Info Terupdate Rincian Biaya Pernikahan Anggaran Rp50 Juta

Pernikahan merupakan salah satu impian bagi setiap pasangan. Untuk menggelar pesta pernikahan (resepsi), seringkali dipusingkan mengenai biayanya, baik untuk calon mempelai ataupun kedua keluarga. Kini, untuk menggelar pesta pernikahan tidak perlu dipusingkan dengan anggaran yang fantastis. Hal tersebut seiring dengan berbagai macam paket pernikahan yang dapat dipilih dengan budget terbatas, misalnya sekitar Rp50 juta.

Sepasang pengantin (sumber: sindonews)
Sepasang pengantin (sumber: sindonews)

Demi bisa mendapatkan pernikahan impian dengan budget sederhana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut pemilik wedding organizer di Jakarta, budget 50 juta rupiah merupakan angka yang cukup untuk menggelar pesta pernikahan. Agar dapat menyelenggarakan pesta pernikahan dengan budget tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Bacaan Lainnya

Tips yang

Untuk anggaran minim, Anda dapat memanfaatkan venue yang sudah dalam satu paket dengan katering, band/MC, dan kue pengantin. Beberapa pilihan yang dapat dicoba adalah rumah-rumah cantik yang sudah sering dijadikan tempat untuk pesta pernikahan.

Keuntungan hal tersebut adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk dekorasi tambahan karena interior asli tempat tersebut biasanya sudah elegan dan unik. Jika memungkinkan, pilih paket yang sudah termasuk dekorasi tambahan seperti bunga. Untuk pernikahan di restoran, Anda cukup menghitung biaya makan per kepala yang diundang, dan Anda dimungkinkan bebas dari biaya sewa.

Memanfaatkan paket dari toko busana pengantin juga salah satu hal yang harus Anda lakukan jika ingin resepsi yang ekonomis. Banyak bridal shop yang bertindak sebagai one-stop wedding service, yang artinya Anda bisa memperoleh semua kebutuhan pernikahan di hari pernikahan dari satu tempat saja. Ragam kebutuhan tersebut biasanya tersedia dalam kisaran harga yang terjangkau.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Ada paket pengantin dari bridal yang menyediakan gaun pengantin dan jas pengantin laki-laki sekaligus busana untuk ibu pengantin dan para bridesmaid seharga Rp12,5 juta. Hal ini bisa menghemat budget, dibandingkan dengan menjahitkan sendiri baju pengantin.

Selain itu, untuk mobil sewaan, Anda disarankan tidak perlu repot. Cukup dengan meminjam atau menyewa kendaraan milik teman, atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan klasik peninggalan kerabat Anda.

Perihal undangan dan cenderamata, menjadi sebuah detail kecil yang mungkin tidak dapat disepelekan. Jika tamunya berjumlah ratusan, kedua hal tersebut bisa menjadi salah satu yang membutuhkan anggaran besar.

Untuk itu, Anda dapat mengirimkan undangan pernikahan melalui email, atau memanfaatkan layanan situs perencana acara seperti widivite, evite, dan lain sebagainya. Untuk cenderamata/souvenir, Anda dapat memberikan sesuatu yang berkesan dan dapat disimpan oleh tamu, misalnya foto. Kini, jasa photobooth semakin banyak tersedia. Ada beberapa jasa tersebut yang dapat Anda pilih dengan harga terjangkau.

Jangan lupa untuk meminta bantuan teman-teman supaya tidak perlu membayar tenaga pekerja yang mahal. Di acara pesta pernikahan Anda, sebaiknya membuat acaranya menjadi hangat dan menyenangkan, tentunya dengan bantuan teman-teman di sekitar Anda. Keuntungan melibatkan teman atau orang terdekat adalah mereka merasa dibutuhkan dan tidak akan buru-buru meninggalkan pesta pernikahan. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk MC, penyanyi, atau wedding band.

