Rincian Tarif Taksi Mandala Malang

No comment 1093 views

Selain angkutan (angkot) atau lebih dikenal dengan nama mikrolet, taksi merupakan salah satu transportasi umum yang banyak dijumpai di Malang. Ada beragam perusahaan penyedia taksi di kawasan ini, seperti Taxi Citra, Taxi Bima, hingga Taxi Mandala. Meski beragam, angkutan publik yang identik dengan tersebut bisa dikatakan relatif seragam, karena mengacu pada Peraturan Wali Kota Malang.

Taksi, Malang, angkutan, publik, tarif, online, Mandala, armada, mobil, sedan, MPV, peraturan, sistem, telepon, pemesanan, aplikasi, Mandala

(dailysocial.com)

Tentang Taksi

Mengutip Wikipedia, taksi bisa dikatakan sebagai sebuah transportasi non-pribadi yang umumnya berupa mobil sedan (meski sekarang ada juga yang model MPV), serta dapat merujuk kepada lain selain mobil yang mengangkut dalam kapasitas kecil, misalnya taksi air. Jika dibandingkan angkutan umum lainnya, seperti angkot, bajaj, becak, maupun bemo dan , taksi bisa dikatakan transportasi publik yang nyaman.

Di Indonesia, taksi sudah mengaspal di jalanan banyak kota Tanah Air sejak dekade 1970-an hingga sekarang. Dari sekian pilihan transportasi publik, taksi masih ditempeli citra eksklusif hingga saat ini. Hal ini terjadi karena taksi punya cara tersendiri untuk menakar ongkos perjalanan, yakni menggunakan alat penghitung besaran biaya yang bernama argometer.

Meski tarif atau biaya perjalanan menggunakan taksi bisa dikatakan lebih mahal dibandingkan angkutan umum lain, namun hal itu setimpal dengan standar pelayanannya. Menggunakan taksi, penumpang selayaknya mendapatkan sopir pribadi yang sudah teruji kemampuannya, selain tidak perlu berdesak-desakan sebagaimana menggunakan transportasi umum lain, terutama angkot.

Berdasarkan survei dari MARS Indonesia pada tahun 2012 lalu, pengguna taksi di Tanah Air masih didominasi masyarakat dengan jumlah 32,4 persen. Populasi selanjutnya disusul Makassar dengan jumlah 27,8 persen, Semarang dengan 12,1 persen, serta Bandung sebesar 9,6 persen. Menyusul empat kota tersebut adalah Surabaya, Medan, dan Banjarmasin.

Keamanan, kenyamanan, kemudahan pengantaran hingga di depan rumah, serta kapasitas yang tidak banyak (private) dibandingkan dengan angkutan umum seperti bus kota atau mikrolet menjadi beberapa alasan mengapa masyarakat memilih taksi. Meski saat ini digempur dengan transportasi online, keberadaan taksi argo atau taksi konvensional ini masih menjadi perhitungan publik.

Inovasi menjadi salah satu hal kenapa taksi konvensional tidak lantas mati. Jika dulunya calon penumpang harus menghubungi via telepon atau pemberhentian di jalan untuk menggunakan jasa taksi, kini banyak taksi argo yang telah menyediakan aplikasi pemesanan lewat ponsel cerdas. Di samping itu, beberapa taksi konvensional kini juga mulai menawarkan sistem pembayaran non-tunai, yang dapat digunakan penumpang dengan memverifikasi kode kredit ketika memesan via aplikasi.

Taksi Konvensional di Malang

Taksi, Malang, angkutan, publik, tarif, online, Mandala, armada, mobil, sedan, MPV, peraturan, sistem, telepon, pemesanan, aplikasi, Mandala

Taksi Malang (ngalam.co)

Meski masyarakat yang menggunakan taksi dibilang cukup sedikit, namun jumlah taksi di Malang bisa dikatakan agak berlimpah. Ada beberapa taksi yang cukup populer di kalangan konsumen, seperti Taksi Argo Perdana, Taksi Bima, Taksi Citra Kendedes, Taksi Garuda, dan Taksi Mandala. Semua taksi menawarkan keunggulan tersendiri untuk menarik calon penumpang.

Menurut penuturan salah satu wisatawan, ada beberapa keunikan naik taksi di Malang dibandingkan di daerah lainnya. Pertama, tarif taksi di Malang tidak melulu mengikuti argometer karena ada aturan tarif minimal sebesar Rp30 ribu. Jadi seandainya argometer taksi yang Anda naiki tidak mencapai angka Rp30.000, maka mau tidak mau Anda harus membayar dengan tarif sebesar itu.

Selain itu, banyak armada taksi di Malang yang menggunakan mobil cukup baru, sebagai salah satu langkah peremajaan. Sistem pemanggilan taksi di Malang juga cukup baik, dengan durasi waktu pemanggilan hingga sampai di tempat penjemputan tergolong cepat. Beberapa taksi di Malang juga sudah dilengkapi dengan cetak tagihan.

Taksi Mandala

Taksi Mandala merupakan salah satu taksi yang cukup populer di Kota Malang. Armada taksi ini dikelola oleh PT Mandala Satata Gama dan memiliki kantor pusat di Jalan Raya Karanglo No. 131, Karangploso, Kabupaten Malang. Hingga saat ini, Taksi Mandala memiliki tidak kurang dari 130 unit kendaraan roda empat yang siap melayani mereka.

Jika dulunya armada taksi identik dengan mobil tipe sedan, kini Taksi Mandala telah mengembangkan armada mereka dengan kendaraan yang lebih besar seperti jenis MPV (multi purpose vehicle). Pasalnya, menurut data di lapangan, kendaraan dengan ukuran lebih lebar lebih disukai oleh masyarakat karena  mampu menampung penumpang dengan jumlah lebih banyak dibandingkan sedan. Di Kota Malang sendiri, Taksi Mandala setidaknya sudah memiliki lebih dari seratus armada yang menggunakan mobil tipe MPV.

Tarif Taksi Mandala di Malang

Taksi, Malang, angkutan, publik, tarif, online, Mandala, armada, mobil, sedan, MPV, peraturan, sistem, telepon, pemesanan, aplikasi, Mandala

Taksi Mandala (malangvoice.com)

Tarif Taksi Mandala, dan juga taksi konvensional lainnya, di Malang telah diatur dalam Peraturan Wali Kota Malang No. 24 tahun 2013. Menurut peraturan tersebut, tarif minimal taksi konvensional adalah sebesar Rp30.000, dengan tarif buka pintu sebesar Rp5.000 dan tarif per kilometer sebesar Rp3.600. Sementara, untuk tarif tunggu setiap jam sebesar Rp36.000. Berikut rincian tarif Taksi Mandala di Malang.

Komponen Tarif (Rp)
Tarif Buka Pintu 5.000
Tarif per Kilometer 3.600
Tarif Tunggu per Jam 36.000
Tarif Minimal 30.000

Karena tarif minimal taksi konvensional di Malang masih dirasa cukup mahal jika dibandingkan taksi online, maka beberapa penyedia taksi seperti PT Mandala Satata Group pun mulai mengintegrasikan layanan angkutan mereka dengan sistem online. Jika sebelumnya pemesanan taksi hanya bisa melalui BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp (WA), dan telepon, kini juga bisa dilakukan via aplikasi. Dengan integrasi ini, bisnis Taksi Mandala, dan taksi konvensional pada umumnya, di Malang telah meraup laba berlebih.

 

Baca juga  Tarif Tiket & Jadwal Keberangkatan Bus Sinar Jaya 2018
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Rincian Tarif Taksi Mandala Malang"