Spesifikasi dan Harga Air Cooler Merek APA

No comment389 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan AC atau air conditioner. Tetapi, bagaimana dengan air cooler? Jika AC terutama untuk mendinginkan ruangan, maka air cooler adalah perangkat yang dapat menghasilkan udara yang sejuk. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam air cooler, termasuk APA, yang dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: penggunaan air cooler dalam ruangan (sumber: bajajelectrical.com)

Ilustrasi: penggunaan air cooler dalam ruangan (sumber: bajajelectrical.com)

Dilansir jmatek.co.id, air cooler adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan, yang juga dapat untuk melembapkan udara melalui proses penguapan. Air cooler dapat menyejukkan udara, dan menurunkan udara sampai kira-kira 5 derajat Celcius. Alat ini bisa disebut sebagai pengganti yang lebih sejuk daripada dan bisa menjadi alternatif atau pendukung AC (air conditioner). 

Pada air cooler, udara panas disedot masuk melalui bagian belakang air cooler dengan menggunakan kipas. Kemudian, udara panas ini bersentuhan langsung dengan air yang berada pada media pendingin pada air cooler. Alhasil, udara panas menyerap partikel-partikel air. Banyaknya air yang diserap tergantung tingkat kelembapan udara atau kandungan partikel air pada udara. Di sini lantas terjadi proses pendinginan udara melalui penguapan atau biasa disebut pendinginan evaporatif.

Masih menurut sumber yang sama, meski sama-sama sebagai pendingin atau penyejuk ruangan, namun ada beberapa perbedaan yang mendasar antara air cooler dan air conditioner, antara lain:

  • Ketika menggunakan air conditioner, Anda bisa mengatur suhu udara, bahkan hingga 16 derajat Celcius, menggunakan remote control yang disediakan. Namun, jika memakai air cooler, Anda tidak akan dapat mengatur suhu ruangan yang Anda inginkan. Meski begitu, Anda bisa yakin bahwa air cooler ini sudah pasti menurunkan suhu ruangan, paling besar 5 derajat Celcius.
  • Dibandingkan air conditioner, air cooler ternyata lebih hemat dalam pemakaian , diklaim hingga 80 persen penggunaan di rumah. Hal ini karena yang dipakai air cooler hanya sebesar 7,4 Watt hingga maksimal 250 Watt.
  • Air cooler menyejukkan udara melalui proses penguapan air, sehingga udara sejuk yang dihasilkan air cooler merupakan udara yang lebih lembap. Sebaliknya, karena air conditioner menggunakan refrigerant dan kompresor untuk mendinginkan udara, AC justru menyerap dan membuang kelembapan udara dari sebuah ruangan.
  • Air cooler memiliki bentuk yang lebih ringkas, punya roda, dan ringan sehingga Anda dapat memindahkan perangkat ini ke setiap sudut rumah dengan lebih mudah. Bandingkan dengan AC yang harus memakan waktu dan proses yang rumit apabila hendak dipindahkan.
  • Dari segi harga, banderol air cooler jauh lebih murah dibandingkan air conditioner. Dengan harga Rp2 jutaan misalnya, Anda hanya akan mendapatkan air conditioner berdaya 1/2 PK, belum termasuk ongkos pasang. Sementara, dengan harga yang sama, Anda sudah mendapatkan air cooler dengan yang luar biasa.
  • Air cooler diklaim ramah lingkungan sehingga banyak dipakai masyarakat di luar negeri. Air cooler menyejukkan udara dengan menggunakan proses penguapan air, yang juga terjadi secara alami di sekitar kita. Sementara, air conditioner memakai kompresor dan refrigerant untuk menurunkan suhu ruangan dan mendapatkan udara yang dingin.
  • Air cooler memerlukan adanya ventilasi pada sebuah ruangan, karena perangkat ini meningkatkan kelembapan dalam sebuah ruangan. Jadi, tanpa adanya ventilasi, ketika kelembapan udara sudah mencapai 80 persen pada ruangan tersebut, maka air cooler akan menjadi tidak efektif dalam menghasilkan udara sejuk.

    Air cooler merek APA (sumber: Bukalapak)

    Air cooler APA (sumber: Bukalapak)

Jika Anda hendak menggunakan air cooler, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

  • Sirkulasi udara sangat penting untuk air cooler. Penggunaan air cooler harus ditemani dengan adanya ventilasi pada sebuah ruangan, atau setidaknya pintu kamar yang dibuka. Kenapa? Karena air cooler merupakan alat penyejuk udara yang juga sekaligus membuat udara menjadi lebih lembap.
  • Air flow merupakan variabel yang sangat penting ketika membeli air cooler. Air flow yang tinggi, berarti air cooler tersebut dapat mengembuskan udara dengan volum yang lebih besar. Secara sederhana, semakin besar air flow, maka semakin cepat sebuah ruangan itu dapat menjadi lebih sejuk.
  • Pada setiap air cooler, terdapat tombol yang menyalakan sistem penyejuk. Tombol inilah yang menyalakan pompa air dan menjalankan sirkulasi air kebagian atas air cooler. Apabila pompa terus menyala tanpa ada air pada tangki, maka hal ini akan menyebabkan kerusakan pada pompa air. Kerusakan yang disebabkan oleh tidak adanya air ini akan mengakibatkan Anda harus mengganti pompa tersebut dengan pompa air yang baru.
  • Untuk menghasilkan kesejukan, tentunya udara harus bertabrakan dengan air pada media pendingin air cooler, sehingga terjadi penguapan. Jadi, penting sekali untuk diperhatikan bahwa air selalu ada di atas level minimum. Karena jika tidak, maka dalam waktu singkat air akan habis, dan tidak ada proses penguapan yang terjadi. Air cooler pun tidak akan menghasilkan angin yang sejuk seperti seharusnya.
  • Jangan menggunakan air cooler Anda dengan cairan selain air bersih, terutama dengan cairan yang sudah mengandung partikel padat di dalamnya. Karena, ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap tersirkulasi pada ruangan tinggal Anda. Selain itu, hal ini juga dapat merusak pompa air, sehingga mungkin harus diganti dengan yang baru.

Harga Air Cooler APA

Tidak sulit mendapatkan air cooler, karena ini sudah tersedia di pasaran dalam beragam merek. Jika Anda membutuhkan air cooler standard dengan spesifikasi yang tidak terlalu mewah namun tetap , salah satu yang direkomendasikan adalah merk APA. Di pasaran dalam negeri, harga air cooler APA 250 CMH cukup terjangkau, mulai Rp750.000 hingga Rp950.000 untuk baru. Sementara, bekasnya ditawarkan dengan harga Rp400 ribuan, tergantung kondisi barang.

Air cooler merk APA sendiri diklaim merupakan perangkat 4-in-1, karena sudah mencakup kipas pendingin, kipas angin, penjernih udara, dan humidifier. Perangkat ini punya kapasitas tangki air sekitar empat liter, dengan kecil hanya 75 Watt untuk kecepatan maksimal. Dilengkapi dengan kaki roda dan filter, produk berdimensi 25 x 25 x 62 cm ini juga memiliki tiga mode kecepatan. 

Baca juga  Info Spesifikasi & Daftar Harga Freezer Box Daging dalam Berbagai Merek
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Spesifikasi dan Harga Air Cooler Merek APA"