Update Perbedaan antara BCA Card dan BCA Everyday Card

Memiliki kartu kredit menjadi salah satu gaya yang dipilih oleh beberapa masyarakat di Indonesia. Dengan membawa kartu tersebut, Anda sudah bisa berbelanja di manapun merchant yang bekerjasama dengan bank penyedia kartu kredit, hanya dengan menggesekkan kartu. Salah satu merchant bank yang mudah ditemui di berbagai tempat yaitu Bank Central Asia (BCA). Dari banyaknya produk kartu kredit yang ditawarkan BCA, BCA Card dan BCA Everyday Card menjadi dua produk yang memiliki perbedaan biaya dan bunganya.

Ilustrasi: Seseorang Memegang Kartu Kredit (credit: informalnewz)

Ilustrasi: Seseorang Memegang Kartu Kredit (credit: informalnewz)

Saat ini, Anda akan lebih mudah menemukan mesin kecil berwarna biru dengan logo BCA yang terpampang di meja kasir. Biasanya, jika ada alat tersebut, pembayaran dengan menggunakan kartu baik debit atau kredit dapat diterima. Untuk dapat memiliki kartu kredit dari BCA, Anda bisa mendatangi kantor cabang terdekat. Kartu kredit tersebut bisa dimiliki baik oleh wiraswasta, karyawan, dokter/notaris, Warga Asing (WNA), hingga ibu rumah tangga.

Persyaratan pertama yang wajib dipenuhi adalah usia pada saat pengajuan aplikasi yaitu minimal 21 tahun (untuk kartu utama), untuk kartu tambahan usia minimal 17 tahun. Sedangkan, persyaratan administrasi yang harus dibawa antara lain sebagai berikut.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit BCA

  • Pemohon perlu menyiapkan fotokopi KTP/Paspor, fotokopi KITAS (bagi WNA)
  • Keterangan penghasilan/gaji (bagi wiraswasta, dokter, notaris)
  • Fotokopi rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir (wiraswasta, dokter, notaris, ibu rumah tangga)
  • Fotokopi surat praktik (untuk dokter atau notaris apabila dibutuhkan)
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan/SIUP (wiraswasta)
  • Fotokopi kartu kredit 1 bulan terakhir, dan
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) kecuali bagi WNA.
  • Setelah membawa kelengkapan administrasi di atas, Anda menuju customer service untuk proses selanjutnya.

BCA sendiri memiliki beberapa pilihan kartu kredit yang bisa dipilih. Terdiri dari beberapa kategori, yaitu BCA Card (BCA Everyday Card, BCA Card Platinum, BCA Card Indomaret). Lalu, ada BCA MasterCard (BCA Mastercard Platinum, BCA Mastercard Black, BCA Mastercard Matahari), BCA Visa Card (BCA Visa Batman, BCA Visa Black Signature, BCA Singapore Airlines KrisFlyer Visa Signature, dan BCA Singapore Airlines PPS Club Visa Infinite), dan yang terakhir adalah BCA JCB Card Black. Kali ini, kami akan menyajikan data perbedaan antara BCA Card dan BCA Everyday Card.

Personel BCA melayani nasabah (sumber: tribunnews.com)

Personel BCA melayani nasabah (sumber: tribunnews.com)

BCA Everyday Card

Dari beberapa pilihan tersebut, Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan. Dari sekian banyak produk kartu kredit, BCA Everyday Card dapat menjadi salah satu pilihan. Layanan ini merupakan kartu private label BCA yang dirancang untuk pribadi, karena kartu ini memberikan berbagai keuntungan untuk pembelanjaan berbagai kebutuhan sehari-hari.

Keuntungan yang bisa didapat dari BCA Everyday Card antara lain untuk pembelian di SPBU, hypermarket, Cicilan BCA bunga rendah sepanjang tahun, dan Reward BCA yang lebih besar untuk setiap transaksi sepanjang tahun. Reward tersebut dapat ditukarkan di seluruh merchant reward BCA yaitu di Starbucks Coffee, Debenhams, Pizza Hut, dan Toko Buku Gramedia.

