Perbandingan dan Keuntungan Menggunakan Rekening Dollar untuk Bertransaksi

Rotating Dollar

Berkembangnya dunia online tak dipungkiri menambah lahan mata pencaharian baru bagi sebagian kalangan di seluruh dunia. Dana pun sekonyong-konyong mengalir ke rekening-rekening pribadi, yang  biasanya ditransfer dalam bentuk Dolar. Bagi beberapa orang yang menggunakan rekening rupiah di bank lokal, mungkin hal ini sedikit merepotkan karena dana tersebut harus dikonversikan dahulu ke Rupiah baru kemudian bisa ditarik melalui rekening bank lokal. Namun jika dicermati lagi, sebenarnya ada solusi yang jauh lebih menguntungkan jika Anda mau mulai menggunakan rekening dollar.

Bacaan Lainnya

Jika dibandingkan dengan rekening rupiah, rekening dollar jelas lebih bersahabat untuk segala transaksi yang menggunakan dollar. Selain itu, rekening dollar juga akan mendatangkan beberapa keuntungan tambahan seperti berikut ini :

  1. Jika menggunakan rekening Rupiah, Bank lokal akan melakukan konversi dari US Dollar ke Rupiah setiap kali ada transaksi masuk. Konversi ini akan dilakukan saat itu juga, meskipun nilai kurs rupiah sedang tidak stabil. Hasilnya, Anda tidak bisa mengantisipasi kerugian akibat konversi tersebut. Hal ini tentu akan berbeda jika Anda menggunakan rekening dollar, karena dana yang Anda terima tidak perlu dikonversi lagi dan langsung masuk pada saldo rekening. Anda juga bisa memilih waktu yang tepat untuk pencairan, terutama saat kurs Rupiah sedang turun yang artinya Anda bisa mendapat jumlah Rupiah lebih untuk setiap dolarnya.
  2. Selisih kurs jual beli di Bank lokal biasanya lebih lebar ketimbang jika menggunakan jasa money changer. Misalnya, selisih kurs jual-beli dollar pada sebuah bank lokal mencapai 300 point, tapi di money changer hanya sekitar 50 point atau bahkan kurang. Jika Anda menggunakan rekening dollar, maka Anda bisa menarik uang Anda dalam bentuk dollar dan menukarkannya di money changer.
  3. Ketika Anda ingin berbelanja barang secara online menggunakan Dollar, maka Anda tidak perlu lagi mengkonversikannya. Tinggal bayarkan saja sejumlah uang sesuai harga yang tertera langsung dari rekening dollar kita. Bayangkan jika menggunakan Rupiah, Anda harus mengkonversikannya ke Dollar terlebih dahulu dan itu artinya penyusutan akan kembali terjadi. Selain itu Anda juga bebas berbelanja kapanpun tanpa pusing-pusing memikirkan kurs Rupiah yang tengah anjlok.
  4. Tabungan ini sangat bermanfaat di saat dalam negeri sedang mengalami fluktuasi. Sebagai contoh, misalkan Anda menabung sejumlah USD 1000 ketika kurs Rupiah masih bernilai Rp 9.000an/USD, lalu Anda cairkan beberapa tahun kemudian saat kurs Rupiah melambung hingga Rp 13.000an/USD. Selisih yang Anda dapatkan pastilah sangat besar yaitu mencapai 4 jutaan rupiah. sangat menggiurkan!
  5. Tabungan Dollar juga akan membawa manfaat tambahan ketika Anda tengah merencanakan untuk berlibur atau melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Umumnya, yang digunakan untuk transaksi internasional adalah Dollar AS. Kalaupun harus dikonversi ke mata uang setempat, nilai Dollar cenderung akan lebih stabil ketimbang Rupiah.
Baca juga  Info Terkini Biaya Administrasi Bank Mandiri (Semua Tabungan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *