Info Terbaru Kisaran Biaya Pesantren Al Hikmah Bogor

No comment18139 views

Bogor tidak hanya dikenal sebagai Kota Hujan dan kota populer untuk tujuan wisata. Di kota dengan hawa sejuk ini, juga berdiri banyak pondok pesantren, salah satunya Pesantren Al Hikmah. Menyelenggarakan setidaknya empat program pendidikan, biaya studi di pondok pesantren ini bisa dikatakan masih berada di angka rata-rata.

Santri Pondok Pesantren Al-Hikmah Bogor (sumber: alhikmahbogor.org)

Santri Pondok Pesantren Al-Hikmah Bogor (sumber: alhikmahbogor.org)

Profil Pesantren Al Hikmah Bogor

Dikutip langsung dari situs resminya, diketahui bahwa Pondok Pesantren Al Hikmah berada di bawah naungan Yayasan Al Hikmah, yang digagas oleh Ustaz Abdul Hasib. Salah satu pendiri pondok ini, yaitu Ustaz Irfan Mujahid, hingga sekarang masih memegang amanah sebagai pemimpin Yayasan Al Hikmah di Bogor.

Pesantren ini sendiri mulai didirikan pada tahun 2009 silam. Kala itu, Pesantren Al Hikmah masih mendidik hanya 15 orang santri, yang terdiri dari kalangan duafa. Namun, seiring dengan waktu, jumlah santri di lembaga pendidikan tersebut meningkat pesat hingga mencapai 00 orang santri, dengan hasil yang diklaim sangat membanggakan.

Secara umum, visi Pondok Pesantren Al Hikmah adalah menjadi pesantren percontohan yang mampu melahirkan para hafiz (penghafal) Al Quran dan hadis yang cepat dan dengan hafalan yang kuat. Sementara, misi pondok pesantren ini antara lain membekali generasi belia dengan hafalan 30 juz Al Quran, membekali generasi belia dengan pemahaman yang lurus terhadap ajaran Islam, menyiapkan kader dakwah yang militan, menyiapkan calon ulama dengan kualitas tinggi, dan memberikan solusi pendidikan yang berkualitas dan juga .

Akhirnya, Pondok Pesantren Al Hikmah memiliki tujuan untuk menanamkan cinta terhadap sesama, keluarga, agama, nusa, dan bangsa, serta menumbuhkan sikap akhlak karimah di kalangan para santri. Selain itu, pondok pesantren ini juga bertujuan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang amanah, mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan positif, serta menumbuhkan kecakapan sosial, emosi, dan intelektual para santri.

Program Pendidikan di Pesantren Al Hikmah Bogor

Seperti dijelaskan sebelumnya, Pesantren Al Hikmah setidaknya memiliki empat program pendidikan agama Islam. Di tempat ini, diselenggarakan Program Reguler, Program Super Manzil 3 Pekan, Program Super Manzil 2 Pekan, dan Program Sanlat Total Quran. Dua program utama adalah Ziyadah, yaitu program menghafal Al Quran tanpa me-murojaahkan hafalan yang sudah dihafal santri, serta Program Mutqin, yaitu program menghafal dan me-murojaahkan hafalan Al Quran yang pernah dihafal santri selama masa program Ziyadah.

Sementara, untuk Program Super Manzil, ini adalah program menghafal Al Quran selama sebulan penuh, yang dilaksanakan setiap tahun, dan diklaim sudah melahirkan banyak penghafal Al Quran. Biasanya, Program Super Manzil ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu selama bulan Ramadan dan pada akhir Desember.

Santri Pesantren Al Hikmah Bogor (sumber: alhikmahbogor.org)

Santri Pesantren Al Hikmah Bogor (sumber: alhikmahbogor.org)

Berbeda dengan pondok pesantren modern pada umumnya, Pondok Pesantren Al Hikmah tidak menyelenggarakan program pembelajaran formal. Pesantren ini hanya fokus pada menghafal Al Quran. Jika umur santri sudah bisa mendapatkan ijazah, maka pihak pesantren akan mengadakan Kejar Paket C disertai bimbingan belajar selama tiga bulan dengan mata pelajaran yang tercantum dalam Ujian Nasional.

Hingga saat ini, santri dan santriwati diletakkan terpisah selain karena memang mengikuti aturan sunnah, juga terkait sarana yang masih kurang mencukupi untuk bisa menampung seluruh santriwati dalam satu kampus. Pasalnya, dengan lokasi dan program unggulan, Pesantren Al Hikmah mengklaim sangat menarik minat para wali santri yang ingin memasukkan anaknya ke lembaga ini sehingga daya tampung membeludak. 

