Info Perbandingan Harga Topokki Mujigae di Alfamart & Indomaret

Tteokbokki (떡볶이) atau orang kerap menyebutnya dengan istilah topokki merupakan makanan khas Korea Selatan. Makanan ini begitu disukai karena cita rasanya yang manis, pedas, gurih, dengan tekstur yang kenyal. Cara membuat toppoki sebenarnya cukup mudah, namun beberapa orang mungkin tak punya banyak waktu untuk memasaknya sendiri di rumah. Beruntung karena saat ini masyarakat Indonesia penggemar K-Food pun bisa mencicipi topokki instan seperti merk Mujigae yang tersedia di Alfamart atau Indomaret dengan perbandingan harga tak terlalu jauh.

Sajian Topokki Mujigae (sumber: mujigae.com)
Sajian Topokki Mujigae (sumber: mujigae.com)

Tteokbokki adalah bintangnya street food di Korea. Selain harganya yang cukup murah, tteokbokki memiliki rasa yang enak dan cukup mengenyangkan. Inilah yang mengakibatkan makanan ini disukai segala golongan usia, mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa. Makanan ini dibuat dari beras ataupun yang dikukus dan dicetak dalam bentuk lonjong, dan kemudian dimasak bersama dengan saus gochujang. Rasanya bervariasi, mulai dari asin-manis, hingga sangat pedas, tergantung seberapa banyak jumlah gochujang yang dimasukkan. Semakin merah tteokbokki, maka biasanya semakin pedas rasanya.

Bacaan Lainnya

Tteokbokki seringkali dimasak dengan tambahan ayam rebus, fish cake, keju, atau kimchi. Beberapa varian tteokbokki antara lain adalah cheese tteokbokki (tteokbokki yang berisi keju) dan rabokki (ditambah ramyeon).[1] Nah, daripada penasaran, simak cara membuat topokki ala Korea berikut ini!

Resep Tteokbokki ala Korea

Bahan Tteokbokki

  • 10 sdm tepung beras
  • 4 sdm tepung tapioka/sagu
  • 1 sdt garam
  • 200 ml air
  • Minyak goreng

Bahan Topping Tteokbokki (Opsional)

  • Keju mozarella
  • Odeng
  • Sosis
  • Wortel

Bahan Bumbu Tteokbokki

  • 3 sdm gochujang (homemade)
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 1 sdm saus tiram
  • Cabe bubuk (opsional)
  • 200 ml air[2]

Cara Membuat Tteokbokki

  1. Campur tepung beras, tepung tapioka, dan garam.
  2. Rebus air hingga mendidih, tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan menggumpal kecil-kecil (kira-kira 5 sdm air, air harus benar-benar mendidih). Aduk terus menggunakan spatula atau sendok.
  3. Jika dirasa panas sudah hilang, uleni adonan dengan tangan hingga kalis. Tekstur adonan agak kenyal dan tidak keras, jika diremas teksturnya seperti squishy. Gulung adonan bentuk memanjang.
  4. Potong-potong sesuai selera. Lapisi dengan minyak agar saat direbus tidak saling menempel.
  5. Rebus tteok hingga matang. Kematangan dapat dilihat saat tteok sudah mengapung. Sekitar 10-15 menit dalam api sedang.
  6. Angkat dan tiriskan. Tteok sudah dapat dimakan langsung atau dimasak lagi. Jika tidak ingin langsung dimasak, lapisi tteok dengan minyak, letakkan di dalam tempat makan atau plastik lalu simpan di freezer.
  7. Masak semua bumbu, lalu masukkan tteok dan topping-nya.
  8. Tes rasa, masak sampai mengental, angkat. Selamat mencoba.[3]
Varian Topokki Mujigae (sumber: biggo.id)
Varian Topokki Mujigae (sumber: biggo.id)

Meskipun bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya relatif mudah, beberapa dari Anda mungkin merasa kerepotan jika harus membuatnya sendiri. Tak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak kue beras (tteok) instan yang tersedia di supermarket, sehingga Anda tinggal membuat bumbunya sendiri di rumah. Jika ingin yang lebih mudah lagi, ada juga tokpoki instan yang cara memasaknya tinggal direbus saja layaknya instan.

Seperti diketahui, sudah banyak pilihan merk topokki instan di pasaran. Salah satu yang cukup populer adalah dari brand Mujigae. Berikut info perbandingan harga topokkiMujigae di Alfamart dan Indomaret.

Harga TopokkiMujigaedi Alfamart

Varian TopokkiMujigae Harga di Alfamart
Mujigae SpicyTopokki 195 gr Rp17.900
MujigaeTopokki 170 gram Rp21.200

Harga TopokkiMujigae diIndomaret

Varian TopokkiMujigae Harga di Indomaret
MujigaeTopokki 180 gram Rp22.500

Informasi perbandingan harga topokkiMujigae di Alfamart dan Indomaret di atas dirangkum langsung dari aplikasi dan situs resmi perusahaan yang bersangkutan. Perlu diingat bahwa harga topokkiMujigae di Alfamart dan Indomaret dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Kristie, Olivia. 2015. 101 Korean Food Guide. Jakarta: GramediaWidiasarana Indonesia, hlm 54.

[2] Lemongrass, CH 11. 2021. COOKING STORY: 30 Days Challenge. Yogyakarta: Stiletto Indie Book, hlm 54.

[3]Ibid., hlm 55.

Pos terkait