Sejumlah Manfaat dan Update Harga Jual Minyak Gaharu

Gaharu dikenal dengan Agarwood, Oud, Oudh, Agar, atau Aloeswood. gaharu ini dapat menghasilkan sejenis resin berwarna hitam tepat di tengah batangnya. Resin ini disebut-sebut menghasilkan aroma wewangian yang khas, unik, dan harum.

Kayu gaharu (sumber: 99.co)

Kayu gaharu (sumber: 99.co)

Resin tersebut merupakan hasil atau akibat dari yang terinfeksi oleh . Dari proses perlawanan tumbuhan gaharu terhadap bakteri atau yang menyerangnya, terjadilah resin dalam inti batang kayu gaharu (heartwood). Jadi, jika dalam kondisi , tumbuhan gaharu ini tidak menghasilkan resin yang wangi sebagai bahan baku wangi gaharu.

Resin gaharu inilah yang kemudian diolah melalui proses penyulingan atau perendaman, menghasilkan minyak wangi gaharu murni atau minyak gaharu asli. Untuk jenis gaharu yang berkualitas, dikatakan hanya tumbuh secara alami atau liar di daerah Sundaland, paparan Sunda, atau Benua Sunda. Saat ini berarti mencakup sebagian kecil wilayah China, sebagian besar wilayah India dan Asia Tenggara khususnya Filipina, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Manfaat Minyak Gaharu

Minyak gaharu atau wewangian gaharu lebih populer dan banyak digunakan di kawasan Asia Timur, Timur Tengah, dan Eropa. Di Eropa, minyak gaharu murni digunakan sebagai bahan baku utama minyak wangi. Khusus di Asia Timur dan Timur Tengah, wewangian gaharu ini, baik minyak gaharu maupun kayu gaharu, bukan saja digunakan sebagai minyak wangi, tetapi juga digunakan sebagai sarana peribadatan dan pengobatan.

Dalam kepercayaan Timur, wewangian yang dihasilkan oleh kayu gaharu, baik dalam bentuk minyak gaharu asli murni maupun kayu gaharu yang dibakar sebagai dupa, diyakini sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan, meningkatkan kesadaran dan spiritualitas, media pengobatan alami yang sangat manjur, dan lainnya. Terlepas dari kepercayaan itu, juga telah ditemukan fakta bahwa kayu gaharu, khususnya minyak gaharu asli, memang dikatakan memiliki khasiat secara medis.

Wangi dari minyak gaharu apabila dihirup dianggap memiliki efek yang secara spontan dapat membuat pikiran dan perasaan menjadi rileks, tenang, dan senang. Lebih dari itu, wangi gaharu ini dapat membantu meningkatkan pemusatan dan kekuatan pikiran, meningkatkan, dan membuka kesadaran spiritual, khususnya jika digunakan pada saat meditasi.

Salah satu zat yang terkandung dalam minyak gaharu ini adalah valerian, yang salah satu fungsinya adalah memberikan efek rileks dan tenang. Zat ini juga dikatakan bisa membuat tidur lebih lelap. Oleh sebab itu, tak heran jika minyak gaharu seringkali digunakan sebagai media pengobatan untuk orang yang menderita insomnia.

Manfaat lainnya adalah diyakini bisa mengobati rasa dan rematik. Minyak ini mengandung anti-rematik, anti-inflammatory, dan analgesik alami yang dikatakan aman digunakan untuk mengatasi rasa . Minyak gaharu sudah banyak digunakan untuk mengobati penyakit rematik, artritis, dan rasa lainnya. Anda bisa mencampurkan minyak gaharu dengan minyak nilam, minyak jojoba, minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak atsiri lainnya, yang penting tidak berbau dan bersifat mengikat. Lalu oleskan pada bagian pinggang, dengkul, betis, tengkuk, punggung.

Minyak Gaharu - www.tokopedia.com

Minyak Gaharu - www.tokopedia.com

Dengan menghirup wangi minyak gaharu dan juga meminum ramuan teh daun gaharu, diyakini dapat membuat buang air kecil Anda menjadi lancar, banyak, dan teratur. Dengan kata lain, minyak gaharu berkhasiat sebagai sarana detoksifikasi, karena semakin banyak garam dan zat asam dalam tubuh yang berbahaya akan dibuang keluar melalui buang air kecil.

Nah, bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan, khususnya gangguan lambung seperti maag, penyakit asam lambung, dan lain-lain, Anda bisa mencoba manfaat minyak gaharu untuk sarana pengobatan alami dan aman. Dalam sejumlah penelitian dikatakan bahwa minyak gaharu yang digunakan bersamaan dengan teh daun gaharu yang bersifat laxative alami mampu mengontrol keseimbangan produksi asam lambung dan membantu mengeluarkannya dari tubuh melalui proses buang gas, melalui pori, atau melalui sendawa.

Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal mengoleskan minyak gaharu secukupnya pada bagian perut, ulu hati, dan punggung. Hal ini dipercaya bermanfaat untuk lambung dan pencernaan.

Selanjutnya, minyak gaharu murni juga dapat membantu dan meningkatkan kesehatan Anda secara alami. Caranya dengan mencampurkan sedikit minyak gaharu murni ini dengan minyak atsiri lainnya yang khusus untuk membersihkan wajah, lalu oles dan urut pada wajah Anda. Miyak gaharu berfungsi sebagai antioksidan dan mengatasi pengaruh radikal bebas khususnya pada kulit.

Nah, untuk saat ini, sayangnya minyak gaharu keberadaannya sudah terbatas, karena semakin lama semakin langka. Namun, semakin alami dan tua usia gaharu ini, kualitas dan khasiatnya semakin tinggi.

Minyak Gaharu

Proses pengolahan minyak gaharu yang alami dan tradisional juga sangat jarang dilakukan, padahal hal tersebut sangat berpengaruh pada kualitas minyak gaharu yang dihasilkan. Sementara, kebutuhan akan minyak ini semakin tinggi. Karena itu, tak heran jika harga jual minyak gaharu asli ini sangat tinggi.

Di sejumlah situs e-commerce populer, beberapa produk minyak gaharu yang diklaim asli Kalimantan dijual Rp270.000 untuk 12 ml. Sementara, minyak gaharu asli Papua dijual dengan harga lebih mahal, yakni Rp700.000 per 3 ml, dan harga minyak gaharu Merauke yang diklaim 100% pure isi 1.000 ml dibanderol hingga Rp158 jutaan. Bahkan, harga jual seluruh minyak berkualitas tinggi bisa mencapai US$ 20.000 hingga US$ 50.000 per liter (setara Rp280 jutaan sampai Rp 692 juta. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga minyak gaharu tersebut berkisar Rp250 ribuan hingga Rp682 jutaan, tergantung kualitas dan ukurannya.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Sistenol Tablet (Botol dan Eceran) untuk Redakan Demam
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Sejumlah Manfaat dan Update Harga Jual Minyak Gaharu"