Info Terkini Harga Peugeot 405 STi Bekas (1994, 1995, 1996, 1997)

Peugeot 405 merupakan mobil keluarga buatan pabrikan asal Perancis, Peugeot, yang pertama kali diluncurkan pada Juli 1987 silam. Kendaraan ini secara umum hadir dalam tiga varian yang berbeda, salah satunya tipe Peugeot 405 STi. Hingga kini, produk bekas Peugeot 405 STi masih banyak diburu konsumen di Indonesia, salah satunya karena harganya yang relatif lebih terjangkau.

Peugeot 405 (sumber: mitula)
Peugeot 405 (sumber: mitula)

Sebelum membahas mengenai harga Peugeot 405 STi, kita kupas sedikit mengenai model ini. Peugeot 405, seperti disinggung sebelumnya, diluncurkan pertama kali pada bulan Juli 1987, dan terus diproduksi dengan lisensi di luar Negeri . Pada tahun 1988, Peugeot 405 terpilih sebagai European Car of the Year dengan jumlah suara terbanyak dalam sejarah kontes. Sekitar 2,5 juta kendaraan telah terjual di seluruh dunia, baik itu varian LHD & RHD, sebagai sedan dan station wagon.

Bacaan Lainnya

Tampilan Peugeot 405 mirip dengan Alfa Romeo 164, diluncurkan pada tahun yang sama dan juga ditata oleh Pininfarina. Namun, pelat bawah Peugeot 405 berbagi dengan Citroën BX, dan tidak ada suspensi hidropneumatik pada mobil tersebut. Peugeot 405 adalah kendaraan Peugeot terakhir yang dijual di Amerika Serikat, dipasarkan antara tahun 1988 hingga 1991, termasuk model Mi16.

Pabrikan meluncurkan sepuluh varian Peugeot 405 secara bersamaan pada pertengahan 1987. Kemudian, penjualan di daratan Eropa dilakukan tidak lama kemudian. Namun, meski dibangun di Inggris, tetapi kendaraan ini baru dipasarkan di Negeri Ratu Elizabeth pada Januari 1988. Awalnya, Peugeot 405 hanya tersedia dalam model sedan empat pintu, dengan mesin bensin empat silinder yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 65 PS sampai dengan 160 PS.

Kemudian, di tahun 1988, sebuah Peugeot 405 dengan mesin diesel diperkenalkan, selain model turbocharged yang ditambahkan ke dalam varian tersebut. Di tahun yang sama, pabrikan juga memperkenalkan model Estate. Selang setahun kemudian, Peugeot berhasil memproduksi hingga 500 ribu unit model 405, diikuti produksi yang mencapai angka satu juta unit satu tahun setelahnya.

Pada tahun 1991, mobil ini menerima beberapa update, terutama di sektor dashboard, steering wheel, dan soundproofing. Dua tahun berselang, model Fase 2 hadir dengan boot (trunk) baru dengan sentuhan yang lebih baik, lampu belakang anyar, dan desain booth serta dashboard gres. Di tahun ini, produksi Peugeot 405 sendiri telah mencapai angka 1,5 juta unit, sebelum kemudian produksinya dihentikan pada musim gugur 1995 oleh varian Peugeot 406.

Review Peugeot 405 STi

Seperti diutarakan sebelumnya, Peugeot 405 memiliki tiga varian, salah satunya varian Peugeot 405 STi, selain varian Peugeot 405 SR dan Peugeot 405 SRi. Jika dibandingkan dengan model 405 SR, Peugeot 405 STi telah dibekali dengan lampu kabut (fog lamp), yang juga terdapat pada model SRi. Selain itu, varian ini (juga bersama model Peugeot 405 SRi) telah menerapkan sistem pembakaran injeksi.