Pesta Pernikahan Sederhana - (Sumber: antijittersphoto.com)
Pesta Pernikahan Sederhana – (Sumber: antijittersphoto.com)

Untuk lebih mempermudah Anda dalam mengalokasikan anggaran pernikahan, di bawah ini akan ditampilkan mengenai contoh rincian biaya-biaya pesta pernikahan dengan budget sekitar Rp50 juta.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Rincian Biaya Pesta Pernikahan (Budget Rp50 jutaan)

Kebutuhan Pernikahan Rincian Anggaran
Tempat atau Venue Pernikahan + Catering Termasuk biaya kebersihan  dan keamanan, dekorasi, catering Rp22.500.000
Rias Pengantin, Sewa Baju, dan Jas pengantin pria termasuk rias kedua orangtua pengantin Rp2.000.000
Fotografi dan Videografi fotografi dan liputan videografi dari teman sendiri Rp6.000.000
KUA  Biaya KUA dan pengurusan berkas pernikahan Gratis 
MC dan Music Entertainment MC dan hiburan musik Rp3.500.000
Seserahan Seserahan pernikahan Rp4.000.000
Cincin Pernikahan Cincin pernikahan sepasang Rp5.000.000
Biaya Tak Terduga Untuk konsumsi panitia, transportasi, dsb Rp9.000.000
TOTAL Rp52.500.000

Dibandingkan venue di gedung, kini lebih banyak pasangan yang menyukai venue resepsi di tempat terbuka atau semi outdoor. Biaya sewa venue semacam itu biasanya lebih murah dibandingkan di gedung. Jika sewa gedung bisa mencapai Rp40 juta, venue semi outdoor pada 2022 ternyata hanya sekitar Rp22,5 jutaan di Jakarta Timur, sudah termasuk dekorasi dan catering, sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk keperluan ini. Biaya tersebut sedikit naik dari tahun 2021 lalu yang berkisar Rp20 jutaan.

Menyusun pengeluaran apa saja untuk biaya pernikahan memang tidak mudah. Mungkin hal tersebut akan menjadi suatu hal yang memakan waktu dan pikiran, bahkan tenaga. Dalam mewujudkan pesta pernikahan dengan budget di atas, mungkin dapat terlaksana apabila Anda bersedia mengubah paradigma dengan mengadakan pernikahan yang lebih eksklusif, dengan kata lain mengundang tamu lebih sedikit.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Hal tersebut telah diterapkan oleh beberapa pasangan. Ada pasangan yang mampu menyelenggarakan pesta pernikahan dengan budget terbatas. Biaya yang dihabiskan berkisar Rp50 jutaan. Bahkan, biaya tersebut sudah termasuk biaya lamaran. Lokasi pernikahan dipilih di restoran, dengan biaya katering sebesar Rp30 jutaan (prasmanan dan 3 gubukan) untuk 300 porsi (300 porsi, bukan 300 undangan).

Untuk menu yang dipilih, rata-rata adalah makanan besar yang mengenyangkan. Bahkan, dari 300 porsi yang dipilih tidak habis seluruhnya. Sementara sisanya, yaitu Rp20 juta, dipergunakan untuk membeli seserahan dan hantaran, catering untuk lamaran di rumah, sewa tenda, beli mahar, mas kawin, jahit baju pengantin, sewa baju orangtua dan adik, make-up, sanggul, sewa parkir, bayar KUA ( Urusan Agama), ongkos dan uang parkir ke mall untuk beli segala macam keperluan. Semua pengeluaran dihitung sedetail mungkin supaya bisa sesuai dengan anggaran dan juga harapan.

Selain menyelenggarakan pesta pernikahan besar-besaran, di kala pandemi juga muncul tren baru mengadakan pernikahan dengan mengundang tamu yang jumlahnya terbatas guna meminimalisir kerumunan. Bahkan, ada juga tempat yang menyediakan paket pernikahan untuk 30 pax dengan biaya hanya Rp14,5 jutaan, saja. Harga tersebut sudah termasuk sewa tempat selama 4 jam, catering, dekorasi simpel, perizinan satgas Covid-19 dan lingkungan, parkir, dan petugasnya. Cukup murah kan?

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *