Spesifikasi dan Harga Kendaraan Roda 4 Bajaj Qute

Pada sekitar pertengahan bulan Juli 2017 kemarin, masyarakat Indonesia, terutama Jakarta, dihebohkan dengan kehadiran moda umum, Bajaj Qute. Berbeda dengan Bajaj yang sebelumnya wara-wiri di jalanan ibukota, Bajaj ini mengusung roda berjumlah empat buah. Ditawarkan dengan harga mulai Rp70 jutaan per unit, kendaraan ini diproyeksikan untuk menggantikan umum bemo roda tiga yang dinilai sudah ketinggalan zaman.

Bajaj Qute - indianautosblog.com

Bajaj Qute - indianautosblog.com

Sebelum mulai diuji coba pada tanggal 19 Juli 2017, pabrikan asal India ternyata diam-diam telah memasarkan Bajaj Qute ini ke Tanah Air pada akhir tahun 2016 lalu. Kala itu, kendaraan ini ditawarkan dengan harga mulai Rp65 jutaan (on the road), yang sekaligus menjadi kendaraan roda empat paling murah di pasar dalam negeri, mengalahkan Datsun.

Bajaj sendiri tampaknya menawarkan model Bajaj Qute sebagai kendaraan komersial yang siap membantu para pengusaha kecil dalam menjalankan kegiatan bisnis mereka, khususnya dalam hal pengangkutan barang dan orang. Kendaraan ini dinilai lebih modern dan ‘hening’ jika dibandingkan dengan bemo atau Bajaj roda tiga yang cenderung lebih berisik dan membawa asap yang banyak sehingga tidak ramah lingkungan.

Bajaj Qute

Secara tampilan, Baja Qute bisa dibilang mengusung eksterior yang cukup futuristik dan lucu. Kesan futuristik kendaraan ini dapat dilihat pada bagian depan yang membawa headlamp atau lampu utama berbentuk jajaran genjang, dengan penggunaan lampu kristal sebagai lampu utama dan lampu kuning untuk lampu sein. Sementara, di bagian samping, Baja Qute memiliki tampilan yang ramping dengan penggunaan dua pintu di masing-masing sisi, seperti mobil pada umumnya.

Bajaj Qute - info.drom.ru

Bajaj Qute - info.drom.ru

Beralih ke sektor interior, secara umum, ruang kabin Bajaj Qute tampil dalam kemasan yang sederhana, layaknya Bajaj roda tiga pada umumnya. Namun, ada yang membedakan dua model kendaraan ini, yaitu Baja Qute memiliki empat tempat duduk, dengan dua tempat duduk berada di bagian depan dan dua tempat duduk lainnya berada di sisi belakang, mirip mobil sedan. Sementara, untuk mengontrol kemudi, kendaraan asal Negeri Sungai Gangga ini sudah mengandalkan setir, mirip mobil kebanyakan.

Namun, tidak seperti mobil pada umumnya, terutama mobil keluaran , pengguna tidak akan menemukan seperti AC, power window, audio, atau electric mirror pada kendaraan ini. Bahkan, setir Bajaj Qute sendiri belum menerapkan sistem power steering. Namun, hal tersebut seharusnya tidak menjadi masalah karena ban kendaraan ini sangat kecil dan bobot Bajaj Qute hanya mencapai 450 kilogram

Sementara, untuk sektor jantung pacu, menurut laman resmi milik Bajaj, kendaraan ini menggendong mesin berkapasitas 216,6cc, yang dikatakan mampu menghasilkan tenaga maksimal 13,2 PS, menggapai torsi puncak 19 Nm pada putaran 5.500 rpm, dan mencapai kecepatan tertinggi 70 km per jam. Mesinnya sendiri memiliki closed loop injection dan tiga buah busi dalam satu silinder agar bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar 36 kilometer per liter.

Tenaga Bajaj Qute tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan, dan juga tambahan satu gear untuk mundur. Seperti halnya motor bebek, pengendara hanya perlu memindahkan gear dengan menarik tuas ke depan atau ke belakang tanpa harus menginjak kopling. Ini berlaku pada gear maju dan juga gear mundur.

Meski memiliki empat buah ban, kabin yang tertutup, dan setir, serta instrumen mengemudi yang lengkap, namun pihak pabrikan dalam website resmi mereka sepertinya enggan menyebut kendaraan ini sebagai sebuah mobil. Mereka menamakan Bajaj Qute dengan sebutan Quadri-cycle atau moda transportasi empat roda. Penamaan ini mungkin didasarkan pada spesifikasi yang terasa jomplang jika dibandingkan dengan sebuah mobil. Berikut spesifikasi teknis Bajaj Qute.

Panjang Keseluruhan 2.752 mm
Lebar Keseluruhan1.312 mm
Tinggi Keseluruhan1.652 mm
Jarak Sumbu Roda1.925 mm
Radius Putaran3,5 m
Berat450 kg
MesinMesin Motor
Mesin216,6cc
Sistem Bahan BakarClosed loop injection
Daya Maksimum13,2 PS
Torsi Maksimum19 Nm @ 5.500 rpm
Kecepatan Maksimum70 km per jam
TransmisiManual 5-speed forward, 1-speed reverse
Jenis Bahan BakarPremium
Konsumsi Bahan Bakar36 km per liter
Kapasitas Penumpang4 seat (1 driver + 3 passenger)
Kapasitas Beban Depan60 liter
Kapasitas Beban Tengah95 liter
Kapasitas Beban Belakang44 liter

Harga Bajaj Qute

Saat ini, Bajaj Qute kabarnya sudah ditawarkan secara luas untuk konsumen di Indonesia. Seperti diutarakan sebelumnya, jika ada pengusaha atau sopir yang ingin mencari pendapatan dengan kendaraan ini, bisa membelinya dengan harga mulai Rp70 jutaan per unit. Konsumen bisa membeli Bajaj Qute secara individu maupun lewat wadah seperti koperasi.

Nah, bagi mereka yang belum memiliki bujet yang cukup untuk membeli Bajaj Qute secara tunai, bisa mendapatkannya lewat sistem angsuran atau kredit. Konsumen cukup menyerahkan uang muka atau down payment (DP) sebesar Rp10 juta dan membayar cicilan atau angsuran sebesar Rp2,4 juta per bulan, dengan tenor selama tiga tahun.

Sekadar informasi, untuk sementara, Bajaj Qute ini memang masih menggunakan bahan bakar premium atau bensin. Namun, untuk ke depannya, pihak yang berwenang bakal mengusahakan agar kendaraan ini bisa menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti Bajaj roda tiga yang berwarna biru yang menggunakan bahan bakar gas.

Meski demikian, jika dibandingkan Bajaj roda tiga berwarna oranye atau bemo, kendaraan ini tergolong lebih ‘tenang’ dan tidak berisik. Di samping itu, emisi yang dikeluarkan Bajaj Qute juga tidak mengandung asap yang, selain tidak ada getaran berlebihan ketika kendaraan melaju sehingga lebih nyaman bagi para penumpang.

Baca juga  Specs dan Update Harga MINI Cooper Convertible (Semua Tipe)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Kendaraan Roda 4 Bajaj Qute"