Perbedaan lainnya yang pada tiga tipe ini adalah model Peugeot 405 STi memiliki garnish sewarna dengan lampu belakang atau polos sesuai bodi bagasi. Sementara, model Peugeot 405 SR belum dilengkapi garnish lampu di antara rem belakang dan hanya berwarna abu-abu yang terbuat dari plastik. Adapun model Peugeot 405 SRi, telah mengusung reflektor berwarna .

Hal lain yang membedakan varian Peugeot 405 STi dibandingkan dua varian lainnya adalah mengusung pelek berdiameter 14 inci. Sementara, model Peugeot 405 STi Le Mans (digunakan untuk balapan di Le Mans) mengusung pelek berdiameter 15 inci. Varian ini juga telah dilengkapi dengan spoiler, seperti saudaranya, Peugeot 405 SRi.

Untuk urusan jantung pacu, varian Peugeot 405 STi yang dirilis sebelum tahun 1995 dibekali mesin XU9, SOHC, 4 silinder, berkapasitas 1.996cc, dan mampu meletupkan tenaga 121 HP pada putaran 5.750 rpm serta menggapai puncak 176 Nm pada putaran 2.750 rpm. Sementara, model yang dirilis setelah tahun 1994 disokong mesin XU10, SOHC, 8 Valve, berkapasitas 2.000cc. Adapun model Peugeot 405 STi Le Mans, menggendong mesin XU10, DOHC, 16 Valve, berkapasitas 2.000cc, dan menggunakan material besi cor. Berikut spesifikasi Peugeot 405 STi keluaran tahun 1993.

Peugeot 405 tahun 1997 (sumber: kumparan)
Peugeot 405 tahun 1997 (sumber: kumparan)

Specs Peugeot 405 STi

Bodi 4/5 seat
Jarak Sumbu Roda 2.669 mm
Dimensi 4.407 x 1.692 x 1.407 mm
Jarak ke Tanah 15 mm
Berat Kosong 1.125 kg
Bahan Bakar 70 L
Tipe Mesin XU9, SOHC, 4 silinder, 8 Valves
Kapasitas Mesin 1.998cc
x Langkah 86 x 86 mm
Daya Maksimum 123 PS @ 5.750 rpm
Torsi Maksimum 176 Nm @ 2.750 rpm
Rasio Kompresi 9,5:1
Pendingin Mesin Water
Akselerasi 11,3 detik (0-100 km/jam)
Kecepatan Maksimum 197 km per jam

Setelah mengetahui spesifikasi Peugeot 405 STi, lalu berapa harga mobil tersebut saat ini? Seperti dijelaskan sebelumnya, produksi Peugeot 405 telah dihentikan pada musim gugur 1995 dan digantikan oleh varian Peugeot 406. Nah, berikut kami sajikan informasi terbaru harga produk bekas kendaraan tersebut di pasaran Tanah Air.

Peugeot 405 Sti (sumber: kumparan)
Peugeot 405 Sti (sumber: kumparan)

Harga Peugeot 405 STi

Tahun Produksi Kisaran Harga Bekas
Peugeot 405 STi 1994 Rp23.500.000
Peugeot 405 STi 1995 Rp15.500.000 – Rp32.000.000
Peugeot 405 STi 1996 Rp25.000.000
Peugeot 405 STi 1997 Rp23.900.000

Harga Peugeot 405 STi bekas di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli mobil bekas dan beberapa situs e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga kendaraan ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, mobil ini ditawarkan dengan harga mulai Rp15 juta sampai Rp61,8 jutaan, tergantung tahun produksi dan kondisi .

Sayangnya, Peugeot 405 STi maupun dua varian yang lain memiliki sejumlah masalah yang kerap dikeluhkan pemilik kendaraan. Beberapa masalah yang sering terjadi pada mobil sedan ini adalah mesin yang sering panas, jarum indikator bahan bakar yang tidak stabil, hingga colokan oli yang sering pecah. Pemilik kendaraan pun harus rutin melakukan pengecekan air radiator, memperhatikan temperatur mesin, cek oli, serta memperhatikan saringan bahan bakar dan udara

Pos terkait