Review dan Harga Joran Kenzi Tiger di Pasaran

No comment109 views

Jika Anda termasuk orang yang hobi memancing, pasti sudah tidak asing lagi dengan Kenzi. Ini adalah satu produsen alat yang cukup terkenal. paling populer dari Kenzi tentu saja , karena diklaim kuat namun punya yang relatif terjangkau. Kenzi sendiri sudah merilis beberapa , salah satunya model Kenzi Tiger.

Aktivitas memancing

Aktivitas memancing

Dikutip dari beragam sumber, joran merupakan salah satu alat penting untuk kegiatan memancing. Ini bisa dikatakan sebagai alat pancing yang memiliki fungsi sebagai fasilitas untuk dudukan reel, tempat kenur atau senar bertumpu, hingga untuk mengarahkan tarikan ikan. Joran pancing dapat menjaga tangan kamu agar aman dari gesekan senar saat melawan kekuatan tarikan ikan.

Joran

  • Joran pancing spinning, seperti namanya, adalah joran pancing yang dipakai khusus untuk reel spinning. Biasanya, joran pancing ini sering digunakan untuk casting. Karena ketepatan, akurasi, hingga jarak lontaran yang baik, joran ini cocok digunakan untuk casting. Jenis joran pancing ini sudah banyak dipakai oleh castinger (sebutan pemancing yang menggunakan teknik casting) di Indonesia.
  • Joran pancing baitcasting, merupakan joran pancing terbaik dengan overhead reel, digunakan dalam teknik casting pada spot-spot yang sulit terjangkau dengan keakuratan yang tinggi, misalnya rawa-rawa yang terdapat dalam hutan dan tempat-tempat sulit lainnya.
  • Joran pancing surf casting, sering digunakan untuk memancing dari pinggiran karang atau pantai. Sering juga dipakai oleh para pemancing surf fishing, yaitu memancing dari atas tebing.
  • Joran pancing popping, merupakan joran pancing khusus yang dipakai untuk memancing dengan menggunakan teknik popping. Popping yaitu teknik memancing dengan menggunakan umpan buatan, bisa dari atau plastik yang disebut dengan popper. 
  • Joran pancing jigging, adalah joran pancing terbaik yang dipakai khusus untuk memancing dengan menggunakan teknik jigging, yakni teknik dengan menggunakan umpan metal jig dan dicelupkan ke dalam air. Teknik ini dilakukan dengan cara ditarik-tarik secara random sehingga menimbulkan reaksi seakan-akan ikan berusaha naik ke permukaan.
  • Joran pancing trolling, merupakan joran pancing terbaik yang diciptakan khusus untuk memancing dengan menggunakan teknik trolling, yaitu memancing ikan dengan cara menyeret umpan buatan atau umpan hidup dengan menggunakan kapal dalam kecepatan tertentu.
  • Joran pancing ice fishing, merupakan joran pancing terbaik khusus yang dipakai pada spot danau, kolam, dan tempat-tempat yang beku. Di atas danau atau kolam yang beku tersebut, dibuat sebuah lubang untuk memasukkan ujung joran.
  • Joran pancing fly fishing, merupakan joran pancing terbaik yang dirancang khusus untuk dapat melempar umpan khusus yang dinamakan dengan ‘flies’ berbentuk menyerupai serangga dengan berat yang relatif lebih ringan dan dapat dilempar dalam jarak yang jauh. 
  • Joran pancing antena (telescopic), merupakan joran pancing terbaik sejuta umat. Mengapa demikian? Karena hampir seluruh pemancing menggunakan joran pancing seperti ini. Dinamakan joran pancing antena karena dapat disambung seperti antena. 
  • Joran pancing bambu, juga biasa disebut walesan (istilah dari Yogyakarta). Umumnya, masyarakat Kota Gudeg menggunakan joran pancing ini saat memancing di kolam dengan sistem galatama dan harian.
  • Joran pancing pole, merupakan joran pancing terbaik yang sering dipakai untuk memancing dengan spot jarak dekat. Joran pancing ini digunakan jika memancing ikan yang butuh waktu cepat dan berulang-ulang. Tidak perlu melempar umpan bila menggunakan joran pancing ini, karena kita cukup hanya mencemplungkan umpan saja. 

Tips Memilih Joran

Ilustrasi: memilih joran pancing (youtube: Mamet Jamorano)

Ilustrasi: memilih joran pancing (youtube: Mamet Jamorano)

  • Meskipun tidak wajib, namun akan lebih baik menyesuaikan joran dengan teknik memancing Anda. Misalnya untuk surf casting (mancing pasiran), maka lebih baik gunakan joran yang memiliki kriteria tersebut. Begitu juga halnya untuk teknik casting, popping, jigging trolling, dan teknik lainnya.
  • Berbeda spot air laut, beda juga dengan air tawar. Sesuaikan dengan kondisi ini, mulai dari panjang, bahan, dan harus seluruhnya disesuaikan dengan kondisi spot yang ingin dituju. Tentukan pula panjang joran dengan spot dan teknik yang akan digunakan. 
  • Jika menggunakan spinning reel, maka pilihlah joran dengan tipe underhead reel. Begitu juga halnya jika memilih baitcasting reel, maka gunakan joran dengan overhead reel. Jangan sampai berbeda.
  • Berat joran juga harus Anda pertimbangkan dengan baik. Untuk joran fiberglass, umumnya kuat dan elastis, namun cukup berat. Sementara, joran carbon cenderung ringan namun mudah getas atau patah dibandingkan joran fiberglass.

Review Joran Kenzi Tiger

Joran Kenzi Tiger (sumber: Tokopedia)

Joran Kenzi Tiger (sumber: Tokopedia)

Tidak sulit menemukan joran karena alat ini telah dijual bebas di pasaran. Beragam merk bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Nah, apabila Anda kebetulan seorang pemancing pemula dan sedang membutuhkan joran dengan harga yang ramah di kantong, salah satu yang bisa menjadi pilihan menarik adalah joran Kenzi Tiger.

Joran ini sendiri punya bobot yang cukup ringan, karena bahannya terbuat dari carbon. Secara tampilan, Kenzi Tiger punya tekstur yang kaku, sehingga cocok untuk memancing ikan-ikan monster dan juga galatama atau casting. Merupakan joran 2 section (2 bagian), panjang joran ini sekitar 180 cm dan 93 cm jika ditutup, dengan warna dominan hitam yang terlihat simpel namun elegan.

Harga Joran Kenzi Tiger

Tidak susah mendapatkan joran Kenzi Tiger karena produk ini sudah tersedia secara luas di pasaran domestik. Anda bisa mendapatkan joran pancing ini di berbagai toko alat memancing maupun situs jual beli online. Dilansir dari berbagai sumber, joran Kenzi Tiger XT 602 panjang 180 cm ini sekarang dijual dengan harga berkisar Rp400.000 hingga Rp530.000.

Baca juga  Info Lengkap Daftar Sepeda Lipat Harga Rp500 Ribuan
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Review dan Harga Joran Kenzi Tiger di Pasaran"