Spesifikasi dan Harga DJI Osmo Mobile

No comment1221 views

Saat ini, tren melakukan swafoto atau selfie menggunakan smartphone memang semakin meningkat. Nah, untuk membantu menghasilkan hasil gambar yang bagus serta tidak goyang, DJI, pabrikan drone seri Phantom, pada tahun 2016 lalu meluncurkan handheld stabilizer bernama Osmo yang ditujukan untuk ponsel cerdas. Di dalam situs resminya, ini ditawarkan dengan harga mulai 299 dolar AS atau setara Rp4 jutaan.

DJI Osmo Mobile - (Sumber: apple2fan.com)

DJI Osmo Mobile - (Sumber: apple2fan.com)

Di dalam web resmi mereka, pabrikan mengatakan bahwa Osmo Mobile bakal mengubah smartphone Anda menjadi kamera gerak cerdas, membuat setiap momen Anda dapat ditangkap dengan mulus, profesional, dan siap untuk dibagikan. Tangkap video sinematik kapan saja, atau gunakan fungsi cerdas untuk melacak subjek Anda, tangkap gerakan yang menakjubkan, atau lompatan sesaat.

DJI Osmo Mobile sendiri berbentuk tongkat yang bisa digunakan untuk mengambil foto atau video bebas goyangan dengan smartphone berkat stabilisasi gimbal 3-axis dan SmoothTrack DJI. Anda yang sudah pernah menggunakan DJI Osmo pasti bakal langsung terbiasa menggunakan DJI Osmo Mobile; karena desain, tata letak tombol, sampai cara menggunakan keduanya kurang lebih memang serupa. Perbedaannya hanya soal kamera built-in dan kamera smartphone. Tetapi, kalaupun Anda belum pernah menggunakan DJI Osmo, rasanya Anda pun tak akan kesulitan menggunakan gimbal yang satu ini karena penggunaannya memang mudah dipahami.

DJI Osmo memiliki bentuk dan material solid berwarna hitam. Anda bisa menduetkan perangkat ini dengan smartphone yang memiliki layar maksimal 5,7 inci. Namun, untuk menggunakan dan menghubungkan produk ini dengan smartphone, Anda perlu memanfaatkan koneksi Bluetooth. Tentunya Anda juga wajib mengunduh aplikasi DJI GO di smartphone yang akan dijadikan kamera.

Selain menyambungkan ponsel ke Osmo Mobile, aplikasi DJI Go App juga menyediakan berbagai macam parameter pengaturan gambar seperti ISO, shutter speed, dan White Balance. Aplikasi ini turut digunakan sebagai pusat pengendali Osmo Mobile. Melakukan double tap pada layar misalnya, akan mengembalikan posisi gimbal ke tengah, sementara triple tap akan mengganti kamera mana yang aktif, depan, atau belakang.

Fitur DJI Osmo Mobile

Baca juga  Update Info Daftar Harga Cream of Tartar dalam Berbagai Merek

Ada lima tombol navigasi pada DJI Osmo Mobile, yakni analog untuk panning ke kiri, kanan, atas, dan bawah, tombol shutter, tombol record, tombol power, dan trigger untuk berganti kamera depan dan belakang. Selain itu, ada pula slot untuk menempatkan aksesori tambahan seperti tripod misalnya. DJI Osmo Mobile juga punya fitur ekstra bernama ActiveTrack yang secara otomatis mengunci dan mengikuti objek yang disasar. Fitur ini akan sangat disukai, karena Anda bisa menandai objek di layar smartphone, dan kamera pun akan selalu mengikuti pergerakan objek tersebut.

Fitur eksklusif kedua adalah fitur Motion Timelapse. Fitur ini bakal sangat membantu pengguna ketika mereka ingin menciptakan video timelapse disertai pergerakan kamera. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan tripod agar video yang Anda hasilkan bisa lebih optimal. Sebelum mulai merekam, Anda pun bisa menentukan hingga lima titik angle pergerakan kamera.

lainnya dari perangkat ini adalah mengenai ketahanan baterai. Pasalnya, meski jenis dan kapasitas baterai yang ditanamkan pada perangkat ini sama dengan kepunyaan DJI Osmo, yaitu 980 mAh, namun baterai DJI Osmo Mobile lebih awet dan bisa digunakan antara dua hingga empat jam. Hal ini karena DJI Osmo Mobile tidak memiliki kamera sendiri yang memakan daya sehingga bisa jauh lebih hemat baterai. Berikut teknis DJI Osmo Mobile.

Dimensi61,8 m x 48,2 mm x 161,5 mm
201 gram (termasuk baterai)
501 gram (termasuk gimbal)
Model OM150
Nama GimbalZenmuse M1
Model GimbalZM01
Dimensi Gimbal125,06 mm x 109,15 mm x 90,98 mm
Berat Gimbal300 gram
Konsumsi Daya2,5 Watt
Rentang Sudut Getaran0,03 derajat
Rentang KendaliPan: 150 derajat; Roll: 25 derajat; Tilt: -125 derajat sampai 35 derajat
Rentang MekanisPan: 165 derajat; Roll: -50 derajat sampai 90 derajat; Tilt: min 140 derajat sampai 50 derajat
Kendali Kecepatan Maksimal120 derajat per detik
Rentang Lebar Ponsel2,31 inch sampai 3,34 inch
Wireless Bluetooth Low Energy 4.0
Model BateraiHB01-522365
Tipe BateraiLi-polymer
Kapasitas Baterai980 mAh
Energi Baterai10,8 Watt-hours
Voltage Baterai11,1 Volt
Temperatur Charging5 derajat sampai 40 derajat Celcius
Temperatur Operasi0 derajat sampai 40 derajat Celcius

Harga DJI Osmo Mobile

Baca juga  Info Harga Tissue Paseo 250 Sheet di Pasaran

DJI Osmo Mobile bisa digunakan bersama sebagian besar smartphone berbasis maupun iOS yang memiliki lebar antara 5,8 cm hingga 8,4 cm. Perangkat tersebut bakal tampil optimal jika disandingkan dengan smartphone seperti iPhone 7, Huawei P9, Samsung Falaxy S7, atau LG V20. Meski demikian, pengguna juga bisa mengandalkan kamera dari smartphone premium semacam Sony Xperia Z5, LG G5, Oppo F1, ata bahkan Goggle Pixel.

Penggunaan Dji Osmo - (Sumber: 4kshooters.net)

Penggunaan Dji Osmo - (Sumber: 4kshooters.net)

Namun, pengguna perlu tahu bahwa DJI Osmo Mobile bukan perangkat yang bisa meningkatkan kualitas gambar atau video dari ponsel cerdas Anda. Perangkat ini hanya bertugas meminimalkan efek shake saat Anda merekam video. Sementara, kualitas foto atau video yang dihasilkan tergantung pada kapasitas kamera smartphone yang Anda gunakan.

Saat ini, perusahaan menghadirkan DJI Osmo Mobile dalam dua pilihan warna, yaitu Classic Black dan Silver. Di dalam situs resminya, produk ini ditawarkan dengan harga 299 dolar AS. Di beberapa elektronik di Indonesia, DJI Osmo Mobile sekarang dijual dengan harga sekitar Rp4.320.000.

 

Baca juga  Update Daftar Harga Kotak Mika untuk Makanan/Kue dalam Berbagai Jenis & Ukuran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga DJI Osmo Mobile"