Prosedur dan Harga Franchise Chatime

2 comments3800 views

Saat ini, banyak restoran atau kafe yang menawarkan sistem franchise bagi masyarakat yang ingin membuka usaha di bidang . Chatime misalnya, menawarkan usaha kepada mereka yang punya tujuan bisnis kuliner yang jelas. Nah, bagi Anda yang berminat membuka franchise Chatime, kabarnya Chatime mematok harga kurang lebih 3.300 dolar .

Gerai Chatime di mal Plaza Senayan (sumber: plaza-senayan.com)

Gerai Chatime di mal Plaza Senayan (sumber: plaza-senayan.com)

Dilansir dari Wikipedia, Chatime adalah sebuah kedai teh susu mutiara atau bubble tea yang berbasis di Taiwan. Kedai ini setidaknya sudah memiliki lebih dari seribu yang tersebar di sekitar 26 negara. Gerai pertama Chatime di luar Taiwan pertama kali dibuka di California, Amerika Serikat pada tahun 2006 lalu. Selang tujuh tahun kemudian, Chatime sudah memperluas ekspansi ke lebih dari 25 negara, termasuk Indonesia.

Di Tanah Air sendiri, Chatime dikelola oleh Grup Kawan Lama. Chatime lantas berkembang pesat hingga mencapai ratusan gerai dan menaungi ribuan karyawan yang tersebar di puluhan kota di seantero Indonesia. Pada tahun 2018 lalu, jumlah gerai Chatime di dalam negeri sudah mencapai 230 outlet, yang tersebar di kota besar semacam Jakarta hingga Manado. Bahkan, jumlah pelanggan terdaftarnya kini hampir mendekati satu juta anggota.

Chatime sendiri menawarkan produk minuman segar dengan racikan daun teh alami sehingga rasa yang dihasilkan lebih sensasional. Dilansir Swa, Feronia Wibowo, generasi ketiga keluarga pendiri Grup Kawan Lama, menuturkan bahwa semua olahan teh menggunakan brewing machine yang diseduh setiap 4 jam sekali sehingga kualitas, aroma, dan kesegarannya selalu terjaga. Pelanggan juga dapat menyesuaikan banyaknya takaran es dan gula pada minuman sesuai selera.

Masih menurut referensi yang sama, keunggulan itu lantas dipadukan dengan berbagai menu variatif yang dikeluarkan secara musiman demi memuaskan konsumen utamanya yang berusia 15-35 tahun. Chatime juga menawarkan berbagai layanan tambahan demi mendekati konsumen mereka, antara lain layanan pesan antar; katering untuk berbagai acara; gerai mini di berbagai acara dan lokasi seperti konser, bazar dan kampus; serta Chatime Mobile yang berkonsep truk yang bisa diundang untuk memeriahkan acara outdoor seperti pernikahan, konser, dan event sekolah dengan pemesanan minimal 450 cup.

Seiring dengan kemajuan teknologi digital, kafe ini pun gencar melakukan promosi produk melalui jejaring media sosial, yang menawarkan berbagai keuntungan, seperti diskon khusus kepada para anggota. Menurut Nia, sapaan akrab Feronia Wibowo, saat ini jumlah anggota program membership Chatime sudah mencapai 800 ribu orang dengan tajuk SpecialTea card.

Menu Chatime

Varian minuman Chatime (sumber: ubereats.com)

Varian minuman Chatime (sumber: ubereats.com)

Dengan konsep tea cafe, Chatime menawarkan berbagai teh, mulai dari dasar tehnya sendiri, yaitu oolong tea, black tea, green tea, roasted tea, brown rice, sencha, genmaicha, dan lain sebagainya. brown rice tea dikatakan memiliki bentuk yang menyerupai beras dan aroma yang pekat sehingga sangat bagus untuk relaksasi. Sementara, jika konsumen ingin lebih strong lagi, ada juga genmaicha, yang menyerupai brown rice namun dengan aroma yang lebih kuat.

