Update Tarif Uber Motor (GrabBike) di Surabaya

Layanan ojek motor berbasis aplikasi saat ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya. Sudah ada sederet layanan ojek online yang beredar seperti Gojek hingga Uber yang sekarang menjadi Grab dengan layanan GrabBike dan GrabCar. Ketersediaan armada transportasi yang memadai serta tarif perjalanan yang relatif terjangkau menjadikannya solusi masyarakat di perkotaan.

Aplikasi mobile Grab (sumber: techinasia.com)
Aplikasi mobile Grab (sumber: techinasia.com)

Ketiga layanan ojek berbasis aplikasi tersebut memang merupakan yang terbesar dan paling banyak penggunanya di Tanah Air. Hingga kemudian muncul juga jasa transportasi online serupa asal Rusia bernama Maxim. Selain itu, hadir pula layanan ojek yang mungkin belum terlalu familiar seperti Anterin, Nujek, Bonceng, Okejek, Bojek, BangJek, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Kelebihan Grab

Khusus untuk Uber Motor, perusahaan yang berbasis di California ini memang sempat beroperasi di Indonesia. Namun, April 2018, perusahaan ride-sharing asal Malaysia, Grab, resmi mengakuisisi operasional mereka di pasar Asia Tenggara, yang meliputi delapan negara, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar. Kedua perusahaan ini berjanji akan bekerja sama dalam proses pemindahan mitra pengemudi, penumpang, pelanggan, rekanan pengantaran, hingga merchant yang terdapat di aplikasi Uber ke aplikasi Grab.

Para pelanggan Uber mendapat email pemberitahuan yang mengimbau penggunanya untuk hijrah ke aplikasi Grab. tanggal 8 April 2018, Uber melakukan transisi layanan ke platform Grab. Itu artinya, setelah tanggal tersebut, semua layanan Uber hanya bisa diakses melalui aplikasi Grab, termasuk bagi pengguna di Indonesia.

Dari sekian banyak jasa transportasi online tersebut, Uber Motor (sekarang Grab) dianggap sebagai salah satu penyedia jasa yang mematok layanan dengan harga atau tarif yang murah. Selain itu, jika Anda terkena macet, biaya perjalanan tidak akan pernah berubah, Anda hanya diharuskan membayar biaya sesuai dengan yang tertera di aplikasi ketika melakukan pemesanan.

Mengenai tarif, perhitungan tarif perjalanan menggunakan GrabBike untuk semua kota secara umum sama, yaitu dihitung berdasarkan jarak antara lokasi penjemputan dan tujuan Anda. Tarif bersifat tetap sepanjang hari dan tidak terpengaruh oleh kenaikan harga saat jam sibuk. Apabila Anda terjebak macet sekalipun, pihak Grab memastikan bahwa biaya perjalanan tidak akan berubah dan Anda hanya perlu membayar biaya sesuai dengan yang tertera di aplikasi saat melakukan pemesanan.

Layanan GrabBike Q www.grab.com

Tarif GrabBike di Surabaya

Pada tahun 2019, tarif GrabBike, juga ojek online lainnya, dipatok minimal Rp7.000 hingga Rp10.000 untuk 4 km pertama dan Rp1.850 hingga Rp2.300 per km di I, yakni Sumatera, Jawa (kecuali Jabodetabek), dan Bali. Sementara, di kawasan Jabodetabek, ditetapkan sebesar Rp2.000 hingga Rp2.500 per km dengan biaya minimal Rp8.000 sampai Rp10.000 untuk 4 km pertama. Lalu, untuk Zona III, tarif per km sebesar Rp2.100 hingga Rp2.600 dengan biaya minimal Rp7.000 sampai Rp10.000 untuk 4 km pertama.

