Info Terbaru Harga Daihatsu Rocky Bekas di Pasaran

Daihatsu Rocky merupakan SUV yang diproduksi oleh produsen mobil asal Negeri Sakura, Daihatsu, antara tahun 1987 hingga 1998. Mobil ini juga disebut dengan Daihatsu Lovibond Rocky di Jepang, Daihatsu Sportrak di Inggris Raya, dan Daihatsu Feroza di Amerika Latin, Australia, , dan Eropa. Untuk menghindari kebingungan, pemilik sering merujuk ke model dengan nomor model pabrik mereka F-300 atau F-310.

Daihatsu Rocky - en.wikipedia.org
Daihatsu Rocky – en.wikipedia.org

Varian F-310, yang dipasarkan sebagai MkII Sportrak atau Feroza II, menampilkan flared guards untuk mengakomodasi trek yang lebih luas dibanding varian F-300. F-310 dirilis pada tahun 1994, sebelum peluncuran model facelift. ini memiliki sasis dan roda gigi yang melebar, namun bodi tetap mengusung model yang sama seperti generasi sebelumnya. Setelah facelift ini, varian F-300 dan F-310 masih tetap diproduksi, dengan tingkat trim dan desain interior yang berbeda. Ini adalah mot yang terkenal dengan warna dan corak joknya. Baik Rocky maupun Feroza juga digunakan di berbagai pasar pada seri F-75 yang lebih besar dan lebih berat.

Bacaan Lainnya

Daihatsu Rocky dibekali dengan mesin tipe SOHC, 4 silinder segaris, 16 Valve, karburator atau EFI, berkapasitas 1.600cc, yang dihubungkan melalui gearbox atau transmisi , dan propshaft serta differential ke roda depan dan poros belakang untuk memberikan penggerak empat roda atau penggerak dua roda, tergantung kebutuhan drivernya.

Daihatsu Rocky - www.pajakmobil.com
Daihatsu Rocky – www.pajakmobil.com

Sementara itu, Feroza didukung oleh mesin empat silinder, SOHC, berkapasitas 1.689cc, 16 katup. Dengan bekal tersebut, kendaraan ini mampu meletupkan tenaga maksimal di kisaran 75 PS hingga 105 PS atau 55 kW sampai 77 kW untuk model yang dipasarkan di Jepang. , Feroza tersedia dengan bodi tiga pintu saja, dan merupakan salah satu SUV mini pertama yang diperkenalkan oleh pabrikan Jepang selama tahun 1980-an.

Di Eropa dan Australia, Rocky dikenal sebagai Daihatsu Feroza, karena nama “Rocky” sudah digunakan untuk Rugger/Fourtrak yang lebih besar di kebanyakan negara. Model ekspor memiliki versi detuned dari mesin yang lebih bertenaga, dengan 95 PS (70 kW). Sebagai Rocky, ini adalah satu dari dua model, di samping Charade, yang dijual di Amerika Serikat di tengah kehadiran singkat Daihatsu di pasar tersebut.

Di Australia, tersedia model yang membawa mesin injeksi 16 katup, berkapasitas 1.600 liter multi-point. Varian Feroza II SXP dengan roces (regd) juga tersedia di pasar Negeri Kanguru pada tahun 1993 meskipun model karburator diturunkan dari barisan Jepang, hanya dengan mesin bertenaga 95 PS sampai 105 PS. Pada tahun 1998, Daihatsu Rocky atau Feroza ini berhenti diproduksi dan digantikan dengan varian Daihatsu Terios.

Sementara, di Indonesia, varian Daihatsu Rocky yang cukup populer adalah Daihatsu Rocky Independent dengan kode sasis F-78. Mobil ini pertama kali menyapa publik otomotif Air pada tahun 1996 silam, untuk menggantikan posisi pendahulunya yang berkode sasis F-75. Mesin yang dibawa model ini memiliki kapasitas 2.800cc dengan kode DL42. Mesin ini sama persis dengan mesin yang digunakan Daihatsu Taft Independent.

Pada generasi awal, Daihatsu Rocky F-75 masing memakai mesin DL41 dengan timing gear dan injection pump model segaris, sehingga puncak yang dapat diraih lebih besar, namun memiliki efek mesin yang sangat berisik. Kemudian, pabrikan melalukan upgrade dengan menggunakan mesin kode DL42 yang telah mengandalkan timing belt dan injection pump rotary. Alhasil, suara yang dihasilkan mesin kendaraan itu pun menjadi sedikit lebih senyap, meski torsi puncak yang mampu dicapai menurun.

Selain itu, Daihatsu Rocky F-75 hingga akhir penjualannya di tahun 1995 lalu masih mengandalkan per daun yang terkenal sangat tidak nyaman, namun tahan banting pada setiap rodanya. Kemudian, di seri Rocky F-78, suspensi mobil diganti dengan menggunakan suspensi independen dengan batang torsi di depannya. Sementara, di bagian belakang, menggunakan suspensi rigid dengan per keong sehingga kenyamanan mobil menjadi meningkat. Namun, pergantian suspensi tersebut tidaklah sekuat per daun.

Di bagian jantung pacu, Daihatsu Rocky Independent F-78 membawa mesin diesel berkapasitas 2,8 liter, 4 silinder segaris, indirect injection, dengan kode DL42. Dengan bekal tersebut, mobil ini mampu meletupkan tenaga maksimal 76 HP pada putaran 3.600 rpm dan mencapai torsi puncak 245 Nm pada putaran 2.200 rpm, yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Beberapa keunggulan yang membuat mobil ini laris di pasaran Tanah Air, selain mesin yang tangguh, yaitu menawarkan kenyamanan yang lebih baik dibanding model F-75. Selain itu, mobil ini juga memiliki interior yang lebih luas dengan kursi belakang menghadap ke depan, atap belakang yang tinggi, spare part melimpah, aman dikendarai meski menggunakan solar kualitas rendah, serta perawatan yang mudah dan murah.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang berburu model bekas dari Daihatsu Rocky, berikut kami sajikan informasi harga terbarunya di pasaran.

Tipe Daihatsu Rocky Tahun Harga Bekas (Rp)
Daihatsu Rocky 1.8 SUV 4WD 1989 65.000.000
Daihatsu Rocky 1.5 Jeep 1990 70.000.000
Daihatsu Rocky 1.3 Jeep 4×2 1991 72.000.000
Daihatsu Rocky 2.8 F75 4×4 1993 179.000.000
Daihatsu Rocky 1.6 Jeep 1994 90.000.000
Daihatsu Rocky 2.5 Jeep 1994 97.000.000
Daihatsu Rocky 2.8 Jeep 1995 87.500.000
Daihatsu Rocky 2.8 Jeep 1996 100.000.000 – 130.000.000
Daihatsu Rocky 2.5 Jeep 1997 60.000.000
Daihatsu Rocky 2.8 Jeep 1998 100.000.000 – 125.000.000

Daftar harga tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli online, dan karenanya bisa berbeda di masing-masing wilayah, tergantung kondisi mobil dan negosiasi antara penjual dan pembeli.

Pos terkait