone ataupun iPhone dengan mudah. Pabrikan pun menyediakan tabung yang cukup besar sehingga mampu menampung tinta dalam jumlah banyak dan pengguna pun tidak perlu sering melakukan refill.

Printer All in One Epson L565 - www.mavtech.info
Printer All in One Epson L565 – www.mavtech.info

Harga Epson L565

Kondisi Epson L565 Harga
Epson L565 Baru Rp4.650.000 – Rp6.278.000
Epson L565 Bekas Rp2.500.000 – Rp3.952.000

Informasi harga Epson L565 di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko komputer dan sejumlah situs jual beli online. Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga printer ini memang terpantau naik. Epson L565 dalam kondisi baru misalnya, awalnya dijual Rp4 juta sampai Rp5 jutaan, sekarang menjadi Rp4,65 juta sampai Rp6,27 jutaan.

Untuk melengkapi fungsi printer Epson L565, tidak ada salahnya jika Anda juga membeli aksesori perangkat tersebut, seperti board dan tintanya. Saat ini, board Epson L565 ditawarkan dengan harga Rp475 ribu sampai Rp595 ribuan, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, sedangkan harga Epson L565 yang original ditawarkan mulai Rp100 ribuan.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.