Jika Anda termasuk penggemar off-road di era akhir 1980-an hingga pertengahan 1990-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil Daihatsu Feroza. Daihatsu Feroza merupakan kendaraan SUV yang dibangun oleh Daihatsu pertama kali pada tahun 1987 hingga tahun 1998. Di pasar Paman Sam dan Jepang, mobil ini lebih dikenal dengan sebutan Daihatsu Rocky, sedangkan pasar inggris menamainya dengan Daihatsu Sportrax.
Daihatsu Feroza sendiri berbeda dari rekannya, seperti Daihatsu Rocky maupun Daihatsu Taft yang membawa mesin berbahan bakar diesel. Mobil ini adalah kandidat lain dari SUV Daihatsu yang dibekali dengan mesin bensin, meski mengusung desain bodi yang hampir sama dengan kedua rekannya. Ukuran Daihatsu Feroza lebih kecil dari Honda CRV generasi pertama, namun memiliki bodi yang lebih lebar. Selain AS dan Jepang, mobil ini juga dipasarkan ke Eropa dan juga Australia, serta Benua Asia.
Di Indonesia, Daihatsu Feroza pertama kali menyapa publik otomotif Tanah Air pada tahun 1992 silam dan dirakit secara lokal bersamaan dengan model Daihatsu Rocky dan Daihatsu Taft. Sayangnya, mesin bensin yang diusung kendaraan ini tergolong under-power dan sangat boros. Karena alasan tersebut, tidak heran jika rekor penjualan Daihatsu Feroza masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Daihatsu Rocky maupun Daihatsu Taft. Setelah produksinya dihentikan, posisi kendaraan ini kemudian digantikan oleh Daihatsu Terios dan Daihatsu Taruna.
Di bagian eksterior, sama seperti Daihatsu Taft dan Daihatsu Rocky, mobil ini membawa bodi berbentuk persegi dan minim dengan lekukan. Meski tidak menampilkan kesan yang modern, namun tampang luar Daihatsu Feroza sangat gagah dengan didukung oleh ground clearance yang tinggi. Sementara, pilar B didesain sedemikian rupa agar dapat berfungsi sebagai bar pelindung rollover.
Di bagian kabin atau interior, karena mobil ini awalnya lebih ditujukan sebagai mobil “pekerja keras”, maka Daihatsu mendesain bagian interior dengan tampilan yang minim fitur, kelistrikan, dan terlihat biasa saja. Namun, kendaraan ini memiliki kelebihan, yaitu pengemudi dan penumpang menjadi aman ketika melintasi jalanan yang berlumpur atau jalanan yang terkena dampak banjir, sehingga tidak terlalu dipusingkan dengan gejala trouble seperti yang sering menimpa mobil zaman sekarang. Selain itu, konfigurasi jok penumpang mobil ini juga tergolong bagus dengan menyisakan ruang kaki dan ruang lutut yang lapang.
Sebagai kendaraan off-road, Daihatsu Feroza tentunya telah dibekali dengan spesifikasi mesin yang mumpuni. Mobil ini menggendong mesin karburator dengan meteran HD-C berkapasitas 1,6 liter, yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 94 HP pada putaran 5.700 rpm dan mencapai torsi puncak menembus 127 Nm pada putaran 4.800 rpm. Sekilars, konfigurasi mesin mobil ini terlihat lemah untuk mengangkat bodi kendaraan yang bongsor. Namun, mesin Daihatsu Feroza ternyata dicintai konsumen dan tergolong bagus jika dibandingkan mesin karburator lainnya, karena telah dibekali konfigurasi 16 katup, bukan lagi 8 katup, sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan menjadi lebih besar.
Selain mesin yang tangguh dan penampilan bodi yang gagah plus macho, Daihatsu Feroza juga memiliki beberapa kelebihan lain, salah satunya ground clearance yang tinggi. Dengan berbekal jarak antara bawah sasis dan tanah yang memadai, Daihatsu Feroza memiliki handling dan akselerasi yang lebih bagus jika dibandingkan Daihatsu Rocky maupun Daihatsu Taft, terutama ketika Anda membawa kendaraan ini mengarungi medan terjal dan berlumpur. Sekalipun mengusung jarak poros roda yang pendek, namun kenyamanan mobil ini masih berada di dalam ambang toleransi. Berikut spesifikasi teknis Daihatsu Feroza.
Kapasitas Mesin | 1.589cc |
Tipe Mesin | OHC, 4 silinder segaris, 16 Valve |
Diameter x Langkah | 76 mm x 87,6 mm |
Daya Maksimum | 94 HP (70 kW) @ 5.700 rpm |
Torsi Maksimum | 127 Nm @ 4.800 rpm |
Sistem Bahan Bakar | Multi-point injection |
Kecepatan Maksimum | 93,2 mph (150 km/jam) |
Akselerasi 0-100 km/jam | 13,3 detik |
Kapasitas Tangki | 60 liter |
Tempat Duduk | 4 seat |
Panjang | 3.785 mm |
Lebar | 1.635 mm |
Tinggi | 1.720 mm |
Jarak Poros Roda | 2.175 mm |
Front Track | 1.335 mm |
Back Track | 1.335 mm |
Tipe Bahan Bakar | Bensin |
Drive Wheel | All wheel drive (4×4) |
Transmisi | Manual. 5-speed |
Suspensi Depan | Double wishbone |
Suspensi Belakang | Spring |
Rem Depan | Vetilated disc |
Rem Belakang | Drum brake |
Tipe Steering | Steering rack, hydraulic steering |
Konsumsi Bahan Bakar | 12,4 liter per 100 km |
Berat Kosong | 1.325 kg |
Berat Maksimal | 1.650 kg |
Ukuran Ban | 195 R15 |
Nah, setelah mengetahui spesifikasi Daihatsu Feroza, berapa harga mobil tersebut saat ini? Karena sudah tidak diproduksi lagi, berikut kami sajikan informasi terbaru harga Daihatsu Feroza bekas di pasaran saat ini.
Tahun Produksi | Harga Bekas (Rp) | Lokasi Penjual |
1993 | 37.500.000 | Jawa Barat |
1994 | 30.550.000 | Sumatera Selatan |
1994 | 34.000.000 | DKI Jakarta |
1994 | 45.000.000 | Jawa Barat |
1994 | 50.000.000 | Jambi, Jawa Timur |
1994 | 50.500.000 | Jawa Barat |
1995 | 44.000.000 | Riau |
1995 | 45.000.000 | Jawa Barat |
1995 | 49.500.000 | Jawa Timur |
1996 | 48.000.000 | Banten |
1996 | 49.000.000 | Jawa Barat |
1997 | 54.000.000 – 74.000.000 | Jawa Timur |
1997 | 60.000.000 | bali |
1997 | 18.000.000 – 22.000.000 | Jawa Barat (lelang) |
1997 | 59.000.000 | Jawa Tengah |
Daftar harga Daihatsu Feroza bekas tersebut kami rangkum dari berbagai situs jual beli kendaraan, yang mungkin bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan membeli Daihatsu Feroza idaman Anda. Ingat, sebelum membeli mobil bekas, Anda harus mengecek dengan benar kondisi mobil, termasuk kondisi bodi, kondisi mesin, serta kelengkapan surat-suratnya.