Tidak seperti ponpes lainnya, Pondok Pesantren Al Hikmah Bogor memberlakukan sistem penerimaan santri baru dengan periode pendaftaran yang dimulai akhir tahun. Ponpes tersebut biasanya menggelar Program Penerimaan Santri Baru (PPSB) sekitar bulan Oktober. Untuk penerimaan santri baru Al Hikmah di Bogor program reguler (usia 10-17 tahun) diberlakukan program berjalan minimal dua tahun dari tahun ajaran 2020-2022. Santri Al Hikmah Bogor dijadwalkan masuk pada bulan Februari atau Juli 2021. Sementara itu, biaya pendidikan di pesantren ini terdiri dari biaya pendaftaran, biaya masuk (uang pangkal), biaya SPP per bulan, biaya ekstrakurikuler dan komite per bulan.

Biaya Pondok Pesantren Al Hikmah Bogor

Program PendidikanKisaran Biaya
Uang PendaftaranRp300.000
Uang Pangkal Program Reguler Rp13.000.000
Uang Drilling Rp2.000.000
SPP per bulanRp1.500.000
Ekstrakurikuler per bulan Rp100.000

Keterangan: 

  • Uang Drilling ditujukan khusus bagi yang lulus di program Drilling Tahsin. 
  • Uang pendaftaran tidak dikembalikan jika yang bersangkutan tidak lulus atau mengundurkan diri.

Pihak Pesantren Al Hikmah Bogor biaya studi program reguler pada tahun 2019 yang terbagi atas Program Super Manzil dan Program Sanlat Total Quran. Untuk Program Super Manzil 2 pekan ditaksir dengan biaya sebesar Rp2,8 juta, sedangkan untuk kurun waktu 3 pekan dikenai biaya sebesar Rp3,6 juta. 

Pada penerimaan santri tahun 2020, biaya program reguler untuk uang pangkal terbilang mengalami perubahan dibandingkan pada 2019 lalu. Biaya uang pangkal sebelumnya sebesar Rp9 juta, kini naik menjadi Rp13 juta dengan biaya pendaftaran sekitar Rp300 ribu. Untuk bisa masuk Pesantren Al Hikmah Bogor, calon santri harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

Pesantren Al Hikmah Bogor - HDR Motions

Pesantren Al Hikmah Bogor - HDR Motions

Syarat Pendaftaran Pesantren Al Hikmah Bogor

  • Untuk Program Reguler, usia minimal 10 tahun dan maksimal 17 tahun, siap mengikuti program kegiatan selama dua tahun, mandiri, serta membayar biaya pendidikan setelah lulus tes masuk.
  • Untuk Program Super Manzil 3 Pekan, usia minimal 13 tahun dan maksimal 45 tahun, siap mengikuti program kegiatan selama tiga pekan, mandiri, serta membayar biaya pendidikan setelah lulus tes masuk.
  • Untuk Program Super Manzil 2 Pekan, usia minimal 13 tahun dan maksimal 45 tahun, siap mengikuti program kegiatan selama dua pekan, mandiri, serta membayar biaya pendidikan setelah lulus tes masuk.
  • Untuk Program Sanlat Total Quran, harus mandiri, bisa membaca Al Quran, siap mengikuti kegiatan sampai selesai, dan mengikuti tes tahsin.

Pendaftaran Pondok Pesantren Al Hikmah hanya dilayani melalui sistem online dengan mengunjungi situs resmi pesantren di alamat ppsb.alhikmahbogor.org. Di sini, calon santri bisa memilih program yang ingin diikuti, lalu mengisi pendaftaran (sebelumnya harus memiliki Pin Pembayaran yang didapatkan setelah pembayaran pendaftaran program), kemudian melakukan cek calon terdaftar.

Jadwal Pendaftaran Pesantren Al Hikmah Bogor

Tanggal
Pendaftaran Gelombang 11 Oktober - 30 November 2020
Seleksi Gelombang 11 - 10 Desember 2020
Pendaftaran Gelombang 21 Desember 2020 - 31 Januari 2021
Seleksi Gelombang 21 - 10 Februari 2021

Saat artikel tayang, pengumuman seleksi gelombang 2 sudah selesai digelar pada 17 Februari 2021 lalu. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa langsung datang ke Pondok Al Hikmah di Kampung Kramat, Pabuaran, Bogor, atau berkirim email di alamat [email protected]

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Pendaftaran & Biaya Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional (STPBI)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Biaya Pesantren Al Hikmah Bogor"