Specs dan Harga Arduino Mega Original

No comment233 views

Bagi mereka yang sehari-harinya bergelut dengan komponen elektronik, pasti sudah tidak asing lagi dengan Arduino. Ini adalah mikrokontroler single-board yang bersifat open source, yang diklaim dapat memudahkan rancang bangun elektronik dalam berbagai bidang. Menjadi platform mikrokontroler paling populer, Arduino tersedia dalam berbagai varian, termasuk Arduino Mega, yang ditawarkan dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: mengulik Arduino (sumber: s4scoding.com)

Ilustrasi: mengulik Arduino (sumber: s4scoding.com)

Sistem kendali telah banyak diimplementasikan dalam berbagai bidang, termasuk sektor industri yang memerlukan sebuah kontrol terpadu dengan harapan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan efisiensi kerja jika dibandingkan tenaga manusia.[1] Saat ini, sistem kendali dapat dikatakan mampu menempatkan posisinya sebagai fitur canggih yang mutlak diperlukan. Berbagai model pun telah dihasilkan, mulai minikontroler hingga mikrokontroler dan mikroprosesor.

Nah, salah satu mikrokontroler yang sangat populer di kalangan teknisi adalah Arduino. Arduino merupakan elektronik berbasis mikrokontroler ATMega yang memenuhi sistem minimum mikrokontroler agar dapat bekerja secara mandiri (standalone controller).[2] Komponen utama dalam papan Arduino adalah sebuah mikrokontroler 8 bit dengan merk ATMega yang dibuat Atmel Corporation.

Manfaat Arduino tergantung pada pihak yang membuat program. Perangkat ini setidaknya dapat digunakan untuk mengontrol LED, juga bisa dipakai untuk mengontrol helikopter. Beberapa perangkat yang telah dibuat menggunakan komponen ini antara lain MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembapan tanah, pengukur jarak, penggerak servo, balon udara, pengontrol suhu, monitor energi, stasiun cuaca, pembaca RFID, drum elektrik, GPS logger, monitoring bensin, dan lainnya.

Baca juga  Update Harga Speaker Audax 12 Inch (Woofer dan Full Range)

Review Arduino Mega 2560

Berbagai papan Arduino menggunakan tipe ATMega yang berbeda, tergantung , misalnya Arduino Uno yang memakai ATMega 328 dan Arduino Mega 2560 yang mengusung ATMega 2560. Dibandingkan model Arduino Uno, Arduino Mega 2560 dapat dikatakan mengusung teknologi yang lebih canggih. Produk ini sendiri merupakan perbaikan dari varian Arduino Mega 1280.

Melansir situs resmi Arduino, Arduino Mega 2560 memiliki 54 pin input/output digital (15 di antaranya dapat digunakan sebagai output PWM), 16 input analog, 4 UART (port serial perangkat keras), osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, colokan listrik, header ICSP, dan tombol reset. Produk tersebut dikatakan sudah berisi semua yang dibutuhkan untuk mendukung mikrokontroler. Jadi, pengguna cukup menyambungkan ke komputer dengan kabel USB atau menyalakan dengan adaptor AC-ke-DC atau baterai untuk memulai. Papan Mega 2560 diklaim kompatibel dengan sebagian besar perisai yang dirancang untuk Arduino Uno dan papan sebelumnya, Duemilanove atau Diecimila.

Baca juga  Info Terbaru Harga Lampu UV Aquarium (Semua Merk dan Daya)

Board tersebut sebenarnya dapat beroperasi pada pasokan daya mulai 6 Volt hingga 20 Volt. Jika diberikan daya kurang dari 7 Volt, bagaimanapun pin 5V dapat menyuplai kurang dari 5 Volt dan board mungkin tidak akan bekerja stabil. Sementara, apabila menggunakan pasokan lebih dari 12 Volt, regulator tegangan kemungkinan bisa panas dan akhirnya merusak board.

Arduino Mega 2560 (sumber: rees52.com)

Arduino Mega 2560 (sumber: rees52.com)

Menurut review sejumlah pengguna, Arduino Mega 2560 bisa dipakai jika kita hendak mengendalikan banyak alat, sensor, atau aktuator. Bisa pula apabila kita perlu menggunakan lebih dari satu modul serial, seperti modul GSM atau GPS, secara bersamaan. Pasalnya, Arduino Mega 2560 mempunyai 4 port serial, lebih banyak dari Arduino Uno yang hanya punya 1 port serial.

Spesifikasi Arduino Mega 2560

MicrocontrollerATMega 2560
Operating Voltage5 Volt
Input Voltage (recommended)7 – 12 Volt
Input Voltage (limit)6 – 20 Volt
Digital I/O (Pins)54 (15 provide PWM output)
Analog Input Pins16
DC Current per I/O Pin20 mA
DC Current for 3,3V Pin50 mA
Flash Memory256 KB of which 8 KB used by bootloader
SRAM8 KB
EEPROM4 KB
Clock Speed16 MHz
LED_BUILTIN13
Length101,52 mm
Width53,3 mm
Weight37 gr
Arduino Mega (unsplash: Felipe Faria)

Arduino Mega (unsplash: Felipe Faria)

Saat ini, tidak sulit mendapatkan produk Arduino Mega 2560. Pasalnya, komponen tersebut sudah dapat Anda beli di resmi Arduino. Selain itu, Anda pun bisa memperoleh perangkat ini di berbagai toko perkakas elektrik maupun lewat situs online. Harga yang ditawarkan masing-masing tempat bisa saja berbeda. Berikut kisaran harga Arduino Mega di pasaran.

Baca juga  Harga Freezer Box 100 Liter (Berbagai Merk)

Harga Arduino Mega

Varian Arduino MegaHarga
Arduino Mega 1280Rp225.000
Arduino Mega 2560Rp543.000 – Rp1.511.000

Harga Arduino Mega di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online, dan diklaim original. Anda harus berhati-hati karena banyak toko yang menawarkan Arduino Mega KW alias palsu dengan harga jauh lebih murah, mulai Rp90 ribu sampai Rp200 ribuan. Sebagai patokan, di situs resminya, Arduino Mega 2560 dijual dengan harga 40,30 dolar AS atau setara Rp580 ribuan (kurs 1 dolar AS = Rp14.400).

[1] Budiarso, Zuly, Edy Winarno, Hersatoto Listiyono. 2015. Implementasi Teknik I/O Interfacing Berbasis Arduino. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol. 20(1): 86-92.

[2] Bahrin. 2017. Sistem Kontrol Penerangan Menggunakan Arduino Uno pada Universitas Ichsan Gorontalo. ILKOM Jurnal Ilmiah, Vol. 9(3): 282-289.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Specs dan Harga Arduino Mega Original"