Update Harga Jigsaw Ryu (Ryu RJS65-1E)

Untuk urusan perkakas teknik, Tekiro bisa dikatakan sebagai salah yang cukup populer. Nah, merk yang berada di bawah naungan PT Altama Surya Anugerah tersebut juga memiliki saudara, yakni Ryu. Sama seperti Tekiro dan juga Rexco, Ryu pun sudah hadir dengan berbagai alat perlengkapan tangan, seperti jigsaw, grinder, mesin polisher, hingga mesin pressure, dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: Jigsaw Ryu RJS65-1E (credit: Shopee)
Ilustrasi: Jigsaw Ryu RJS65-1E (credit: Shopee)

Dilansir dari situs resminya, Ryu Power Tools adalah Tekiro yang berfokus di bidang power tools atau perkakas kayu modern seperti bor, gerinda, planer kayu, kompresor, dan lainnya dengan harga jual yang murah kompetitif dan kualitas terbaik. Pengalaman dan kualitas perusahaan diklaim sudah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan, baik untuk sektor perumahan, kelembagaan, komersial, industri, hingga teknik sipil.

Bacaan Lainnya

Untuk power tools, Ryu setidaknya membagi produk mereka dalam tiga kategori besar, yakni Metalworking, Woodworking, dan General Working. Masing-masing kategori tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis, seperti Metalworking yang terdiri atas Bench Grinders, Band Saw, Angle Grinder, hingga Cut Off Saw; Woodworking yang terdiri atas Planner, Jigsaw, Circular Saw, Sander, dan Router; serta General Working yang terdiri atas Polisher, Window Cleaner, Spray Gun, Gun Polisher, dan lain-lain.

Baca juga  Update Harga Alat Pemotong Keramik (Manual & Listrik)

Review Jigsaw Ryu RJS65-1E

Nah, untuk kebutuhan konsumen mengerjakan pemotongan kayu, Ryu sudah menghadirkan model jigsaw Ryu RJS65-1E. Ini adalah gergaji mesin yang dikatakan punya kecepatan tanpa beban mencapai 3.100 rpm, dengan kapasitas potong 65 mm untuk material kayu, 3 mm untuk material besi, dan 1,6 mm untuk material aluminium.

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang Ryu RJS65-1E, mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang dimaksud dengan jigsaw? Ini adalah salah satu varian gergaji mesin yang cukup populer selain circular saw. Namun, jika circular saw memiliki pergerakan mata gergaji berputar, maka pergerakan atau prinsip kerja mata gergaji pada jigsaw adalah naik dan turun ketika memotong bahan.[1]

Jigsaw juga sering disebut sebagai gergaji ukir, karena memang alat ini adalah sebuah mesin gergaji yang dapat digunakan untuk memotong atau menggergaji (kebanyakan kayu) dengan bentuk apa saja, mulai dari bentuk kurva yang melengkung-lengkung hingga yang lurus-lurus. Kelebihan mesin jigsaw adalah dapat memotong dengan pola yang tidak lurus karena gergaji lain rata-rata hanya bisa memotong dengan bentuk lurus.[2]

Mesin gergaji jigsaw bisa bergerak ke arah kiri serta kanan, zig-zag, serta melingkar. Daya listrik yang digunakan mesin gergaji jigsaw umumnya lebih kecil daripada mesin gergaji circular. Tidak hanya digunakan untuk memotong kayu, gergaji jigsaw ini pun bisa dipakai untuk memotong besi, pipa PVC, akrilik, dan yang lainnya, namun tergantung dari tipe mata pisau yang dipergunakan. Jika dilihat dari bobot benda, mesin gergaji jigsaw lebih ringan apabila dibandingkan dengan gergaji circular.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Tes IELTS di Indonesia

Sayangnya, jika gergaji ini dipakai untuk memotong lurus serta cukup panjang dan juga berulang-ulang, maka akan membutuhkan waktu yang lama apabila dibandingkan dengan gergaji circular. Pisau gergaji jigsaw juga mudah patah, sehingga frekuensi penggantian bagian mata pisaunya lebih cepat daripada gergaji circular sehingga bisa dikatakan lebih boros biaya. Area kerja mesin ini pun tidak perlu terlalu luas.

Nah, kembali lagi ke model Ryu RJS65-1E, produk ini menggunakan daya listrik 550 Watt dengan harga terjangkau. Dengan fitur Variable Speed, jigsaw Tekiro Ryu RJS65-1E memiliki kecepatan tanpa beban 0 hingga 3.100 rpm. Kapasitas potong kayu 65 mm dan kapasitas potong besi adalah 2 mm. Selain itu, mata gergaji yang digunakan universal, Anda dapat menggunakan mata merk lain seperti Bosch.

Review Jigsaw Ryu - (YouTube: Marques Darmawan)
Review Jigsaw Ryu – (YouTube: Marques Darmawan)

Spesifikasi Jigsaw Ryu RJS65-1E

Kode Produksi PR-654
Voltase 220 Volt/50 Hz
Daya Listrik 550 Watt
Kapasitas Potong Kayu 65 mm
Kapasitas Potong Besi 3 mm
Kapasitas Potong Aluminium 1,6 mm
Kecepatan Tanpa Beban 0 – 3.100 rpm
Fitur Variable Speed 6 Posisi
Garansi 6 Bulan
Baca juga  Spesifikasi dan Update Harga Tesla Invader 3 Box Mod

Tidak sulit mendapatkan jigsaw Ryu RJS65-1E karena alat ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di berbagai toko teknik, bahkan melalui situs jual beli online. Selain dijual terpisah, sejumlah toko pun menyediakan paket 3-in-1 dan 4-in-1 alat pertukangan Ryu. Lalu, berapa harganya di pasaran saat ini?

Harga Jigsaw Ryu

Paket Jigsaw Ryu Harga
Ryu RJS65-1E Rp450.000 – Rp710.000
Paket Pertukangan Ryu 3-in-1 (amplas, gerinda, jigsaw) Rp1.320.000 – Rp1.605.000
Paket Pertukangan Ryu 4-in-1 (gerinda, jigsaw, planer, sander) Rp1.700.000 – Rp2.310.000

Informasi harga jigsaw Ryu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perkakas bangunan dan sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya relatif stabil. Pada tahun lalu, gergaji mesin Ryu RJS65-1E ditawarkan dengan harga rata-rata Rp440.000 hingga Rp500.000 per unit. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung mengunjungi toko perkakas teknik terdekat di sekitar domisili Anda.

(Panca)

[1] Syaryadhi, M. dkk. 2007. Sistem Berat Menggunakan Sensor Load Cell. Jurnal Rekayasa Elektrika, Vol. 6(1): 5.

[2] Hargiyarto, Putut, dkk. Optimalisasi Mesin Gergaji Bolak Balik Merk Great Captain 1978 dengan Material Lokal untuk Mendukung Proses Pembelajaran di Bengkel Fabrikasi JPTM FT UNY (Artikel Penelitian). Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.