Reward diberikan untuk transaksi Rp12.500 di pusat perbelanjaan. Berlaku di setiap kelipatan, minimal Rp250 ribu atau sekitar lima persen. Tempat belanja bisa di Hypermart dan SPBU. Keuntungan lain yaitu kartu ini dapat digunakan suatu saat apabila tidak ada uang tunai yang mencukupi. Besaran reward tahun 2021 ini masih sama seperti tahun 2019 dan 2020 lalu.

BCA Everyday Card

Masih dari kategori BCA Card, ada kartu BCA Card Platinum dan BCA Indomaret. Khususnya bagi pemegang Kartu BCA Indomaret, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya gratis I-Kupon semua produk senilai Rp25.000. Minimal transaksi menggunakan KKI (Kartu Kredit Indomaret) di toko Indomaret & Ceriamart sebesar Rp500.000 (akumulatif) pada bulan berjalan akan mendapatkan i-kupon sebesar Rp25.000 untuk pembelian all produk di bulan berikutnya. Anda juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan I-Kupon semua produk senilai Rp50.000.

Selain itu, Anda dapat mengatur sendiri batas kredit sesuai kebutuhan (minimal Rp1 juta). Lalu, pemegang jenis kartu ini juga bebas iuran tahunan untuk 1 tahun pertama. Selanjutnya otomatis dibebaskan dengan pemakaian per bulan rata-rata sebesar Rp500 ribu (akumulasi Rp6 juta dalam 1 tahun).

Beberapa varian kartu kredit BCA (sumber: lantaibursa.id)

Beberapa varian kartu kredit BCA (sumber: lantaibursa.id)

Ada satu perbedaan lain yang menjadi pembeda khusus BCA Everyday Card dengan kartu yang lain, yaitu produk tersebut dilengkapi dengan fitur Flazz yang berfungsi sebagai kartu prabayar sehingga menjadi kartu manfaat ganda. Kartu tersebut juga bisa berfungsi sebagai kartu kredit, jika digunakan dengan cara di-dip pada mesin EDC BCA dan berfungsi sebagai kartu prabayar jika kartu diletakkan/di-tap pada reader. 

Dengan fitur Flazz di kartu ini, pemegang kartu dapat dengan cepat dan nyaman menggunakan untuk transaksi parkir, food court, dan lain-lain serta dapat menikmati keuntungan lebih yang diberikan oleh produk Flazz. Karena kartu kredit BCA Everyday Card ini juga merupakan sebuah Flazz Card, maka sumber dana kartu ini bisa berasal dari kartu kredit (pinjaman bank), dan juga bisa dari rekening BCA pribadi atau pemilik kartu tersebut.

Perbedaan lain antara BCA Card di atas (Indomaret dan Platinum) dengan BCA Everyday Card terletak pada iuran kartu utama. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat tabel perbedaan biaya kartu kredit di bawah ini.

Perbedaan Biaya Kartu Kredit

Jenis LayananTarif BCA Everyday Card (Rp)Tarif BCA Card (Rp)
Kartu Utama125.000250.000
Kartu Tambahan100.000175.000
Ganti Kartu Hilang/ 50.000Gratis
Biaya Overlimit40.000Gratis

Selama tiga tahun terakhir, biaya kartu kredit BCA Everyday Card dan BCA Card tidak mengalami perubahan. Dari tahun 2019, jumlah iuran kartu utama BCA Everyday Card masih senilai Rp125 ribu, sedangkan BCA Card sebesar Rp250 ribu. Tak hanya iuran kartu utama, jenis layanan lainnya seperti tarif kartu tambahan, ganti kartu, hingga biaya overlimit tidak mengalami perubahan pada 2020 hingga 2021 ini.

Perlu diketahui, harga dan suku bunga akan di update secara berkala dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Halo BCA di nomor 1500888. Baik pengguna kartu kredit BCA Everyday Card, Platinum, Indomaret, maupun pengguna kartu kredit lainnya, sebaiknya menggunakan kartu itu secara berhati-hati. Disarankan bagi Anda untuk memerhatikan kemampuan membayar per bulan yang disesuaikan juga dengan gaji atau penghasilan yang didapatkan setiap bulannya.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Terkini Info Lengkap Layanan & Produk Bank Mandiri
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Perbedaan antara BCA Card dan BCA Everyday Card"