Update Biaya dan Jadwal Pendaftaran PKN STAN 2020/2021

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan pendidikan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik . STAN didirikan sejak tahun 1964 silam di Tangerang Selatan, Banten. Banyak lulusan SMA yang berminat mendaftar di perguruan tinggi ini karena tidak dipungut alias gratis.

Kampus STAN (sumber: elevenia.co.id)

Kampus STAN (sumber: elevenia.co.id)

Dikutip dari situs resminya, ada setidaknya 10 studi yang ditawarkan di tempat ini. Di antaranya D3 Akuntansi, D4 Akuntansi, D3 Pajak, D3 PBB/Penilai, Diploma 1 Pajak, D3 Kepabeanan dan Cukai, DI Kepabeanan dan Cukai, D3 Kebendaharaan Negara, D3 Manajemen Aset, serta D1 Kebendaharaan Negara.

Biaya STAN 2020/2021

Seperti diutarakan di atas, Politeknik Keuangan Negara STAN menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan yang diminati banyak lulusan SMA. Pasalnya, selain menawarkan kesempatan langsung bekerja setelah lulus kuliah, perguruan tinggi ini juga tidak memungut biaya pendidikan kepada mahasiswa alias gratis. Calon mahasiswa hanya perlu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000, belum berubah dari tahun ajaran sebelumnya,

Syarat Pendaftaran STAN

  • Peserta wajib melakukan pendaftaran secara online di portal //sscasn.bkn.go.id/ sesuai jadwal.
  • Calon peserta hanya boleh mendaftar di satu program studi. Jika mendaftar dua program studi atau lebih, peserta dinyatakan gugur.
  • Mengikuti seleksi masuk yang dilakukan secara bertahap, salah satunya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT).
  • Peserta dapat mengikuti pendidikan jika dinyatakan telah lulus keseluruhan tahap seleksi.
  • Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah dari Politeknik Keuangan Negara STAN dan ditempatkan pada jabatan tertentu berdasarkan usulan dari Kementerian yang bersangkutan dan pemerintah daerah.
  • Berbadan sehat dan bebas dari NAPZA.
  • Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  • Khusus program studi Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat: Program Studi Diploma I untuk laki-laki tinggi badan minimal 165 cm dan perempuan tinggi badan minimal 155 cm. Program studi Diploma III berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm. Tidak cacat badan, tidak buta warna, dan untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus dan/atau plus dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  • Menyetor biaya pendaftaran dengan besaran Rp300.000 dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi tersebut ditanggung oleh pendaftar.

Jadwal Penerimaan PKN STAN 2020/2021

Berdasarkan resmi PKN STAN, sayangnya belum ada pemberitahuan secara resmi mengenai jadwal pendaftaran mahasiswa untuk tahun akademik 2020/2021. Namun, Anda perlu bersiap-siap, karena pendaftaran mahasiswa biasanya dibuka berbarengan atau setelah SBMPTN. 

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa langsung datang ke lokasi Kampus Politeknik Keuangan Negara STAN di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi nomor telepon (021) 7361654 ext. 264, faksimile di nomor (021) 7361653, dan email di alamat [email protected]

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Pendaftaran & Biaya Kuliah S2 UNDIP (Universitas Diponegoro) TA 2020/2021
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya dan Jadwal Pendaftaran PKN STAN 2020/2021"