Info Terkini Kisaran Harga Peugeot 806 Bekas

806 adalah mobil MPV buatan pabrikan asal Perancis, Peugeot, yang diproduksi mulai tahun 1994 sampai dengan tahun 2002. Mobil ini bersaing dengan Citroën Evasion, Fiat Ulysse, dan Lancia Zeta serta van Citroën Jumpy, dan diproduksi di pabrik Sevel Nord di Prancis. Peugeot 806 kemudian digantikan oleh model Peugeot 807 sejak tahun 2002. Jika Anda berburu model bekasnya, harganya sekarang relatif miring.

Peugeot 806 (flickr: @thisisinbalitimur)
806 (flickr: @thisisinbalitimur)

Dilahirkan di Prancis, 806 mengusung tampilan yang kental dengan aura Eropa. Di samping itu, kendaraan ini juga dikenal dengan mesin yang tidak rewel serta tidak sering mengalami masalah serius, terutama pada sektor kelistrikan dan suspensi yang sering terjadi pada Peugeot model sedan. Karena hal tersebut, harga mobil ini cenderung stabil di pasaran, meski sudah menjadi barang bekas.

Bacaan Lainnya

Ketika pertama kali meluncur di pasar otomotif dalam negeri, 806 langsung menarik atensi penggemar dan konsumen Tanah Air. Padahal sebelumnya, kendaraan keluaran Peugeot kurang laris di pasar Indonesia, karena mesin yang dinilai sering rewel, seperti model Peugeot 306. Namun, secara umum, penyebab mesin Peugeot yang sering rewel karena konsumen Indonesia belum terlalu memahami cara ‘menjinakkan’ mobil dengan logo singa ini.

Selain kabin yang luas dan suspensi yang sangat nyaman, beberapa keunggulan lain dari mobil 806 adalah mesin turbo diesel yang dibawanya. Mesin kendaraan ini, meski menggunakan diesel, namun dikenal irit bahan bakar dan memiliki akselerasi yang cukup cepat. Untuk konsumsi BBM normal, bisa mencapai 12 km per liter (penggunaan dalam kota). Di samping itu, meski sudah menggunakan teknologi HDI, tetapi mesin sendiri masih konvensional sehingga spare part dan perawatan mobil terbilang terjangkau dengan biaya tidak terlalu mahal.

Di samping itu, jok, yang terdiri dari 5 tempat duduk dapat dilepas sehingga konsumen dapat membawa barang-barang dalam jumlah banyak menggunakan kendaraan ini. Pintu penumpangnya pun sudah menerapkan fitur sliding sehingga menambah kesan mewah sekaligus elegan. Sementara, pada posisi pengemudi, terbilang nyaman dengan posisi shifter yang tinggi dan menempel di dashboard.

Spesifikasi 806

806 sebagian besar dikembangkan oleh mesin PSA Peugeot Citroen. Awalnya, kendaraan ini hadir dalam dua pilihan mesin bensin yang berbeda, yaitu mesin bensin berkapasitas dua liter yang mampu meletupkan tenaga maksimal 121 HP dan mesin bensin turbo berkapasitas dua liter dengan daya maksimal 147 HP. Lalu, pada tahun 1995, diluncurkan model dengan mesin 1,9 liter TD yang mampu meletupkan tenaga maksimal 92 HP.

Interior Peugeot 806 (sumber: automaniac.org)
Interior 806 (sumber: automaniac.org)

Ketika pertama kali diluncurkan, 60 persen unit dengan mesin diesel diklaim berhasil terjual, bahkan angkanya mencapai 76 persen di pasar Perancis. Sementara, lebih dari 27 persen unit terjual di Belanda dengan mesin diesel yang dipasang pada tahun 1995, yang kemudian meningkat menjadi hampir 40 persen pada bulan-bulan pertama di tahun 1996.

Pada tahun 1996, kendaraan ini memiliki varian anyar, yang mengusung mesin berkapasitas 2,1 liter TD dengan daya maksimal 109 HP, yang diikuti dengan kehadiran model dengan mesin bensin berkapasitas 1,8 liter yang mampu memuntahkan daya maksimal 99 HP. Dua tahun berikutnya, 806 menerima facelift, dengan lampu baru dan grill serta logo yang lebih besar.

Selang setahun kemudian, mesin berkapasitas dua liter 8 katup digantikan dengan mesin berkapasitas dua liter 16 katup, yang mampu meletupkan tenaga maksimal 132 HP. Pada tahun 2000, 806 kembali mengalami revisi, dengan mesin baru berkapasitas dua liter 16 katup yang mampu meletupkan daya maksimal 136 HP, menggantikan model dual liter 16 katup dan dua liter 8 katup turbo.

Pada tahun 1999, Euro NCAP sempat menilai standar keselamatan dari Peugeot 806. Menurut ulasan Euro NCAP, Peugeot 806 memiliki konstruksi yang mampu mempertahankan stabilitas struktural dan pintu pengemudi yang bisa dibuka dengan baik. Sayangnya, bagian kemudi memiliki posisi yang agak naik, yang bagaimanapun dapat menyebabkan cedera.

Sementara itu, airbag di bagian kursi sopir mampu bekerja efektif, meski kepala pengemudi datang ke dalam kontak dengan airbag belum mengembang secara sepenuhnya, yang dapat menyebabkan cedera. Hal ini terutama memiliki risiko tinggi untuk cedera dada, kaki, dan tangan. Dampak lateral lebih baik, hanya sandaran tangan yang dapat menyebabkan cedera pada bagian perut.

Setelah mengetahui spesifikasi Peugeot 806, lalu berapa harga kendaraan tersebut di pasaran saat ini? Karena Peugeot sudah menghentikan produksi mobil ini sejak tahun 2002 silam, maka Peugeot 806 yang beredar saat ini adalah produk bekas. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga produk bekas kendaraan tersebut di pasaran Tanah Air.

Harga Peugeot 806

Peugeot 806 (sumber: otoblitz.net)
Peugeot 806 (sumber: otoblitz.net)
Varian Peugeot 806Harga Bekas
Peugeot 806 2.0 HDI Diesel MT 2000Rp88.000.000 – Rp98.000.000
Peugeot 806 2.0 HDI Diesel MT 2001Rp49.000.000
Peugeot 806 2.0 HDI Diesel MT 2002Rp47.500.000

Daftar harga Peugeot 806 second di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dan situs jual beli mobil bekas. Harga Peugeot 806 bekas tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah, tergantung kondisi kendaraan yang bersangkutan serta negosiasi antara penjual dan pembeli. Tahun lalu, kendaraan ini dijual dengan harga mulai Rp32 juta sampai Rp90 jutaan, tergantung kondisi barang.

Jika Anda berencana membeli produk bekas kendaraan ini, ada beberapa bagian yang perlu Anda cek sebelum menjatuhkan pilihan Anda. Bagian pertama yang perlu dicek adalah mesin turbo. Mesin turbo yang rusak biasanya memiliki gejala terdengar suara berisik ketika kendaraan melakukan akselerasi. Kerusakan bagian ini umumnya disebabkan salah menggunakan jenis oli serta penggunaan mobil.

Kemudian, bagian lainnya yang perlu diperhatikan adalah electric fan, yang sering menjadi biang keladi penyebab terjadinya mesin cepat panas. Peugeot 806 sendiri menggunakan dua electric fan, yaitu mode low dan high, yang sayangnya sering rusak hanya pada satu bagian, sehingga putaran fan tidak sama dan menjadikan mesin mobil mudah sekali panas. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *