Spesifikasi dan Harga Closet Jongkok Toto CE9

No comment60 views

Meski duduk semakin banyak digunakan, terutama di kantor dan apartemen, namun pamor jongkok tidak lantas surut. Karena itu, tidak mengherankan jika masih banyak perusahaan yang meluncurkan kloset tipe demikian, salah satunya Toto. Dari sekian banyak jongkok keluaran Toto, salah satu yang cukup laris di dalam negeri adalah Toto CE9 karena punya yang cukup terjangkau.

Menurut situs Wikipedia, closet (atau toilet atau WC) adalah perlengkapan rumah yang memiliki kegunaan utama sebagai tempat pembuangan kotoran, yaitu air seni dan feses. Istilah toilet atau WC dapat digunakan untuk mengacu pada perlengkapan tersebut maupun ruangan tempat perlengkapan tersebut diletakkan (berada).

Harga Closet Jongkok - contohdesainrumahku.wordpress.com

Harga Closet Jongkok - contohdesainrumahku.wordpress.com

Masih menurut sumber yang sama, parit-parit di Mohenjo-daro dan kloset peradaban Romawi kuno dianggap sebagai model kloset pertama di dunia. Sementara, di London, karena penduduk yang padat, maka banyak orang yang tinggal di rumah susun. Karena itu, mereka buang air besar dan buang air kecil menggunakan pispot. Isi pispot kemudian dibuang ke parit atau karena repot harus naik turun tangga untuk membuang kotoran, mereka akhirnya membuang isi pispot lewat jendela.

Lingkungan yang kotor tersebut menyebabkan mereka terserang wabah . Pada tahun 1731, di London, akhirnya dibuat undang-undang yang isinya “ siapa membuang tinja dari jendela, harus membayar denda”. Namun, undang-undang tersebut tetap tidak dapat mengubah kebiasaan mereka. Pada tahun 1596, Sir John Harington lalu menemukan kloset bilas. Kloset ini telah menggunakan bejana penampung tinja dan tangki air untuk menyiram, tetapi jenis kloset ini masih menimbulkan masalah bau tak sedap.

Pada tahun 1775, Alexander Cummings menemukan kloset bilas tak berbau yang disebut Valve Closet. Rahasianya adalah dengan menggunakan saluran pembuangan leher angsa atau mirip huruf S. Bentuk ini membuat air menggenang di leher angsa tersebut, dan menghalangi keluarnya bau kotoran. Kemudian tahun 1889, Bostell membuat kloset bilas yang disebut Wash Down dan mirip seperti yang ada sekarang.

Jenis Closet

Secara garis besar, jenis closet yang umum digunakan masyarakat dapat dibedakan menjadi dua, yakni closet jongkok dan closet duduk. Kloset jongkok, seperti namanya, adalah kloset yang digunakan dengan cara jongkok. Kloset jenis ini dikatakan memiliki beberapa manfaat, antara lain sulit untuk tertular kuman dan bakteri, melatih otot untuk menahan berat beban, melatih kekuatan kaki dan otot kaki, melatih otot dasar panggul dan membuat pantat lebih seksi, serta memudahkan kotoran untuk keluar.

Jenis yang kedua adalah kloset duduk, yaitu kloset yang digunakan dengan cara mendudukinya untuk buang air besar. Keberadaan kloset jongkok akhir-akhir ini mulai tergantikan dengan kloset duduk. Saat ini, kloset duduk seolah telah menjadi salah satu gaya modern, sehingga banyak ditemukan di perkantoran, rumah-rumah mewah, hotel, hingga fasilitas publik seperti toilet umum.

Closet duduk sendiri dapat dibedakan lagi menjadi beberapa tipe. Tipe yang pertama adalah closet monoblok, yang ditandai dengan tangki air yang menyatu dengan badan (bowl) toilet, sehingga memiliki tampilan simpel secara desain. Kemudian, closet duo-blok, dengan tangki dan badan yang terpisah. Sementara, tipe ketiga adalah kloset wall hung, yang merupakan inovasi desain yang paling akhir, dengan bagian tangki tertanam di dalam dinding, sedangkan badan kloset terlihat seperti menggantung di luar dinding.

Selain dari sisi bentuk, closet duduk juga dapat dibedakan berdasarkan sistem penyiraman kotoran. Sistem penyiraman (flush) memiliki dua tipe yang berbeda, yakni single flush dan dual flush. Untuk tipe single flush, ada yang menggunakan tombol dan ada pula yang berbentuk tongkat atau tuas yang ditarik ke atas. Sementara, untuk sistem dual flush, yang sering dijumpai pada toilet modern, umumnya menggunakan perbandingan air 3:6 liter sesuai dengan tombol yang tersedia.

Spesifikasi Toto CE9

Jika Anda saat ini sedang mencari kloset tipe jongkok, salah satu merek yang cukup populer di Indonesia adalah Toto. Ini adalah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1977 silam dan masih bertahan hingga sekarang. Lebih populer sebagai produsen produk toilet dan produk sanitasi, Toto juga menjual banyak produk rumah tangga lainnya.

Closet Jongkok Toto CE9 - www.toto.co.id

Closet Jongkok Toto CE9 - www.toto.co.id

Merek Toto sendiri sering dipilih sebagai closet di banyak tempat, termasuk rumah, kantor, ruko, dan fasilitas umum. Pasalnya, brand ini punya beberapa kelebihan, antara lain memiliki kadar porselen yang lebih tebal sehingga lebih kuat dan memiliki banyak atau tipe. Nah, salah satu tipe closet Toto yang telah dijual di pasaran Tanah Air adalah Toto CE9.

Dilansir dari situs resminya, Toto CE9 atau Toto TV150NWV12J merupakan salah satu varian closet jongkok yang memiliki 6 liter single flush. Perangkat ini memiliki ukuran rough-in 582 mm, dengan minimum water pressure 0,05 MPa dan maximum water pressure sebesar 0,75 MPa. Satu set closet Toto CE9 berisi bowl closet Toto CE9, head valve flush dari Taiwan, pipa valve stainless steel 304, serta inlet faucet Toto 82C32.

Harga Toto CE9

Tidak susah mendapatkan produk Toto CE9 karena, seperti yang telah dikatakan di atas, produk ini sudah dijual di pasaran Tanah Air. Anda bisa membeli closet jongkok Toto CE9 di berbagai peralatan rumah tangga maupun situs jual beli online. Di dalam situs resminya, perusahaan menjual satu set Toto CE9 dengan harga Rp3.920.000. Namun, apabila Anda menelusuri beberapa situs e-commerce, ada yang menawarkan produk ini dengan harga Rp1,6 juta hingga Rp3,7 jutaan dan diklaim asli.

Baca juga  Update Harga Kayu Albasia (Sengon) di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Closet Jongkok Toto CE9"