Ada berbagai seri segmen yang ditawarkan oleh Chatime, antara lain Mellow Milk Tea yang menggunakan campuran susu dan teh, Oriental Pop Tea yang diolah menggunakan mesin yang dinamakan teapresso dengan proses pengolahan yang tidak jauh berbeda dengan membuat espresso, serta Chatime Special Mix, Fresh Tea, dan Mousse. Mousse sendiri adalah foam, seperti layaknya cappuccino yang terdapat foam pada bagian atasnya. Mousse milik Chatime dikatakan lebih kental dengan perpaduan rasa manis dan asin sehingga ada sensasi berbeda.

Untuk anak muda, beberapa menu yang sudah menjadi favorit adalah varian Mellow Milk Tea dan menu Hazelnut Chocolate Milk Tea. Sementara, untuk konsumen yang sudah berumur, mereka konon lebih menyukai seri Oriental Pop Tea, yaitu Japanese Sakura Sencha, yang menggunakan bunga Sakura sebagai campurannya dan Japanese Genmaicha.

Tidak melulu teh, Chatime juga menyediakan aneka menu lain, seperti kopi dan smoothies. Untuk kopi, tersedia menu kopi antara lain americano, house blended coffee, latte, cappuccino, dan mochaccino. Sementara, untuk smoothies, tersedia dalam berbagai rasa buah seperti mangga, strawberry, anggur, lemon, dan ada pula menu Passion Fruit Smoothies.

Bubble di Chatime diolah sendiri dengan bahan dasar tepung tapioka. Bubble dibuat empat jam sekali dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Jadi, konsumen disarankan sebaiknya langsung mengonsumsi bubble, karena jika tidak segera dikonsumsi akan terjadi perubahan tekstur. Sementara, sebagai topping, Chatime juga menyediakan berbagai variasi seperti pearl, grass jelly, pudding, coconut jelly, red bean, aloe vera, coffee jelly, dan rainbow jelly. Mengingat target pasarnya adalah semua kalangan, kadar gula dapat disesuaikan dengan selera (no sugar, normal sugar, dan extra sugar).

Prosedur Franchise Chatime

Personel Chatime meracik varian minumen (linkedin: @Chatime)

Personel Chatime meracik varian minumen (linkedin: @Chatime)

Nah, apabila Anda ingin melakukan bisnis di bidang kuliner, Chatime ternyata membuka kesempatan untuk menjadi mitra franchise. Dilansir dari situs resminya, prosedur untuk menjadi rekanan Chatime sebenarnya terbilang simpel. Calon mitra kerja hanya perlu menghubungi pihak Chatime, baik melalui email maupun telepon, setelah itu:

  • Berkonsultasi mengenai waralaba yang akan didirikan.
  • Melengkapi aplikasi atau formulir calon mitra kerja.
  • Bertemu dengan pihak Chatime untuk melakukan wawancara.
  • Meninjau model keuangan dan rencana bisnis.
  • Rapat operasional dan pengalaman.
  • Mempersiapkan draft dokumen hukum.
  • Rapat persetujuan akhir.

Harga Franchise Chatime

Lalu, berapa yang perlu dikeluarkan untuk mendirikan franchise Chatime? Sayangnya, pihak Chatime Indonesia tidak memberikan detail rinci mengenai harga franchise mereka. Namun, menurut situs resmi Chatime Australia, calon mitra akan dikenakan deposit awal sebesar 3.300 dolar Australia atau setara Rp32 jutaan. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa menghubungi nomor telepon 021- 582 9099 atau datang ke alamat Jl. Puri Kencana No. 1, Meruya, Kembangan, Jakarta.

Baca juga  Info Harga Yoghurt J.COOL Single, Double, Sharing, & J.COOL To Go
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    Steven3 minggu ago

    Chatime gak bisa di franchise, smua hak franchise di indonesia untuk Chatime sudah dibeli grup kawan lama

    Reply
    • author

      redaktur3 minggu ago

      terimakasih atas infonya 🙂

Leave a reply "Prosedur dan Harga Franchise Chatime"