Kemudian, pada tahun 2020, ada kenaikan tarif ojek online yang berlaku di kawasan Jabodetabek. Berlaku mulai Maret 2020, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengumumkan batas bawah dan batas atas tarif ojek online masing-masing naik Rp250 dan Rp150 per km. Sementara, tarif untuk II dan Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku) masih berpatokan pada tarif lama. Biaya ini masih berlaku hingga 2021. Sebagai perbandingan, berikut tarif GrabBike tahun 2022.

Tarif Grab

Tarif
I (Sumatera, Bali, Jawa selain Jabodetabek) Tarif batas bawah : Rp1.850 per km
Tarif batas atas : Rp2.300 per km
Biaya jasa minimal 4 km pertama : Rp9.250 – Rp11.500 
II (Jabodetabek) Tarif batas bawah : Rp2.600 per km
Tarif batas atas : Rp2.700 per km
Biaya jasa minimal 4 km pertama : Rp13.000 – Rp13.500
III (Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, Papua) Tarif batas bawah : Rp2.100 per km
Tarif batas atas : Rp2.600 per km
Biaya jasa minimal 4 km pertama : Rp10.500 – Rp13.000

Perubahan biaya atau tarif GrabBike di atas berdasarkan pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor. Peraturan ini menggantikan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 348 Tahun 2019.

Ilustrasi: layanan Grab Bike (sumber: cnn)

Grab tidak jarang memberikan promo spesial untuk pelanggan setia mereka. Pada Juli 20 kemarin misalnya, ketika ada kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk mengurangi risiko penularan Covid-19, pelanggan dapat memiliki paket berlangganan spesial khusus PPKM dengan hanya membayar Rp1.000 dan mendapatkan paket senilai total Rp408.000 berisi voucher GrabFood, GrabExpress, hingga Grab Assistant tanpa minimal pemesanan.

Sementara itu, di tahun 2022, ada promo diskon 90% untuk GrabBike dengan pembayaran melalui BNI mobile banking, Selain itu, ada potongan 20% untuk layanan pesan makanan melalui GrabFood dengan minimal pembelian Rp50.000.

Cara kerja Grab sebenarnya kurang lebih sama seperti jasa ojek online pada umumnya. Anda hanya perlu mendownload aplikasi khusus ponsel di PlayStore atau App Store. Kemudian, Anda dapat melakukan permintaan perjalanan lewat aplikasi tersebut. 

Permintaan Anda akan dikirimkan ke mitra pengemudi terdekat dan bila mitra pengemudi menerima permintaan Anda, aplikasi Grab akan menunjukkan estimasi waktu yang dibutuhkan sang driver untuk sampai di lokasi penjemputan. Anda juga akan memperoleh informasi detail seputar nama, jenis kendaraan, dan plat nomor mitra pengemudi agar dapat memastikan bahwa Anda telah menumpang kendaraan yang benar.

GrabBike tidak menerapkan biaya pembatalan bagi Anda yang hendak membatalkan pemesanan. Meski demikian, Anda disarankan untuk menginformasikan terlebih dahulu pada pengemudi bila ada pembatalan, supaya pengemudi tidak mengarah ke lokasi penjemputan Anda. Walau tidak mengenakan biaya pembatalan, layanan GrabBike hanya mencakup biaya perjalanan. Jadi, jika Anda meminta pengemudi GrabBike untuk mengantarkan ke mall atau tempat-tempat lain yang mewajibkan untuk parkir, maka Anda akan dikenai biaya tambahan untuk parkir.

Cara Pembayaran Grab

Pembayaran layanan GrabBike bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni secara tunai dengan langsung membayar pada sang pengemudi saat tiba di tempat tujuan, secara non-tunai menggunakan OVO (sebelumnya Grab memiliki metode pembayaran GrabPay, dan membayar dengan menggunakan kartu kredit (credit card/CC). Namun kini, untuk non-tunai menggunakan OVO, yang bisa Anda isi ulang, saldonya langsung dikurangi dari aplikasi setiap kali Anda melakukan pemesanan GrabBike. 

[Update: Almas]

Pos terkait