Review dan Harga HyperX Cloud 2, Headset Gaming Tulen

Bagi mereka yang mengaku sebagai gamer sejati, kenikmatan bermain game tidak cuma diperoleh dari kualitas layar yang mumpuni. Urusan pun menjadi penting agar pengalaman bermain game menjadi lebih mengesankan. Untuk tujuan itu, Kingston HyperX merilis headset bertajuk HyperX Cloud 2 yang diklaim bakal menyajikan suara yang tajam dan menggelegar. Dibandingkan headset harian, harga produk ini memang relatif lebih mahal.

Pria memakai headset HyperX Cloud 2 (sumber: tokopedia)

Pria memakai headset HyperX Cloud 2 (sumber: tokopedia)

Review HyperX Cloud 2

Headset gaming sebenarnya tidak harus hanya untuk bermain game. Perangkat apa pun yang bagus juga dapat berfungsi dengan baik seperti headphone stereo biasa, asalkan mereka memiliki koneksi 3,5 mm dan terdengar bagus. Namun, sebagian besar headset gaming merangkul highlight berwarna cerah, garis tajam, lampu bercahaya, dan estetika yang mengarah ke gambaran science-fiction.

Kingston pergi ke arah yang berbeda dengan gaming headset HyperX Cloud 2. Dengan memangkas microphone boom, perangkat ini berubah menjadi headphone over-ear yang atraktif. Kedengarannya sangat bagus, meskipun profil suaranya dipahat dengan fokus tertinggi dan terendah gamer-sentris. Perusahaan juga mengklaim menawarkan suara surround virtual 7.1 channel.

Secara tampilan, hadir dengan corak warna yang begitu kontras di seri sebelumnya, HyperX memilih pendekatan yang lebih “umum” untuk HyperX Cloud 2. Headset tersebut kini menawarkan warna merah hitam yang lebih dominan, namun dengan bentuk dasar yang sebenarnya tidak banyak berbeda dari generasi sebelumnya.

proporsional dengan rangka aluminium di kedua sisi disuntikkan untuk memastikan daya tahan yang lebih solid. Sayangnya, seperti halnya Cloud versi perdana, HyperX Cloud 2 ini juga masih belum dibekali elemen kosmetik yang kentara. Selain dua buah logo perusahaan, yang memang keren, yang tersemat di masing-masing sisi, Anda tidak akan menemukan lampu LED dan sejenisnya untuk memperkuat identitasnya sebagai sebuah headset gaming. Meski demikian, satu yang pasti, ia kini hadir lebih adaptif.

Headband dan bantalan telinga pra-instal terbuat dari bahan seperti kulit dan busa, yang akan duduk dengan nyaman di kepala tanpa Anda merasa terlalu berat atau kencang. Earcup terhubung dengan sambungan logam padat yang mengklik pada titik-titik tertentu saat Anda memindahkannya ke dalam headband, tetapi jangan melipat atau memutar. Kabel terhubung ke earcup kiri dan terpasang secara permanen. Sementara, microphone boom terletak di depan koneksi kabel dan memiliki lengan logam yang fleksibel dan kaca depan busa.

Modul kartu suara USB dilengkapi port 3,5 mm untuk headset, plus kontrol volume individual untuk headphone dan mikrofon, sakelar geser untuk mikrofon, tombol 7.1 yang mengaktifkan suara surround headset yang disimulasikan, serta klip untuk baju atau kemeja. Selain headset, kartu suara USB, dan booming mic, HyperX Cloud II hadir dengan tas nilon yang besar dan kokoh, yang cukup besar untuk dengan mudah memegang headset dan semua aksesori.

Paket ini juga mencakup sepasang bantalan telinga kedua yang terbuat dari velour yang lebih bernapas daripada penutup kulit dari bantalan telinga busa. Ini adalah hadiah yang cukup mengejutkan, karena kebanyakan headset gaming tidak repot dengan bantalan telinga yang dapat disesuaikan. Kantong tersebut memiliki penutup velcro yang terpisah untuk menahan bantalan telinga ekstra dan boom. Akhirnya, headset menyertakan two-plug airplane adapter.

Headset gaming HyperX Cloud 2 (sumber: rtings.com)

Headset gaming HyperX Cloud 2 (sumber: rtings.com)

Anda dapat menggunakan headset sendiri dengan perangkat apa pun dengan output 3,5 mm, seperti port controller PlayStation 4 atau adaptor headset Xbox One. Namun, untuk penggunaan PC, Anda harus memakai adaptor kartu suara USB. Ini berfungsi sebagai converter digital-ke-analog (DAC) dan kartu suara yang mampu mengelilingi, menangani semua pemrosesan audio itu sendiri daripada mengandalkan audio on-board Anda.

Sementara, tanpa adaptor, HyperX Cloud II adalah headset stereo. Ini jauh lebih fleksibel daripada Plantronics Rig Surround, yang juga menawarkan koneksi audio USB dan 3, 5 mm, tetapi membutuhkan daya USB dan perangkat jarak jauh yang relatif besar, yang dirancang lebih untuk penggunaan desktop daripada tergantung pada baju Anda.

Jika HyperX Cloud hanya mampu menawarkan detail suara secara stereo, penyempurnaan yang dilakukan Kingston dengan HyperX Cloud 2 membuatnya tampil lebih mumpuni untuk menikmati konten multimedia yang ada. Ia menawarkan detail suara yang begitu baik ketika 7.1-nya Anda aktifkan. Bahkan, cukup untuk membuat Anda menangkap beberapa suara yang tidak pernah Anda perhatikan sebelumnya ketika menikmati konten yang sama di masa lalu.

Fitur HyperX Cloud 2

  • Game tanpa rasa sakit dengan bantal telinga busa memori Cloud yang nyaman dan ikat kepala atau headband berlapis kulit imitasi.
  • Rangka aluminium yang kokoh dan tahan lama untuk menahan pukulan penggunaan sehari-hari.
  • Hi-Fi capable dengan driver 53 mm untuk kualitas tertinggi dan audio in-game yang mendalam.
  • Pro-Gaming dioptimalkan dengan desain cawan tertutup untuk pembatalan bising pasif.
  • Mikrofon peredam bising yang dapat dilepas atau dihapus ketika Anda hanya ingin mendengarkan musik.
  • TeamSpeak dan Discord bersertifikat sehingga Anda akan didengar dengan keras dan jelas.
  • Kompatibel dengan PC, Xbox One, Xbox One S, PS4, PS4 Pro, Mac, Mobile, dan VR.
  • Dijamin, dengan garansi dua tahun plus dukungan teknis gratis.

Harga HyperX Cloud 2

Dengan segala fitur yang dimiliki dan teknologi yang dibawa, harga perangkat ini memang relatif lebih mahal dibandingkan headset harian. Jika Anda berminat meminang HyperX Cloud 2, Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp1,1 juta hingga Rp1,5 jutaan per unit. Anda bisa membeli headset ini di sejumlah aksesoris , peralatan game, atau beberapa situs jual beli online.

Baca juga  Info Terkini Harga IC TDA9381PS (Baru dan Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Review dan Harga HyperX Cloud 2, Headset Gaming Tulen"